Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal bumbu dan Rempah yang sering ada didapur beserta gambar

Halo kawan semuanya kali ini saya akan membagikan gambar rempah dan bumbu yang sering ada didapur. Buat kalian para wanita atau istri yang akan belajar memasak pastinya akan berurusan dengan yang namanyabumbu rempah bahan dapur yang satu ini.
mengenal bumbu dan rempah rempah didapur
mengenal bumbu dan rempah rempah didapur

Bumbu dan rempah rempah ada banyak ragamnya  dan memiliki aroma yang khas, sehingga sangat penting untuk mengenali bahan dapur ini, baik dengan secara melalui gambar, maupun melalui aromanya.  pastinya malu dong jika kalian para wanita atau istri tidak tahu yang namanya bumbu dan rempah dapur yang sering digunakan dalam masakan hehhehe.
gambar bumbu rempah rempah
gambar bumbu rempah rempah 

Oke langsung saja berikut adalah daftar bumbu dan rempah yang sering digunakan dalam membuat sebuah hidangan atau masakan.



Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang merah memiliki nama latin Allium cepa L. var. aggregatum berbentuk umbi bulat, berwarna merah dan berlapis lapis bumbu,
gambar bawang merah umbi berlapis
gambar bawang merah umbi berlapis

Sedangkan bawang putih memiliki nama latin Allium sativum berbentuk umbi setengah lingkarang dan perwarna putih.
bawang putih berbentuk bulat setengah lingkaran
bawang putih berbentuk bulat setengah lingkaran

Rempah dapur bawang merah dan bawang putih hapir selalu digunakan dalam setiap membuat masakan kerana bawan ini dikenal sebagai bumbu dasar dalam membuat sebuah masakan.

Saat diolah Bawang merah dan bawang putih dalam masakan memberikan rasa gurih saat ditumis dan memberikan aroma harum yang khas selain itu rempah dan bumbu ini jua sering diadikan bahan taburan terutama dalam soto, nasigoreng bubur ayam ataupun makanan lainnya.

Bawang Bombay

Bawang Bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. bawang bombay hampir mirip seperti bawang merah, tetapi bawang bombay memilki ukuran yang lebih besar dan memiliki variasi  warna putih kekuningan dan waran merah .
bawang bombay berbentuk bbulat besar
bawang bombay berbentuk bulat besar

selain itu apabila bawang Bombay di goring tumis bawang ini tidak terlalu memiliki aroma yang terlalu tajam menyengat. Selain digoreng juga sering digunakan sebagai salad dan kadang digoreng tepung.

Kunyit 

kunyit memiliki nama latin Curcuma longa Linn. kunyit merupakan rempah yang berbentuk menjari  dan memiliki warna kekuningan. Dalam masakan bumbu kunyit berperan sebagai pemberi warna kuning pada masakan.
 kunyit rempah yang berbentuk menjari  kekuningan
 kunyit rempah yang berbentuk menjari  kekuningan

Fungsi lain dari bumbu kunyit adalah menghilangkan aroma amis atau tak sedap pada daging atau ikan.

Cabai

cabai memiliki nama latin Capsicum annum L. Bumbu Cabai berfungsi pada masakan sebagai pemberi rasa pedas dan panas.
cabai pemberi rasa pedas pada masakan
cabai pemberi rasa pedas pada masakan

Cabai memiliki banyak variasi muai dari cabai rawit, cabai keriting, cabai hijau hingga cabai merah. Masing masing memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. cabai pada masakan mengandung vitamin c yang cukup tinggi selain itu cabai sering diolah menjadi sambal cabai yang pedas.
sambal cabai pedas
sambal cabai pedas

Kemiri

Rempah kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana. Kemiri adalah bumbu masakan yang berwarna putih dan bulat. Fungsi  Rempah kemiri adalah untuk menambah citarasa gurih pada masakan.
rempah bumbu kemiri
rempah kemiri berwarna putih

Sebelum digunakan buah Kemiri sebaiknya dibakar terlebih dahulu, kerana untuk mengeluarkan minyak kemiri  yang apabila di bakar mengeluarkan aroma yang khas dan membuat gurih pada masakan yang akan dibuat. Setelah dibakar bumbu kemiri biasanya dihaluskan dan dimasukan pada masakan.
kemiri disangrai bakar agar aromanya nikmat
kemiri disangrai bakar agar aromanya nikmat

Merica

Rempah merica atau lada memiliki nama latin Piper nigrum L. Merica berbentuk butiran bulat kecil atau biji berwarna putih kehitaman. bumbu Merica oleh masyarakat juga dikenal dengan nama lada. Fungsi dari rempah merica atau lada adalah untuk menambahkan rasa pedas dan hangat, selain itu juga untuk memambahkan aroma pada masakan.
gambar bumbu rempah merica
gambar bumbu rempah merica

Cara menambahkan rempah merica pada masakan adalah dengan dihaluskan sampai menjadi merica bubuk, lalu ditambahkan atau taburkan kedalam masakan. merica bubuk adalah merica yang telah dihaluskan dan sering terseda dipasaran dalam bentuk kemasan
merica bubuk kemasan
merica bubuk kemasan

Ketumbar 

Ketumbar memiliki nama latin Coriandrum sativum  dan merupakan rempah atau bumbu yang berbentuk bulatan kecil atau biji dan berwarna kekunungan yang berasal dari daratan Eropa Selatan.
gambar ketumbar
gambar ketumbar

Perbedaan ketumbar dengan merica adalah ketumbar lebih kecil daripada merica, dan rasa ketumbar tidak sepedas merica. selain itu kulit dari ketumbar tidaklah halus ada garis garis pada kulitnya.
beda ketumbar dengan merica
beda ketumbar dengan merica adalah ketumbar lebih kecil daripada merica

 Ketumbar berfungsi pada masakan untuk menambahkar aroma harus dan juga mempengaruhi rasa pada masakan.

Kemukus 

kemukus memiliki nama latin Piper cubeba L.  kemukus mempunyi aroma yang kuat dan rasa yang pedas. ciri fisik kemukus berbentuk butiran dan berwarna coklat putih dan memiliki tangkai, sehingga sering disebut sebagai merica berekor (tailed pepper)
gambar kemukus merica berekor
gambar kemukus merica berekor

kemukus adalah salahsatu rempah yang sering digunakan untuk masakan seperti kari gulai maupun rendang. fungsi kemukus pada masakan adalah untuk menguatkan rasa pedas dan hangat pada masakan yang dibuat.
rempah bumbu kemukus
rempah bumbu kemukus

Serai

Serai berwarna hijau atau merah keputuhan dan berbentuk bonggol rumput ilalang. nama latin serai adalah Cymbopogon citratus. Rempah serai atau sereh berfungsi untuk menambahkan aroma wangi dan harum pada masakan, selain itu juga menambah rasa dan menghilangkan bau amis pada masakan.
gambar serai
gambar serai

Cara menggunakan bumbu serai adalah dengan mengiris atau mememarkan (digeprek) dengan dipukul benda tumpul  pada bagian bongol-nya, seingga mengluarkan aroma khas serai yang harum dan wangi.
serai geprek agar aromanya wangi
serai geprek agar aromanya wangi

Lengkuas 

Bumbu Lengkuas atau laos  merupakan rempat bumbu masaan yang berbentuk akar umbi umbian dan memiliki rasa yang pedas. pada beberapa daerah ada yang menyebut lengkuas dengan nama klawas.  biasanya lengkuas atau laos berwarna coklat putih, terkadang ada yang berwaran pink.
bumbu rempah lengkuas atau laos berwarna putih pink
bumbu rempah lengkuas atau laos berwarna putih pink

Fungsi laos lengkuas pada masakan adalah untuk penamhan citarasa aroma pada masakan. Cara penggunaan laos adalah dengan menggepreknya sehingga aroma dari lenguas menjadi keluar kuar dan berbau wangi khas lenkuas.
lengkuas pada masakan
lengkuas pada masakan

kecombrang

kecombrang adalah rempah rempah yang berbentuk bunga dan berwarna pink dan memiliki nama latin ilmiah Etlingera elatior.
bunga kecombrang untuk masakan
bunga kecombrang untuk masakan

 Pada berbagai daerah bunga kecombrang sering disebut dengan nama bunga kantan, atau honjekincung (Medan), bungong kala (Aceh), bunga rias (Tapanuli), asam cekala (Karo), kumbang sekala (Lampung.), sambuang (Minang.) serta lucu (Banyuwangi).
pohon bumb rempah bunga kecombrang
pohon bumb rempah bunga kecombrang

Fungsi bunga kecombrang pada masakan adalah sebaigai penyedap masakan seperti pecel, urap dan juga bisa sebagai pengurang bau amis pada ikan.
bunga kecombrang untuk masakan pecel dan urap sayur
bunga kecombrang untuk masakan pecel dan urap sayur

Daun Salam 

Daun salam dengan nama latin Syzygium polyanthum apabila masih segar atau basah berwarna hijau, jika sudah kering akan berwarna coklat.
daun salam kering berwarna coklat dan segar berwarna hijau
daun salam kering berwarna coklat dan segar berwarna hijau
Daun salam yang segar atau yang  kering tetap bisa digunakan sebagai rempah dan bumbu masakan.
pohon bumbu rempah daun salam
pohon bumbu rempah daun salam segar

Fungsi daun salam pada masakan adalah untuk memambahkan aroma harum, rasa lezat  dan enak pada masakan. Biasanya daun salam pada masakan apabila sudah tidak diperlukan akan dibuang kerana tidak bias dimakan.

Daun Jeruk

Daun Jeruk merupakan bumbu dapur yang sangat sering digunakan dalam memasak ikan maupun daging. Hal ini kerana daun jeruk mempunyai aroma yang kuat harum segar sehingga dapat menghilangkan bau amis pada ikan dan daging.
daun jeruk purut untuk memasak
daun jeruk purut untuk memasak dapat menghilangkan bau amis

 Daun jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu dapur adalah jeruk purut dan daun jeruk nipis. Cara memakai  Daun jeruk untuk bumbu masakan adalah dengan merobek-robek daunnya dan masukkan ke dalam masakan agar aromanya keluar.
daun jeruk purut dan jeruk nipis untuk masakan
daun jeruk purut dan jeruk nipis untuk masakan

Jahe

Jahe dengan nama latin Zingiber officinale, berbentuk menjari dan umumnya berwarna coklat, terkadang juga ada yang berwarna putih kuning dan merah.
rempah dan bumbu jahe
rempah dan bumbu jahe 

Fungsi bumbu dan rempah Jahe adalah untuk menambahkan cita rasa pedas dan hangat pada masakan selain itu juga menghilangkan bau amis pada daging dan ikan.
rempah dan bumbu jahe pada masakan
rempah dan bumbu jahe pada masakan

Selain terkenal sebagai bumbu memasak rempah jahe juga sering digunakan sebagai jamu obat tradisional yang sudah dipercaya sejak jaman nenek moyang.

Cengkeh

Cengkeh dalam bahasa inggris disebut Cloves merupkan rempah asli Indonesia tepatnya dari pulau Maluku. Cengkeh merupakan bunga cengkeh yang telah dikeringkan dan umumnya berwarna coklat.  Rempat cengkeh mengandung minyak atsiri sehinga menghaslkan aromanya yang khas cengkeh apabila ditambahkan pada masakan.
cengkeh bubuk untuk bumbu masakan
cengkeh bubuk untuk bumbu masakan

Fungsi rempah cengkeh pada masakan adalah untuk menambah wangi sedap masakan dan menambahkan rasa pedas atau hangat pada masakan.

rempah cengkeh pada masakan
rempah cengkeh pada masakan

Cara menggunakan cengkeh sebagai bumbu masakan adalah dengan memasukannya langsung pada masakan, tetapi jika ingin mendapatkan aroma dan rasa cengkeh yang kuat cengkeh bias dihaluskan menadi cengkeh bubuk agar aroma yang dhasilkan menjadi kuat.

Pala

Pala dengan mana ilmiah Myristica fragrans  merupaan rempah asli Indonesia tepatnya dari pulau banda maluku yang berbentuk bulat dan berwarna coklat. Pala sering digunakan sebagai Bumbu Dapur kerana memiliki bau dan rasa yang khas pala dan kandungan minyak atsirihnya.
rempah bumbu pala untuk masakan
rempah bumbu pala untuk masakan

Fungs pala pada masakan adalah untuk menambah aroma dan menghasilkan rasa pedas dan hangat seperti rempah cengkeh.

Cara menggunakan pala sebagai bumbu masakan adalah dengan  memotong pala yang blat menjadi dua bagian kemudian digeprek atau diparut agara menjadi halus dan siap ditambahkan dalam masakan.
pala bubuk untuk masakan
pala bubuk untuk masakan

Bunga lawang

Rempah Bunga Lawang atau Pekak memiliki nama ilmiah Illicium verum adalah bunga yang bentuk seperti bintang berwarna coklat dan memiliki  biji kecil di dalamnya. Rasa bunga lawing adalah pahit sehingga jangan terlalu banyak penggunaanya.
bumbu bunga lawang atau pekak
bumbu bunga lawang atau pekak

 Rempat lawing sering juga dtemui sebagai bumbu masakan terutama Negara Asia seperti china dan india.Fungsi bunga lawang pada masakan adalah untuk menambahkan aroma citarasa Wangi khas bunga lawang.

rempah bumbu bunga lawang atau Pekak
rempah bumbu bunga lawang atau Pekak

Kluwak 

Rempah bumbu Kluwak memiliki nama ilmiah Pangium edule. buah kluwak berwarna hitam dan bentuk kulitnya cangkangnya seperti batu. dalam bahasa inggris buah kluat sering dsebut Pangium Edule. Buah kluak/kepayang sering ditemui pada masakan jawa seperti rawon, gudeg, sop konrodan brongkos.
bumbu rempah kluak pada masakan jawa
bumbu rempah kluak pada masakan jawa

Fungsi Rempah kluwak yaitu memberikan  rasa yang pahit pada maskan dan memberikan warna yang hitam pada masakan.


Kapulaga

Rempah Kapulaga dengan mana ilmiah Amomum compactum berbentuk  bulat dengan warna putih dan jika dibuka bagian dalamnya bumbu kapulaga seperti biji bijian.
bumbu rempah kapulaga
bumbu rempah kapulaga

 Fungsi kapulaga pada masakan yaitu untuk menghasilkan rasa pedas dan hangat pada masakan seperti rendang, kari dl.

Asam jawa 

Asam jawadengan nama ilmiah Tamarindus indica merupakan bumbu masakan yang memiliki rasa asam segar. Buah asam jawa memiliki ciri warna coklat dan dalam 1 buah memiliki beberapa biji.
bumbu rempah asam jawa
bumbu rempah asam jawa

Asam jawa sering digunakan untuk masakan berair seperti sayur asam maupun sup dan semur.  Cara menggunakan asam jawa sebagai bumbu masakan adalah dengan diremas-remas dengan air hangat sampai daging asamnya lepas dari bijinya, tetapi jika tidak mau repot cukup masukan saja buah daging asam jawa kedalam masakan.

Kencur 

Kencur adalah salah satu bumbu dapur yang berasal dari suku temu temuan yang berbentuk rimpang kecil. nama ilmiah dari kencur adalah Kaempferia galanga L. rempah kencur berbentuk rimpang kecil berwarna coklat, dan putih pada bagian dalamnya.
rempah kencur
rempah kencur berwarna coklat

bumbu  kencur memiliki aroma yang khas kerana mengandung minyak atsiri sehingga sering digunakan sebagai campuran pecel maupun urap sayuran.
kencur pada pecel dan urap sayur
kencur pada pecel dan urap sayur

Cara memakai kencur untuk masakan adalah dengan dipotong, dicincang atau diparut agar keluar aroma segar dai minyak atsiri kencur.

Jintan

jintan memiliki nama latin Trachyspermum roxburghianum  adalah Rempah yang memiliki bentuk seperti beras panjang kecil dan ringan, warna rempah jinten bervariasi ada yang putih dan ada yang hitam, tergantung jenis varietas jinten.
rempah jinten putih
rempah jinten putih

 Jinten ini memiliki aroma khas yang pedas, panas, dan memberi rasa sedap pada masakan kerana mengandung minyak tsiri. jinten sering digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk masakan India seperti  kari, opor ayam, gulai
rempah jinten hitam
rempah jinten hitam

Kayu Manis 

kayu manis kering
rempah bumbu kayu manis
kayu manis dengan nama latin Cinnamomum verum adalah rempah rempah yang berasal dari kulit tanaman Cinnamomum burmanii Blume. bentuk kayu manis berbentuk seperti gulungan kertas yang berwarna coklat yang kemudian dikeringkan. kayu manis memiliki aroma yang manis, dan pedas.
kulit rempah kayu manis bubuk
kulit rempah kayu manis bubuk

pengolahan kayu masis sebagai bumbu  bisanya ditumbuk sampai jadi bubuk dan ditaburkan pada masakan. fungsi kayumanis pada masakan adalah untuk menambahkan rasa pedas dan hangat pada masakan

sekian artikel Mengenal bumbu dan Rempah yang sering ada didapur beserta gambar, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semuanya :)


Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Mengenal bumbu dan Rempah yang sering ada didapur beserta gambar"