hukum keutamaan dan ketentuan qurban menurut islam

Menyembelih hewan qurban pada hari raya idul adha merupakan amal shalih dan ibadah tahunan yang memiliki keutamaan disisi Allah SWT.  berqurban dapat mendekatkan diri kepada sang pencipta.
keutamaan dan ketentuan qurban

Berqurban dalam agama islam

hukum keutamaan dan ketentuan qurban
hukum keutamaan dan ketentuan qurban 
Qurban  atau  kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, selain itu qurban merupakan salah satu upaya manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tertentu pada hari raya Haji ( Hari Raya Idul Adha) dan tiga hari tasyrik sesuai dengan ketentuan syarat yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik).
berqurban dalam islam
berqurban dalam islam

Kurban dalam Bahasa Arab: Qurban berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah, sehingga secara harfiah berarti hewan sembelihan.

Dasar perintah berkurban

Dalam agama islam Dasar perintah Allah SWT untuk melaksanakan qurban adalah surat Al Kautsar ayat 2.
hukum berkurban adalah surat al kautsar ayat 2
hukum berkurban adalah surat al kautsar ayat 2
Allah mensyariatkan penyembelihan hewan qurban sebagaimana yang dijelaskan pada al-Quran surat al-Kausar ayat 2 berikut: فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْFa ṣalli lirabbika wan-ḥarArtinya :
Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah
Yang dimaksud dengan “berkurbanlah” pada ayat di atas adalah menyembelih hewan sembelihan (al-hadyu) berupa ternak seperti unta, sapi, kambing atau domba.

Hukum qurban menurut islam

Mayoritas ulama mengatakan hukum berqurban  dalam agama islam adalah sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang pelaksanaannya sangat dianjurkan.

Syarat seseorang dapat berqurban

seseorang dapat berkurban apabila memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Beraganma Islam, merupakan syarat mutlak bagi orang yang melaksanakan ibadah qurban. Karena itu orang-orang kafir tidak wajib berqurban.Demikian pula orang yang murtad.
  • Mampu, seseorang disunnahkan berqurban apabila ia mampu, orang yang tidak mampu tidak disunnahkan berqurban dan tidak harus memaksakan diri apabila hal tersebut justru akan memberatkan.
  • Merdeka, bukan seorang budak.

Syarat sah berqurban

berikut adalah syarat syarat sah seseorang dalam berkurban:
  • Berqurban pada waktunya, yaitu berlangsung setelah shalat hari raya idul adha hingga tenggelamnya matahari pada hari tasyrik yang ketiga.
  • Berqurban dengan hewan ternak yang sesuai tuntunan, hewan ternak yang dijadikan qurban adalah hewan ternak berupa unta, sapi, kambing, dan domba. Berdasarkan ijma’ para ulama bahwa unta mencakup semua hewan yang sejenis dengannya, sapi mencakup kerbau, begitu juga dengan kambing yang mencakup biri-biri dan domba.
    hewan yang boleh untuk qurban berusia
    hewan yang boleh untuk qurban
  • Hewan yang digunakan berqurban tidak boleh cacat, seperti salah satu matanya buta, pincang, sakit dan yang kurus tak berlemak. Maka apabila ada hewan qurban yang menyandang salah satu dari keempat penyakit di atas maka qurbannya tidak sah.
  • Hewan yang digunakan qurban cukup umur. Sebagian besar ulama menyatakan bahwa batas minimal usia domba adalah enam bulan,kambing minimal satu tahun, sapi minimal dua tahun, dan unta minimal lima tahun.

Patungan qurban

Pada masa modern saat ini di Indonesia terdapat berbagai macam cara melaksanakan ibadah qurban, mulai dari patungan qurban, qurban online, arisan qurban, simpanan qurban, pembiayaan qurban, dan lain sebagainya.
berkurban seekor sapi dapat digunakan untuk 7 orang
seekor sapi dapat digunakan untuk berkurban 7 orang

kurban seekor sapi, unta, atau kerbau,dapat digunakan untuk tujuh orang. 
sumber hukum umlah sapi bisa digunakan untuk 7 orang bisa ditemukan dari riwayat sahabat Jabir RA ketika bersama Rasulullah SAW di Hudaibyyah yang menyembelih seekor sapi untuk tujuh orang.

روى جابر رضي الله عنه قال نحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم بالحديبية البدنة عن سبعة والبقرة عن سبعة رواه مسلم

Artinya, “Sahabat Jabir RA bercerita, ‘Kami menyembelih seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang bersama Rasulullah SAW di Hudaibiyyah,’” (HR Muslim).

Seekor sapi dapat dipakai untuk berkurban maksimal tujuh orang, kecuali pendapat Abu Ishak yang menyebut sepuluh orang. artikel dari nu.or.id
satu ekor sapi dapat digunakan untuk 7 orang
satu ekor sapi dapat digunakan untuk 7 orang
Sedangkan seekor sapi yang digunakan untuk berkurban kurang dari tujuh orang boleh saja, sementara sisanya bernilai sedekah sunnah. refrensi bisa membaca

Arisan qurban

Arisan qurban adalah pengumpulan sejumlah uang oleh sekelompok orang setiap jangka waktu tertentu,kemudian dilakukan penarikan undian untuk menentukan giliran siapa yang berhak melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini. Adapun bagi mereka yang belum mendapatkan giliran pada tahun tersebut, akan mendapatkan giliran sesuai dengan penarikan undian
pada tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply to "hukum keutamaan dan ketentuan qurban menurut islam"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel