macam-macam sistim usaha peternakan ayam

sistim usaha peternakan ayam 

anda ingin usaha beternak ayam ? maka sebaiknya kenali dulu sistim usaha ayam. dalam usaha ayam dikenal ada tiga sistem usaha yaitu sistem mandiri, semi mandiri dan usaha sistim kemitraan.  Berikut penjelasannya sistim sistim usaha peternakan ayam .

Sistem Usaha ayam Mandiri

Sistem usaha mandiri merupakan sistem ternak dengan modal sendiri, semua kebutuhan usaha ayam  sepenuhnya ditanggung oleh peternak. Mulai dari kandang, peralatan, tenaga kerja dan sarana produksi ternak. Modal usaha ayam dalam sistem ini dibagi menjadi dua, yaitu modal investasi dan modal kerja.

sistim usaha ternak ayam mandiri
sistim usaha ternak ayam mandiri

Usaha ayam Sistem ini, kekurangannya adalah serba repot dan cape kerana peternak harus memasarkan sendiri hasil panen ayamnya. selain itu peternak harus betul betul memperhatikan manajemen pemeliharaan ayam.

kekurangan beternak ayam sistem mandiri adalah resiko yang dihadapi besar kerana tidak ada pihak penjamin, baik itu resiko dalam beternak seperti terserang penyakit, hingga resiko harga jual yang kadang kadang hancur harga pasar tidak mencukupi biaya produksi.

contoh peternakan ayam mandiri
contoh peternakan ayam mandiri

keuntungan sistim mandiri tentu keuntungan yang didapat akan jauh lebih besar dibandingkan sistem lainnya.tentunya jika kondisi kesehatan ayam dan biaya produksi bagus, dan harga pasar ayam nilai jualnya bagus. 

Sistem Usaha ayam Semi Mandiri

usaha ayam Sistem semi mandiri merupakan sistem dengan modal, proses produksi dan pemasaran tidak sepenuhnya dilakukan sendiri oleh peternak, tetapi ada beberapa unsur  seperti sarana produksi ternak dan pemasaran ayam yang dibantu oleh pihak lain. 

Perbedaan usaha ayam sistem semi mandiri dengan sistem mandiri adalah adanya kerja sama antara peternak dengan perorangan atau perusahaan yang bergerak dalam usaha pengadaan sarana produksi ternak dan pemasaran hasil panen ayam tentunya perjanjian sesuai dengan keinginan dan kemampuan peternak dengan perjanjian tertentu.

Seperti contoh, peternak membeli sapronak seperti DOC ayam (Day Old Chick), OVK (Obat Vaksin Kimia), dan sebagian pakan (misalnya pakan sampai umur 14 hari) dengan modal sendiri atau dibeli secara tunai. Sedangkan kekurangan pakan berikutnya (pakan umur 15 hari sampai panen) dibantu pihak kedua. Pemasaran ayam pada sistem semi mandiri ini dapat dilakukan sendiri atau dapat dibantu oleh pihak kedua tersebut. Sedangkan hutang pakan (pakan yang belum dibayar) akan dibayar setelah panen selesai.

contoh sarana produksi ternak
contoh sarana produksi ternak

sistim usaha ayam semi mandiri ini adalah usaha yang paling ideal kerana resiko yang dihadapi peternak tidak terlalu besar terutama dalam hal harga jual ayam serta keuntungan bisa maksimal. 

Sistem Usaha ayam Kemitraan 

Sistem usaha kemitraan ayam merupakan sistem kerjasama dalam bidang ternak ayam (broiler) antara dua belah pihak, yaitu pihak inti (perusahaan) dan pihak plasma (peternak). Sistem kemitraan ada yang menyebutnya sebagai sistim kontrak.

dalam usaha ayam sistim  kontrak yang biasa dilakukan perusahaan inti adalah menyediakan kebutuhan usaha sarana produksi mulai dari bibit DOC, Vaksin, pakan obat obatan hingga ke pemasaran ayam. selain itu perusahaan berkewajiban melakukan pembinaan atau pengawasan selama proses pemeliharaan berlangsung.

contoh perusahaan peternakan kemitraan ayam
contoh perusahaan peternakan kemitraan ayam

dalam sistim kontrak atau kemitraan peternak atau plasma bertugas menyediakan kandang dan peralatanannya serta biaya operasional pemeliharaan, intinya peternak hanya bertugas mengatur pemeliharaan ayam dan kesehatan ayam. Prinsip kemitraan adalah kerjasama yang saling menguntungkan karena kedua pihak saling membutuhkan baik peternak ataupun perusahaan inti.

kekurangan usaha ayam sistim kemitraan adalah pihak mitra dalam hal ini peternak ayam tidak boleh membeli sarana produksi ternak  bibit DOC, Vaksin, pakan obat obatan dll dari luar perusahaan tanpa persetujuan kedua belah pihak. selain itu panen ayam harusdijual melalui pihak perusahaan tidak boleh menjual sendiri. Pelanggaran terhadap aturan kontrak yang sudah ditetapkan bisa dikenakan sanksi sesuai perjanjian.

contoh usaha ayam sistim kontrak kemitraan
contoh kontrak usaha ayam sistim kemitraan

kelebihan sistim kemitraan ayam atau kontrak adalah kita sudah mendapatkan kepastian baik dari sarana produksi bibit DOC, Vaksin, pakan obat obatan dll hingga kepastian harga jual kerana sebelumnya telah dikontrak sesuai dengan perjanjian.

sekian artikel mengenai berbagai macam sistim usaha peternakan ayam, semoga bermanfaat :)

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Post a comment (0)
Previous Post Next Post