Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara kerja pemindai sidikjari, retina, iris dan pengenalan suara

Teknologi Biometrik pada perangkat biometric security system  yang sering digunakan adalah pemindai sidik jari(finggerprint), pemindai retina, pemindai iris, pemindai pengenalan suara (voice recognition) dan pemindaian wajah (face recognition). masing masing Teknologi Biometrik bekerja dengan memverifikasi identitas seseorang dengan menerapkan metode kontrol akses melalui sifat unik biologis.

pemindai Sidik Jari

cara kerja pemindai sidik jari (finggerprint)  yaitu dengan mengukur pola pola lingkaran, bentuk lingkaran, dan pola lengkungan jari yang unik pada seseorang. masing masing pola sidijjari berbeda antara satu dengan yang lain.

finggerprint sangat populer dan efektif  untuk digunakan sehingga pemindai sidik jari sekarang banyak digunakan pada perangkat seluler smartphone, laptop dan bahkan digunakan pada kendaraan mobil. 
pemindai sidikjari finggerprint pada laptop
pemindai sidikjari finggerprint pada laptop

 Pemindai sidik jari dipilih kerana paling mudah diimplementasikan dan hemat biaya. kelebihan lainnya Pemindai sidik jari tidak mengungkapkan informasi medis apa pun; oleh karena itu, finggerprint banyak digunakan dalam berbagai bidang kususnya dalam hal kontrol akses. 
sensor finggetprint pada smartphone
sensor finggetprint pada smartphone untuk kontrol akses.

Meskipun tidak rumit dan murah teknologi finggerprint sidijari  masih mempunyai kelemahhan yaitu jenis sistem ini memungkinkan peniruan yang mudah. Misalnya, jika Anda menekan ibu jari ke lilin maka  pola sidikjari akan membekas atau terlihat. bekas sidik jari tersebut dapat digunakan orang tidak bertanggung jawab untuk menipu pemindai sidik jari dan mendapatkan akses yang tidak sah sehingga bisa menjadi celah keamanan. 

Pemindai retina

cara kerja pemindaian iris yaitu dengan menggunakan pembuluh darah di bagian belakang mata untuk otentikasi. Pola pembuluh darah di bagian belakang mata setiap individu memiliki keunikan tersendiri antar masing masing individu. 
pemindai retina scaner
pemindai retina scaner

Metode pemindaian iris mata masih menjadi pro kontra karena masih dianggap melanggar privasi medis seseorang. Misalnya, kemungkinan ditemukannya penyakit di mata atau kondisi medis lainnya dapat membuat perusahaan waspada dan dapat menyebabkan masalah ketenagakerjaan. 

Pemindai iris

cara kerja pemindai iris yaitu dengan menggunakan warna pada iris mata, yang mengukur pola iris seseorang. Setiap individu memiliki pola warna yang berbeda pada iris matanya, oleh karena itu, pemindai iris mata populer di bidang keamanan.
iris scaner pada smartphone
iris scaner pada smartphone

pola suara 

pola suara atau sering disebut voice recognition dan automatic speech recognition bekerja dengan mengukur pola nada bicara (tone dan pitch) suara seseorang. Orang yang mendaftarkan suaranya akan diberi frasa kata untuk diulang beberapa kali agar  dengan pengucapan nada yang berbeda agar perangkat lunak software pengenalan suara dapat menangkap dan mengenalinya sebagai bagian dari otentikasi.
voice recognition google asisten
voice recognition google asisten

 Misalnya, seseorang yang menyelesaikan proses pendaftaran suara mungkin harus mengatakan sesuatu seperti  'pegunungan biru dan stroberi kecil mungil. dengan mengucapkan kata seperti itu software pengenal suara akan mendeteksi beberapa tone dan pitch yang digunakan dalam kalimat tersebut

Kelemahan menggunakan pengenalan suara voice recognition  adalah jika seseorang menjadi sakit atau kehilangan suaranya maka software pengenalan suara tidak akan dapat mengenali dan membedakan sehingga orang tersebut tidak dapat memiliki akses lagi.

Keuntungan menggunakan pengenalan suara adalah minimnya serangan replay (replay attack) sangat kecil kemungkinannya. Pengenalan suara saat ini akan menampilkan frase yang dibuat secara acak kepada orang yang mencoba untuk mendapatkan akses. Hal ini mencegah orang menggunakan perangkat perekam audio untuk menipu sistem, yang memverifikasi identitas seseorang dengan menerapkan metode kontrol akses melalui sifat biologis unik.

sekian artikel cara kerja pemindai sidikjari, retina, iris dan pengenalan suara. tentunya masing masing teknologi biometric security memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. sebagai pengguna teknologi kita harus bijak dalam menggunakan teknologi ini



Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "cara kerja pemindai sidikjari, retina, iris dan pengenalan suara"