Seluk beluk Teknik Komputer dan Jaringan


Buat kamu yang tahun ini akan naik ke tingkat SLTA atau Sekolah menengah atas. Coba dipikir terlebih dahulu. Apakah benar jurusan yang kamu pilih itu sudah cocok dengan bakat dan kemampuanmu? Apa benar kalau tkj diajarin ngehack? Disini saya akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan bagi kamu yang telah memilih jurusan TKJ sebagai masa depan kamu. Sebelum saya berbicara lebih lanjut mengenai apa itu TKJ serta kekurangan dan kelebihan jurusan ini. Mari kita untuk mengenal dulu jurusan yang katanya banyak diminati para ini.
 
Seluk beluk TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Seluk beluk TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. Dari namanya saja sudah kebayang-kan kamu bakalan mempelajari apa. Sudah pasti mengenai bab komputer dan segala tetek bengeknya. Saya sendiri, adalah seorang lulusan TKJ yang sekarang bekerja sebagai desainer grafis dan juga programmer. Lah kok bisa? Tentu saja.

Di SMK, lebih tepatnya semester awal. Kamu akan disuruh mempelajari semua materi yang ada dalam Program keahlian kamu. Kalau dikuliahan, program keahlian ini bisa diibaratkan “Fakultas”. TKJ adalah jurusan yang berada dalam naungan program keahlian Teknologi Informasi. Seperti program keahlian lainnya. Didalam Program keahlian TI ada banyak jurusan, beberapa diantaranya termasuk RPL dan juga Multimedia. Kamu akan mendapatkan pelajaran yang sama dengan jurusan lain yang se-program dengan kamu. Kamu bisa mempelajari desain grafis dan juga pemrograman.Disitulah saya menemukan bakat terpendam saya.

Lanjut, di pertengahan semester (kelas 2) kamu akan meninggalkan pelajaran - pelajaran yang kamu pelajari di kelas 10 yang tidak ada hubungannya dengan jurusanmu. Kamu tidak akan lagi belajar mengenai pemrograman dan juga desain grafis. Akan ada banyak pelajaran baru yang sesuai dengan jurusanmu. Dalam jurusan TKJ sendiri ada Beberapa diantaranya yang bisa saya sebutkan adalah “Administrasi Sistem Jaringan”, “Administrasi Infrastruktur Jaringan”, “Sistem Keamanan Jaringan”, dan lain lain. Pelajarannya berbeda - beda tergantung dimana sekolahmu nantinya. Namun konteksnya tetap sama, yaitu mempelajari tentang jaringan.

Pastikan kamu belajar sungguh - sungguh dipertengahan semester. Karena di kehidupan SMK, jika kamu telat belajar maka kamu akan tertinggal di semester akhir. Karena pada semester akhir pelajaran akan berkurang dan kamu akan semakin banyak praktik dan ujian kejuruan. Hal ini juga menentukan nasib kamu kedepannya dalam dunia kerja. Karena didunia kerja hanya orang - orang yang memiliki skill lah yang akan terjaring. Apalagi kalau kamu lulusan SMK. Susah! Tapi jangan berkecil hati dulu, kamu masih mending karena masuk SMK. Bagi anak SMA, masuk dunia kerja setelah lulus itu amat sangat berat! Maka dari itu, hampir semua lulusan SMA larinya ke jenjang perkuliahan.

Lalu, apakah jurusan TKJ bisa bersaing atau sulit didunia kerja? Jawabannya, tergantung pada dirimu sendiri. Karena pada dasarnya perusahaan hanya akan menerima orang yang bersungguh - sungguh dan memiliki skill yang sudah tertanam pada dirinya. Singkatnya, anak TKJ bisa bersaing didunia kerja. Banyak diluar sana, Anak TKJ yang mendapatkan pekerjaan yang match dengan jurusannya. Karena bisa dibilang jurusan TKJ itu lebih luas daripada jurusan TI yang lain yang ada di SMK. Kamu bisa mempelajari pemrograman, Desain, Logika, Hardware dan software.

Berikut adalah beberapa peluang kerja TKJ yang bisa kamu dapatkan

1. Teknisi Jaringan


Menjadi teknisi jaringan adalah hal yang lumrah bagi anak TKJ. Karena memang itulah yang dipelajari selama bersekolah di SMK. Pekerjaan dari teknisi jaringan sendiri bisa dibilang menantang. Minimal kamu pernah memanjat tiang internet yang tingginya lebih dari 10 meter.

2. Admin Server


Administrator Server adalah orang yang mengolah dan menjaga keamanan dari server. Baik itu fisik maupun non fisik. Sebagai seorang administrator server, kamu wajib menguasai dasar dasar infrastruktur jaringan yang kamu pelajari di jurusan TKJ.

3. Programmer


Programmer bisa dibilang pekerjaan yang hanya duduk - duduk saja tapi sangat melelahkan. Walaupun hanya duduk, kamu akan memeras logika-mu untuk membuat sebuah program yang cantik. Programmer adalah pekerjaan yang sedang naik daun ditahun ini dan yang akan datang. Persiapkan dirimu.

4. System analyst


System analyst adalah seorang yang membantu pekerjaan para programmer. Seorang system analyst harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan yang ada dalam program dan memberikan solusi kepada programmer yang kemudian menjadi acuan agar aplikasi atau program tersebut menjadi lebih baik

5. Desainer grafis


Pekerjaan yang satu ini membutuhkan daya kreatifitas yang tinggi. Seorang desainer harus mampu berpikir desain seperti apa yang dapat membuat pembaca tertarik untuk melihat desain tersebut

6. UI UX Designer


UI UX designer adalah pekerjaan yang hampir sama dengan desainer grafis. Bedanya, Jenis desainer ini lebih ke mendesain suatu tampilan aplikasi atau frontend atau bisa disebut juga dengan user interface (UI) yang kemudian mampu memberikan kemudahan dan pengalaman yang baik kepada user (UX).

7. Teknisi komputer


Menjadi teknisi komputer adalah pekerjaan yang bagus. Mengingat semakin banyak orang yang menggunakan PC di jaman sekarang. Makin banyak pula teknisi komputer diperlukan. Mulai dari instal Operating System sampai dengan memasang pasta baru didalam prosesor. Hal yang sangat biasa bagi teknisi komputer namun sangat sulit bagi mereka orang awam.


8. Data Entry


Pekerjaan seorang operator data entry adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional, misalnya input dan output sebuah sistem.

FAQ
Mengapa saya harus memilih jurusan TKJ?
Alasan memilih jurusan TKJ yaitu jurusan TKJ mendalami materi IT dengan luas. Selain itu, jurusan ini juga mencetak tenaga IT yang kompeten.


Apa saja mata pelajaran jurusan TKJ?
Banyak. Ada Administrasi sistem jaringan, Administrasi Infrastruktur jaringan, Pemrograman dasar, Desain grafis, dan masih banyak lagi.

Apa manfaat jurusan TKJ?
l  Peka Akan Perkembangan Teknologi.
l  Memahami Pemrosesan Informasi pada Komputer.
l  Mampu Menciptakan dan Mengembangkan Software.
l  Mampu Mengembangkan dan Menciptakan Hardware.
l  Banyaknya Lapangan Pekerjaan bagi Lulusan TKJ.
l  Dapat Membangun Sebuah Sistem.
l  Mampu Memperbaiki Perangkat Komputer.
l  Menjadi Jasa Konsultan IT.

Penutup


Nah itu dia teman teman, artikel mengenai seluk beluk jurusan yang bernama teknik komputer dan jaringan. Semoga teman - teman mendapatkan pencerahan mengenai jurusan ini. Terimakasih telah berkunjung

Leave a Reply to "Seluk beluk Teknik Komputer dan Jaringan"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel