pengertian CPM CTR CPC dan RPM pada adsense

pengertian CPM CTR CPC dan RPM pada adsense

perhitungan pendapatan Google Adsense dipengaruhi oleh CPM, CPC, CTR, dan lain-lain. beikut adalah penjelasan pengertian CPM CTR CPC dan RPM pada adsense
CPM CTR CPC dan RPM pada adsense
CPM CTR CPC dan RPM pada adsense

CPM (Cost Per Mille) 

Cost Per Mille  disingkat CPM adalah sistem pembayaran Google Adsense dalam hitungan per seribu tayangan. Dalam bahasa Indonesia istilah CPM bisa disamakan dengan BPS (Biaya per Seribu), artinya publisher akan mendapatkan bayaran setiap seribu kali iklan tayang di situs.

CPC (cost per click )

CPC merupakan singkatan dari cost per click atau istilhnya biaya per klik. Istilah ini digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik sendiri ditentukan oleh pengiklan, mereka bebas mengatur berapa biaya yang ingin dikeluarkan setiap terjadinya klik pada iklan mereka. Misalkan ingin membayar Rp 100 per klik, maka anda yang berperan sebagai publisher akan mendapatkan Rp 100 setiap klik yang terjadi pada iklan tersebut.

baca juga cpc adsense kecil kerana google sandbox
Namun kita tidak akan diberitahu berapa nilai CPC suatu iklan, hanya pihak Google dan advertiser bersangkutan yang mengetahui besar-kecilnya nilai CPC untuk setiap klik.

CTR (Click Through Rate)

Selanjutnya CTR atau Click Through Rate. Istilah ini digunakan untuk menghitung klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan di situs anda. Jadi apabila iklan diyangkan di situs anda sebanyak 2000 kali dan mendapatkan klik sebanyak 20 maka nilai CTR-nya adalah 20/2000 = 0,01 = 0.1%

RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

RPM atau Revenue Per Thoushand Impression adalah pendapatan rata-rata yang bisa dihasilkan dari setiap 1000 impresi. Biasanya RPM yang kerap diperoleh antara $1 – $5, tergantung dari berbagai hal seperti wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri rupanya terbagi menjadi 3 golongan, yang antara lain:

RPM Kueri: Pendapatan kueri per seribu tayang dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, kemudian hasilnya dikalikan dengan 1000. Contohnya:

RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir/ jumlah kueri) x 1000

Misalkan anda menghasilkan kueri tertaksir sebesar $50 dari 10.000 kueri, maka RPM kueri anda akan sebanding dengan ($50/10.000) x 1000 = $5.

–RPM Halaman: Pendapatan per seribu tayangan dihitung dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, kemudian bisa dikalikan dengan 1.000. Rumusnya:

RPM Halaman = (Penghasilan Tertaksir / Jumlah Tampilan Halaman) x 1000

-RPM Permintaan Iklan: Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan dihitung dengan membagikan penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

Sebenarnya masih ada banyak sekali istilah lain dalam perhitungan Google Adsense untuk menentukan jumlah pembayaran kepada para publisher. Namun empat hal di atas sepertinya sudah cukup mewakili semuanya.

Leave a Reply to "pengertian CPM CTR CPC dan RPM pada adsense"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel