jenis tanah yang bagus untuk tumbuhan

Menanam tanaman agar tumbuh subur haruslah memperhatikan jenis tanah. Tanah yang baik akan menghasilkan tanaman yang subur dan tentunya menguntungkan bagi Petani. sudah seharusnya untuk mengatahui jenis jenis tanah supaya tanaman yang ditanam  bisa tumbuh subur maksimal dan saat panen sesuai keinginan petani.
jenis tanah yang baik untuk menanam di indonesia
jenis tanah yang baik untuk tanaman pertanian

Berikut adalah jenis jenis tanah yang ada di indonesia:

Tanah Regosol

Tanah jenis regosol adalah tanah yang terbentuk dari material semburan dari letusan gunung berapi yang belum mengalami proses perkembangan sempurna.  tanah jenis ini bertekstur kasar dan memiliki kandungan bahan organik rendah. sifat Tanah jenis regoso membuat tanah ini tidak dapat menyimpan air dan mineral yang di butuhkan tanaman dengan baik.
gambar tanah regasol
gambar tanah regasol

Tanaman yang cocok tumbuh  di jenis tanah ini adalah tanaman palawija. jenis tanah regoso tersebar mulai dari Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara.

Tanah Litosol

gambar tanah litosol
gambar tanah litosol
Tanah jenis ini terletak pada kedalaman yang dangkal sehingga mudah mengalami erosi tanah. Tanah Litosol  memiliki bahan organik  yang rendah sehingga perlu ditambahkan pupuk untuk tanaman agar kandngan nutrisinya baik. tempat penyebaran tanah litosol di indonesia mulai dari Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara.

Tanah Latosol

Tanah latosol adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan batuan sedimen dan metamorf. Kandungan bahan organik tanah latosol bisa berubah ubah muai dari sedang sampai tinggi
gambar tanah latosol
gambar tanah latosol

tanah jenis latosol mempunyai kelebihan yaitu ini mampu menyerap air dengan baik. sehingga oleh petani biasa dimanfaatkan untuk menanam tanaman ebu, cokelat, kopi dan karet. daerah penyebarab tanah latosol di indonesia tersebar mulai dari Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi.

Tanah Grumusol

Tanah grumusol adalah tanah yang terbentuk di ketinggian tidak lebih dari 300 mdpl dengan topografi yang berbukit.
gambar tanah grumosol
gambar tanah grumosol
Tanah ini mampu menyerap air yang tinggi dan juga mampu menyerap hara yang di butuhkan tanaman, tanah ini cocok pada tanaman rumput rumputan atau hiauan pakan ternak.
daerah penyebaran tanah ini ditemui di Jawa, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Tanah Alluvial

Tanah aluvial terbentuk dari material halus yang di endapkan di aliran sungai. Kesuburan tanah alluvial tergantung pada sumber bahan asal aliran sungai, namun biasanya memiliki kandungan hara yang tinggi.
gambar tanah alluvial
gambar tanah alluvial
Tanah ini cocok untuk tanaman padi, tebu, kelapa dan buah buahan dan tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua..

sekian artikel tentang jenis Salamjenis tanah yang bagus untuk tumbuhan petani, semoga bermanfaat :) 

Leave a Reply to "jenis tanah yang bagus untuk tumbuhan"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel