inseminasi buatan mencegah penyebaran penyakit menular

Tahukah anda bahwa inseminasi buatan dikembangkan pada hewan tujuan awalnya adalah untuk menghindari atau mencegah penyebaran penyakit menular.
inseminasi buatan mencegah penyakit menular
inseminasi buatan mencegah penyakit menular

Pada proses kawin alam, transportasi hewan baik pejantan maupun betina dari tempat yang berbeda untuk dikawinkan memiliki potensi untuk menyebarkan kuman patogen di antara hewan ternak terutama karena adanya kontak fisik.

Keuntungan Inseminasi buatan :

keuntungan inseminasi buatan mencegah penyakit menular
keuntungan inseminasi buatan mencegah penyakit menular
1. Inseminasi buatan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit menular maupun penyakit infeksius, penyakit tersebut biasanya dapat menular dari hewan satu ke hewan lain melalui kontak langsung maupun hewan yang ditempatkan pada lingkungan yang sama.
2. Perkembangan genetik dan produksi dari ternak dapat lebih ditingkatkan pada IB dikarenakan menggunakan semen dari pejantan dengan kualitas genetik yang baik.
3. Memungkinkan perkawinan antar hewan pada daerah geografis yang jauh berbeda, bahkan pada waktu yang berbeda, tak jarang pada pejantan unggul yang sudah mati sekalipun, semen pejantan tersebut yang dibekukan masih bisa dipakai untuk mengawini betina melalui IB.
4. Perkawinan ternak dapat terjadi pada kondisi abnormalitas perilaku, fisik dan fisiologis hewan, misalnya pada spesies domba ekor gemuk yang memiliki ekor terlalu besar sehingga perkawinan alam sulit dapat terjadi, perlakuan IB akan sangat membantu proses reproduksiny tentunya.
5. Inseminasi buatan dapat menjadi pilihan yang sangat bagus dan sangat memungkinkan untuk diselaraskan dengan teknologi lain seperti sexing dan teknik cryopreservasi
6. Inseminasi buatan bisa menjadi pilihan utama pada bangsa ternak yang sudah jarang, dalam kondisi konservasi maupun spesies hewan yang terancam langka.

Leave a Reply to "inseminasi buatan mencegah penyebaran penyakit menular"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel