Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mengenal keamanan biometrik (biometric security system)

kemajuan teknologi mendorong perkembangan diberbagai bidang salah satunya adalah keamanan biometrik atau lebih dekenal dengan istilah biometric security system.
ilustrasi biometric security system
biometric security system

Asal kata Biometrik

Biometrik berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur. Biometrik semakin sering digunakan untuk menggantikan kontrol akses secara fisik contohnya ditempat tempat yang memiliki security system yang tinggi, sebut saja bank.
bank salah satu tempat yang memiliki keamanan biometrik
bank salah satu tempat yang memiliki keamanan biometrik

tren terbaru biometric security semakin banyak digunakan diruang publik sepeti perkantoran, pertokoan,taman bahkan sampai rumah. tentu hal ini membei peluang baru untuk memberikan perlindungan (security) untuk melindungi barang berharga dan memberikan cara yang baru bagi pengguna untuk lebih mengenali diri mereka sendiri.

Definisi biometrik? 

ada banyak penjelasan atau definsi arti dari biometrik. secara umum biometrik adalah kemampuan sistem teknologi elektronik untuk memberikan atau menolak akses dengan mengevaluasi karakteristik fisik seseorang yang tujuannya untuk melindungi hal hal yang bersifat berharga.

karakteristik seseorang tersebut contohnya seperti pola suara, pola iris atau retina mata, atau pola sidik jari, bau dan aroma dll. Dengan biometric security system bisa jadi sangat sulit bagi seseorang pembobol untuk membobol suatu sistem keamanan.

Pada perinsinya setiap orang memiliki keunik dan setiap individu dapat diidentifikasi melalui sifat intrinsik atau perilakunya. Teknologi biometrik mampu mengenali seseorang berdasarkan fitur unik wajah, sidik jari, tanda tangan, DNA atau pola iris mata dan kemudian memberikan metode yang aman dan nyaman untuk tujuan otentikasi.

tujuan biometrik

sistim biometrik diciptakan untuk menambah keamanan yang tradisional, sebut saja pin dan kata sandi yang bisa ditebak dan diketahui orang. saat ini sistim modern difokuskan untuk mengurangi risiko atau celah security system, nah dengan sistim biometrik akan menjadikan keamanan menjadi lebih kuat.  Biometrik bertujuan untuk menjawab masalah ini dengan menghubungkan bukti identitas dengan tubuh dan pola perilaku kita.

sistem biometric security

Sistem keamanan biometrik  memiliki kemampuan untuk membaca data unik secara cerdas tentunya untuk mengakses suatu fitur tertentu contohnnya untuk mengontrol akses ke pintu, ruangan, dan membuka perangkat laptop, smartphone dll. teknologi ini tentu melibatkan penggunaan perangkat lunak ( software) khusus keamanan biometrik yang dapat secara otomatis mengenali orang berdasarkan karakteristik tertentu perilaku atau kondisi biologis.

Cara sistim biometrik bekerja

Cara kerjanya adalah perangkat keamanan biometrik menyimpan informasi biologis misalnya sidik jari dari orang yang berwenang.  seperti anggota staf. Informasi mereka dimasukkan ke dalam sistem, sehingga hanya mereka yang informasinya disimpan yang berhak untuk mengakses.
contoh penggunaan keamanan biometrik
contoh penggunaan keamanan biometrik

contohnya dalam kasus pintu masuk sidik jari, ketika orang yang berwenang menunjukkan sidik jarinya ke pemindai biometrik, sistem akan meninjau informasi fisik dan jika cocok dengan apa yang disimpan, maka sistim akan memberikan akses dan memicu tindakan yang relevan, seperti membuka kunci pintu biometrik. Tanpa kecocokan data yang disimpan maka akses akan ditolak.

Jenis keamanan Biometrik 

biometrik telah sering digunakan dalam keamanan, secara umum biometrik terbagi kedalam tiga kelompok yaitu:

Biometrik Biologis

biologis menggunakan sifat-sifat pada tingkat genetik dan molekuler. contohnya seperti DNA atau darah Anda, yang mungkin dinilai melalui sampel cairan tubuh.

Biometrik morfologi 

Biometrik morfologis adalah melibatkan struktur atau susunan tubuh ciri  ciri fisik seperti mata, sidik jari, atau bentuk wajah.

Biometrik perilaku

Biometrik perilaku didasarkan pada pola yang unik untuk setiap orang. contohnya Bagaimana seseorang berjalan, berbicara, menulis, atau bahkan mengetik di keyboard.  masing masing orang memiliki Perilaku yang berbeda yang tentunya ini akan menjadi indikasi identitas  jika pola-pola di pelajari dan dipetakan.

Teknologi biometrik yang sering digunakan

Teknologi biometrik yang saat ini paling sering digunakan dalam kehidupan sehari hari mulai dari  pengenalan sidik jari (Fingerprint) iris scaner 3d face maupun pengenalan suara.
kamera cctv biometric security system
kamera cctv biometric security system

penggunaan biometrik

aplikasi penggunaan biometrik contohnya  dismartphone, kamera CCTV, E-KTP, e-Passport dll

Misalnya, Ponsel cerdas Apple 5s, dirilis pada 2013, memperkenalkan pemindaian sidik jari sebagai metode identifikasi tradidisonal seperti pin dan pasword, atau email.
pemindai sidik jari di iphone 5s Apple
pemindai sidik jari di iphone 5s Apple 

teknologi pengenalan wajah pada iPhone X Apple memproyeksikan 30.000 titik inframerah ke wajah pengguna untuk mengotentikasi pengguna dengan pencocokan pola. Kemungkinan salah identitas dengan biometrik iPhone X adalah satu dalam sejuta, menurut Apple.

LG V30 menggabungkan pengenalan wajah dan suara dengan pemindaian sidik jari dan menyimpan data di telepon untuk keamanan yang lebih baik

Biometrik pada  e-Passports di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, e-paspor memiliki chip yang berisi foto digital wajah, sidik jari, atau iris mata seseorang, serta teknologi yang mencegah chip tersebut dibaca - dan data skim - oleh pembaca data yang tidak sah.
e-Passports  yang dilengkapi chip khusus
e-Passports  yang dilengkapi chip khusus

contoh lainnya yang digunakan adalah urat jari, urat telapak tangan, wajah dan iris. Untuk lingkungan dengan keamanan tinggi, pengenalan iris memberikan akurasi terbaik, diikuti dengan pengenalan urat telapak tangan.

 Beberapa sistem keamanan biometrik memverifikasi identitas menggunakan satu atau lebih teknologi deteksi, sementara yang lain tidak memverifikasi identitas sama sekali untuk menekan biaya.

Manfaat sistem biometrik 

Sebuah sistem biometrik menawarkan tingkat keamanan dan kenyamanan identitas yang lebih tinggi daripada sistem  keamanan tradisional. 

Meningkatkan keamanan

Salah satu manfaat utama perangkat keamanan biometrik adalah dapat membantu meningkatkan perlindungan keamanan.  Dengan sistim biometrik akan Jauh lebih sulit, misalnya, untuk mengkloning atau mencuri data sidik jari daripada data pasword atau pin.

Meningkatkan kenyamanan

Sistem keamanan biometrik juga dapat menawarkan kenyamanan lebih kepada pengguna.  misalnya anda melupakan pin atau pasword dari smartphone. tinggal memasukan  data ke sistim dan anda dapat mengaksesnya.  dengan data biometrikyang selalu melekat makan akan memberikan kenyamanan yang instan.

contoh lainnya mudah sekali masuk ruangan jika diizinkan memasuki gedung hanya dengan memindai wajah Anda melewati pintu masuk tentunya data wajah harus terlebih dahulu terekam disistem.
contoh biometrik saat memasuki ruangan
contoh biometrik saat memasuki ruangan

kerugian keamanan biometrik

Meskipun sistem keamanan biometrik menawarkan banyak keuntungan, masih ada beberapa kekhawatiran dan bahkan potensi risiko yang perlu dipertimbangkan.

Masalah Akurasi 

Tidak ada sistim yang aman. Meskipun kemungkinan untuk mengidentifikasi seseorang melalui perangkat keamanan biometrik tinggi,  tetapi tingkat keakuratan 100% tidak dijamin.

Setiap teknologi pengenalan biometrik memiliki tingkat penerimaan palsu dan tingkat penolakan palsu sendiri-sendiri, dan faktor-faktor seperti sinar matahari dan kebersihan sensor dapat mempengaruhi akurasi.
  • contoh kasusnya Pada Kongres Dunia Seluler pada Februari 2016, Presiden perusahaan keamanan seluler China Vkansee, Jason Chaikin, menipu pemindai sidik jari iPhone, Touch ID, dengan play-doh, tanah liat mainan anak-anak.  pada 2017, BBC mendemonstrasikan bagaimana salah satu reporter dan saudara kembarnya dapat menipu perangkat lunak pengenalan suara HSBC, yang memungkinkan akses saldo dan transaksi terkini.
  • peneliti di University of North Carolina di Chapel Hill mengunduh foto 20 relawan dari media sosial dan menggunakannya untuk membuat model 3-D wajah mereka. Para peneliti berhasil menembus empat dari lima sistem keamanan yang mereka uji.
  • Contoh kloning sidik jari ada di mana-mana. Salah satu contoh dari konferensi keamanan siber Black Hat menunjukkan bahwa sidik jari dapat dikloning dengan andal dalam waktu sekitar 40 menit dengan bahan senilai $ 10, cukup dengan membuat cetakan sidik jari pada cetakan plastik atau lilin.
  • Klub Komputer Chaos Jerman memalsukan pembaca sidik jari TouchID iPhone dalam dua hari setelah dirilis. Kelompok itu hanya memotret sidik jari di permukaan kaca dan menggunakannya untuk membuka kunci iPhone 5s.

Masalah Privasi 

data biometrik dikategorikan sebagai data pribadi yang sensitif maka harus benar bnar dijaga. contohnya dinegara eropa diatur dalam Peraturan Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR), penting untuk menggunakan dan menyimpan informasi biometrik sejalan dengan peraturan setempat. Di beberapa negara, misalnya, Anda tidak diizinkan menyimpan data biometrik apa pun di database pusat.

Masalah pendaftaran 

Faktor-faktor seperti jari-jari kering, hal ini akan membuat sidik jari menjadi samar. contoh lainnya penyakit mata atau iris mata yang sangat gelap berarti bahwa sejumlah kecil orang tidak dapat didaftarkan menggunakan beberapa teknologi pengenalan biometrik.

Penggunaan yang curang 

Menunjukkan foto sidik jari atau wajah dapat menipu beberapa perangkat biometrik dan menciptakan peluang untuk melanggar keamanan. Dalam beberapa solusi keamanan biometrik, dimungkinkan untuk menambahkan deteksi kehidupan sebagai fungsionalitas tambahan. Ini memeriksa bahwa bagian tubuh yang ditampilkan berasal dari orang hidup yang berada di sensor di sana dan kemudian.

Beberapa ketidaknyamanan

Pengguna harus hadir secara fisik untuk merekam data pengenal biometrik, sedangkan pasword atau PIN dapat disiapkan sebelumnya. Sistem keamanan biometrik seringkali juga lebih lambat untuk digunakan, yang dapat menjadi masalah jika banyak orang perlu mendapatkan akses dalam jangka waktu tertentu.

Kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan

Di beberapa negara, untuk mematuhi peraturan privasi lokal, templat biometrik harus disimpan di kartu akses dan bukan di database terpisah. Keuntungan dari ini adalah setiap orang memiliki dan membawa cetakan biometrik mereka sendiri, dan jika kartu mereka hilang atau dicuri hanya mereka yang terpengaruh.

Kekurangannya adalah biometrik hanya dapat digunakan untuk verifikasi karena identifikasi masih dilakukan dengan kartu akses. Selain itu, templat yang disimpan di kartu sering kali memiliki resolusi yang lebih rendah, sehingga karakteristik perbandingan menjadi lebih sulit.

contoh undang undang tentang keamanan biometrik adalah CCPA  California Consumer Privacy Act (CCPA) dan GDPR.
ccpa callifornia consumer privacy act
ccpa callifornia consumer privacy act

Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) adalah undang-undang privasi data baru yang menetapkan berbagai hak bagi penduduk California.

GDPR uni eropa
GDPR uni eropa
GDPR adalah singkatan dari General Data Protection Regulation, sebuah peraturan tentang Data Privacy (perlindungan data) yang diterapkan Eropa yang mengatur perlindungan data pribadi di dalam maupun di luar Uni Eropa.

Apakah teknologi Biometrik Aman? 

tentunya tidak ada sistim teknologi yang aman tanpa celah, tetapi teknologi biometrik akan selalu berkembang dan memperbaiki segala celah keamanan. hanya tinggal bagaimana user menjaga dan menggunakannya dengan bijak.

contoh nyata teknologi bometrik yang selalu berkembang perusahaan CrucialTec, produsen sensor, menghubungkan sensor detak jantung ke pemindai sidik jarinya untuk otentikasi dua langkah. Ini membantu memastikan bahwa sidik jari kloning tidak dapat digunakan untuk mengakses sistemnya. inilah salah satu bukti bahwa  teknologi biometrik akan selalu berkembang.

Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "mengenal keamanan biometrik (biometric security system)"