macam macam alat pernafasan pada hewan

mahluk hidup memiliki berbagai macam alat atau organ pernapasan hewan tergantung dari jenis hewan, morfologi dan tempat hewan tersebut hidup. pada umumnya hewan bernafas dengan organ pernafasan berupa paru - paru, insang, kulit, dan trakea. berikut macam macam organ pernafasan pada hewan

Alat Pernapasan pada Burung

          Burung bernapas dengan paru - paru.namun pada saat terbang buung mempunyai organ pernafasan bantuan yang berupa pundi - pundi  atau kantong udara (sakus pneumatikus).
sakus pneumatikus pada burung
sakus pneumatikus (kantong udara)  pada burung

kantong atau pundi udara tersebut berguna untuk menyimpan udara pada saat burung sedang terbang.
organ pernafasan pada hewan burung
organ alat pernafasan pada hewan burung saat terbang



cara kerja pernapasan burung 

 cara bernafas pada burung  adalah sebagai berikut :  Hidung, tenggorokan, pundi - pundi udara, paru - paru. Ketika terbang pernapasan  burung berasal dari udara yang tersimpan dalam pundi - pundi udara, dan ketika  tidak burung mengisi pundi - pundi  udaranya.

alat pernafasan pada Reptil

Reptil  bernnapas dengan paru - paru.
reptil bernafas dengan paru paru
reptil bernafas dengan paru paru

Reptil adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.  contoh reptil adalah ular, buaya, kadal, cecak dan buaya.
contoh hewan reptil
contoh hewan reptil

cara reptil bernafas

udara masuk melalui hidung kemudian masuk ke batang tenggorokan lalu ke paru - paru.. dialam paru-paru, terjadi pertukaran oksigen. oksigen diserap tubuh  sedangkan karbon dioksida dikeluarkan.


alat pernafasan pada amfibi (Katak)

Hewan amfibi adalah hewan yang mempunyai siklus hidup di dua alam yaitu darat dan air. Karena hidup di dua alam, maka organ atau pernapasan hewan amfibi saat hidup diair memakai insang dan dewasa memakai kulit dan paru paru.
katak bernafas dengan insang paru paru dan kulit
katak bernafas dengan insang paru paru dan kulit

saya ambilkan contoh pada amfibi katak. siklus hidup katak pada saat menetas dari telur dan menjadi berudu (cebong),  bernafas dengan insang. kemudian saat bermertamorfosis menadi Katak muda  dan katak dewasa maka katak bernapas dengan paru - paru dan kulit.
siklus hidup amfibi katak
siklus hidup amfibi katak


contoh hewan yang termasuk dalam kelas amfibi adalah sesilia, katak dan kodok, serta salamander. berikut vidio sistim pernafasan pada amfibi katak

alat pernafasan pada Ikan

secara umum Ikan bernapas dengan insang. ingsang berguna sebagai penyimpan oksigen dan pengatur gerak naik turun pada ikan.
gambar organ ingsang ikan
gambar organ ingsang ikan

cara kerja organg ingsang 

Mula-mula ikan membuka mulutnya untuk mengambil air. Air kemudian mengalir masuk ke rongga mulut menuju lembaran insang.
organ ingsang ikan
organ ingsang ikan

Setelah itu, air keluar melewati tutup insang. Ketika air melewati lembaran insang, oksigen diikat oleh Hb (hemoglobin) darah. Pada saat yang sama, Hb juga melepaskan karbon dioksida ke air. Bagi ikan yang hidup ditempat yang kurang air (lumpur) mempunyai lipatan - lipatan insang disebut labirin. Labirin dapat menyimpan cadangan oksigen. berikut vidio cara kerja ingsang ikan


alat pernafasan pada Serangga

 Serangga memiliki alat pernapasan berupa trakea. Trakea adalah pembuluh - pembuluh halus bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. fungsi trakea adalah untuk mengangkut oksigen dan mengedarkannya keseluruh tubuh serngga dan mengangkut karbod dioksida hasil pernafasan untuk dikeluarkan dari tubuh.
serangga bernafas dengan trakea

 Stigma pada serangga adalah lubang yang terletak di sisi  tubuh bagian kiri-kanan. Stigma pada trakea berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.


alat pernafasan pada Cacing

Cacing bernafas dengan organ permukaan kulit. hal ini karena cacing tidak mempunyai alat pernapasan khusus.
cacing bernafas dengan organ permukaan kulit
cacing bernafas dengan organ permukaan kulit

Cacing menyukai tempat yang lembab. Dengan cara demikian, kulit cacing terjaga kelembannya sehingga selalu basah dan berlendir. Kulit yangbasah dan berlendir itu memudahkan cacing dalam penyerapan oksigen dari udara.

cara kerja organ penafasan cacing

Melalui pembuluh darah di permukaan kulit cacing oksigen diikat oleh darah. Darah cacing mampu mengikat oksigen karena mengandung hemoglobin. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin  selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pembakaran yang berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan dari tubuh juga melalui permukaan kulit.


alat pernafasan pada Mamalia

secara umum Semua hewan mamalia bernapas dengan organ pernafasan paru - paru. hewan Mamalia adalah hewan yang menyusui ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air.
mamlia darat bernafas dengan paru paru
mamlia darat bernafas dengan paru paru


Mamalia yang hidup di darat mempunyai susunan alat pernafasan yaitu hidung,pangkal tenggorok,batang tenggorok, dan paru-paru. contohnya Seperti kambing,sapi, kuda, kerbau. 

Mamalia yang hidup di air seperti paus dan lumba lumba juga bernapas dengan paru-paru, tetapi pada hidungnya dilengkapi katup. Katup itu akan menutup pada saat menyelam dan akan terbuka pada saatmuncul dipermukaan air.
organ pernafasan paru paru pada mamalia paus
organ pernafasan paru paru pada mamalia paus


Pada saat muncul dipermukaan, air mamalia yang hidup di air mengambil oksigen serta mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Contoh mamalia yang hidup di air adalah paus,lumba-lumba dan duyung.


sekian artikel berbagai  macam alat pernafasan pada hewan secara umum, semoga aritkel ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semuanya.

Leave a Reply to "macam macam alat pernafasan pada hewan"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel