Apakah Software Payroll Bisa Menghitung Bonus Kinerja?

Bonus kinerja biasanya diberikan kepada karyawan yang telah mencapai penjualan atau prestasi tertentu dalam periode bisnis perusahaan. Pemberian bonus dimaksudkan sebagai apresiasi kepada karyawan yang mempunyai kinerja bagus sekaligus motivasi kepada karyawan lain yang belum memiliki kinerja sebagus karyawan tersebut. Jadi, bonus yang diterima karyawan pun dapat berbeda  tergantung pencapaiannya. Biasanya, pemberian bonus akan diberikan bersamaan dengan gaji. Namun, apakah hal itu bisa dilakukan payroll software? 

software payroll untuk menghitung bonus kinerja
software payroll untuk menghitung bonus kinerja

Sekilas Mengenai Software Payroll

Perusahaan modern sudah pasti familiar dengan software payroll. Secara umum, software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang mampu memproses, menyimpan, serta mengolah data penggajian menjadi gaji bersih yang siap diterima karyawan. Software payroll dapat mengolah berbagai komponen dari karyawan yang berbeda-beda seperti kehadiran, jabatan, posisi, reimbursement,  dan lain-lain. Dengan software payroll, HRD dapat memproses penggajian serentak sehingga tak ada karyawan yang terlambat menerima gaji. 

Tidak hanya itu, software payroll pun dapat terintegrasi dengan sistem lain yang ada di perusahaan, seperti sistem kehadiran dan penilaian kinerja. Jadi, ketika hendak menghitung gaji, HRD tidak perlu entry data kehadiran manual. Integrasi dan otomatisasi membuat perhitungan gaji yang diproses oleh software payroll menjadi tepat dan akurat. Sehingga penggunaan software payroll turut membangun kredibilitas perusahaan. 

Pemberian Bonus Kinerja Bersamaan Gaji Karyawan

Untuk menghargai karyawan yang bekerja dengan baik, beberapa perusahaan menawarkan bonus berdasarkan kinerja. Bonus ini diberikan dengan mempertimbangkan kontribusi dari karyawan di perusahaan. Dua orang dengan gaji bulanan dari kantor dan bahkan, adalah mungkin untuk mendapatkan persentase yang berbeda dari premi karyawan, tergantung pada nilai kontribusi mereka kepada masyarakat. Umumnya, bonus kinerja karyawan akan diberikan akhir tahun ketika penilaian kinerja selesai dilakukan. 

Kebijakan perusahaan dalam memberikan bonus kinerja pun berbeda. Ada perusahaan yang memberikannya secara terpisah. Namun, ada pula yang memberikannya bersamaan dengan gaji di akhir tahun. Perusahaan cenderung lebih menyukai pembayaran bonus karyawan bersamaan dengan gaji di akhir tahun. Selain lebih menghemat waktu, periode kinerja pun juga telah berakhir sehingga bonus yang dibayarkan sesuai dengan kinerja karyawan. 

Perhitungan bonus jika dilakukan secara manual akan sangat merepotkan. Mengapa demikian? Bayangkan, ada berapa banyak karyawan yang harus dihitung dengan berbagai pencapaian yang berbeda. Ada baiknya pemberian bonus dilakukan serentak agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Pertanyaannya, apakah mungkin memproses bonus sekaligus? 

Software payroll dari LinovHR tentu bisa melakukannya. Dengan sistem yang canggih, LinovHR dapat memproses berbagai komponen gaji seperti pajak dan bonus karyawan dalam beberapa langkah mudah. Lalu, karyawan pun dapat menerima bonus atas kerja keras mereka secara bersamaan. Hal ini tidak bisa dilakukan proses penggajian konvensional, loh! Secara tak langsung, kemampuan software payroll dari LinovHR dapat pula menghemat waktu HRD. Ingin informasi selengkapnya? Hubungi LinovHR sekarang juga! 



silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Post a comment (0)
Previous Post Next Post