mengapa amonium nitrat bisa meledak

apa itu amonium nitrat

Amonium nitrat adalah suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kation amonium. Senyawa ini memiliki rumus kimia NH₄NO₃, disederhanakan menjadi N₂H₄O₃. Senyawa ini adalah padatan kristal putih dan sangat larut dalam air. bila penanganan salah amonium nitrat bisa meledak
gambar amonium nitrat
gambar amonium nitrat
Senyawa ini utamanya digunakan dalam pertanian sebagai pupuk kaya-nitrogen.

pupuk amonium nitrat 

Pupuk nitrat adalah pupuk sebagai sumber N (nitrogen) yang berbentuk ion nitrat (NO3–). Meskipun sumber nitrogen tidak hanya dalam bentuk ion nitrat. Ada amonium yang juga bisa sebagai sumber N bagi tanaman. Nitrogen adalah unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Semua jenis tanaman, tanpa terkecuali.
pupuk amonium nitrat
pupuk amonium nitrat

Unsur ini termasuk salah satu unsur hara makro yang perannya sangat penting. Terutama pada masa awal pertumbuhan tanaman atau pertumbuhan fase vegetatif.

Tanaman seperti sayuran, membutuhkan nitrogen pada semua stadia pertumbuhannya. Kecuali sayuran buah atau tanaman buah, ketika tanaman sudah berbuah, jumlah pemberian nitrogen perlu dikurangi.

amamonium nitrat bisa meledak

Aonium nitrat bisa meledak kerana terjadi proses kimia dimana Ammonium Nitrat dapat berubah fase dengan sangat cepat, Hal ini menyebabkan pelepasan oksigen secara tiba-tiba, menciptakan gelombang kejut bertekanan tinggi yang menghasilkan ledakan.
diagram  kimia fase amonium nitrat meledak
diagram reaksi kimia fase amonium nitrat meledak

Amonium nitrat terdiri dari kation amonium (NH4) dan anion nitrat (NO3) sehingga menjadi formula senyawa amonium nitrat (N2H4NO3). Amonium nitrat dari unsur kimianya mengandung senyawa nitrogen. Ketika amonium nitrat dipanaskan atau tersulut api maka akan terjadi reaksi kimia, sifat zat padat padanya mendadak berubah menjadi senyawa dinitrogen oksida  yang terdiri dari dua jenis gas yaitu  nitrogen dan gas oksigen serta uap air.

Leave a Reply to "mengapa amonium nitrat bisa meledak"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel