Sejarah permainan bola voli beserta aturan mainnya lengkap

Sejarah permainan bola voli serta aturan mainnya yang perlu Anda ketahui termasuk ukuran lapangan standar yang digunakan. Dari sekian banyak jenis olahraga, bola voli merupakan salah satu yang cukup terkenal di Indonesia. Ya mungkin kepopuleran permainan bola voli tidak setenar seperti halnya sepak bola, akan tetapi olahraga ini cukup layak untuk dimainkan.
Sejarah permainan bola voli
Sejarah permainan bola voli

Permainan bola voli relatif lebih ringan dan memiliki kontak fisik yang lebih sedikit dibandingkan sepak bola. Ini sangat cocok terutama bagi mereka yang membutuhkan olahraga ringan dan tidak terlalu beresiko tinggi mengalami cedera.

Nah bagi anda pecinta olahraga voli pastinya ingin tahu lebih banyak mengenai permainan yang satu ini, salah satu informasi yang patut Anda ketahui adalah sejarah permainan bola voli itu sendiri. Tapi sebelum kita membahas lebih banyak seputar sejarah permainan bola voli sebaiknya kita kenalan terlebih dahulu dengan olahraga ini.

Sekilas mengenai permainan bola voli


Voli merupakan salah satu olahraga yang bisa dimainkan oleh 6 orang pada masing-masing tim. Jadi total pemain dalam permainan bola voli adalah 12. Meskipun secara umum permainan bola voli dimainkan oleh 6 orang dalam satu tim, terkadang ada juga jenis permainan voli mini yang hanya menggunakan 5 orang.

Selain itu, ada juga voli pantai yang hanya membutuhkan 2 orang dalam satu tim nya. Akan tetapi untuk permainan bola voli standar satu tim harus memiliki setidaknya 6 orang pemain dan paling sedikit 4 orang. Jika sebuah tim memiliki pemain kurang dari 4 maka tim tersebut akan dinyatakan kalah secara otomatis.

Untuk penskoran biasanya permainan bola voli standar menggunakan format dua kali kemenangan atau tiga kali kemenangan. Dengan satu set atau game nya terdiri dari 25 poin. Akan tetapi terkadang penambahan poin bisa saja dilakukan jika permainan imbang di angka 24-24. Dalam hal ini penambahan poin dilakukan hingga salah satu dari kedua tim bisa mengungguli lawannya lebih dari 2 poin.

Sejarah ditemukannya bola voli


Permainan bola voli awalnya ditemukan oleh William G Morgan yang merupakan seorang guru olahraga di Organisasi YMCA atau Young Mens Christian Association. Pada waktu itu William G Morgan berinisiatif untuk membuat sebuah olahraga yang bisa dimainkan oleh anggota YMCA yang kala itu sudah tidak muda lagi. Olahraga baru yang ditemukan oleh Morgan sebenarnya menggabungkan keempat unsur olahraga lainnya seperti permainan basket, bola tangan, tenis dan baseball.

Akhirnya William G Morgan membuat olahraga bola voli tersebut yang awalnya dinamakan mintonette. Apa yang dilakukan morgan sebenarnya terinspirasi dari James Naismith yang 4 tahun sebelumnya menemukan olahraga basket. James Naismith sebenarnya merupakan senior morgan di Young Mens Christian Association.

Awal ditemukannya dulu permainan bola voli bernama mintonette, setelah itu di tahun 1896 atau bertepatan dengan event pertama Internasional YMCA Training School permainan tersebut diganti menjadi volleyball. Pergantian nama ini bertujuan untuk lebih mengenalkan olahraga bola voli ke seluruh dunia karena nama mintonette dianggap kurang familiar.

Setelah permainan ini mulai dikenal dunia akhirnya dibuatlah Federasi bola voli dunia yang diberi nama FIVBA atau Federation International De Volleyball pada tahun 1947, dimana pada waktu itu yang menjabat sebagai ketua federasi voli dunia ini adalah Paul libaud yang merupakan seorang berkebangsaan Perancis.

William G Morgan menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 1942 dan dianggap sebagai Bapak penemu olahraga voli. Dia telah mendedikasikan hidupnya untuk olahraga dan telah mendapatkan banyak penghargaan seperti sebagai tamu Kehormatan di springville alumni dinner. Setelah kematiannya permainan bola voli semakin dikenal dunia dan hingga saat ini menjadi salah satu olahraga yang cukup terkenal dan banyak peminatnya.

Perkembangan permainan bola voli


Seiring berjalannya waktu, selain pergantian nama dari yang dulunya mintonette menjadi volleyball ada juga beberapa peraturan yang diubah dalam permainan bola voli . Salah satu diantaranya adalah diperkenalkannya teknik spike atau smash pada tahun 1916. Dengan dibuatnya peraturan serta teknik baru dalam permainan bola voli diharapkan bisa membuatnya lebih kompetitif dan enak untuk disaksikan.

Selain itu, di tahun 1920 juga diciptakan sebuah aturan yang mengharuskan sebuah tim maksimal hanya boleh menyentuh bola selama tiga kali. Dan jumlah poin dalam satu set yang dulunya hanya 15 sekarang menjadi 25.

Sejarah permainan bola voli di Indonesia


Sejarah bola voli berlanjut hingga masuk ke negara kita Indonesia tepatnya pada tahun 1928. Pada waktu itu permainan bola voli belum begitu dikenal dan masih dimainkan oleh beberapa kalangan tertentu saja khususnya para bangsawan Belanda.

Awalnya permainan bola voli sering dimainkan oleh para tentara di luar asrama mereka hingga permainan ini lama kelamaan mulai meluas dan dikenal oleh masyarakat. Setelah olahraga voli semakin populer di Indonesia akhirnya di tahun 1955 organisasi induk bola voli Indonesia dibuat dengan nama PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini dibentuk untuk menampung banyaknya klub-klub bola voli yang semakin bermunculan di Indonesia.

Seiring semakin meluasnya perkembangan voli di Indonesia maka permainan ini masuk ke salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON kedua yang diadakan di Jakarta Pada tahun 1951. Sejak saat itu permainan bola voli menjadi semakin menyebar ke seluruh Indonesia bahkan hingga hingga ke pelosok Desa.

Peraturan permainan bola voli


Bagi anda pecinta voli ada beberapa peraturan yang perlu Anda ketahui sebelum memainkan olahraga ini, diantaranya adalah:

• Jumlah pemain dalam satu tim permainan bola voli Standar adalah 6 dan paling sedikit 4.
• Permainan bola voli umumnya menggunakan format 3 kali kemenangan dan maksimal 5 set. Akan tetapi terkadang juga menerapkan format dua kali kemenangan dengan maksimal 3 set.
• Dalam satu set permainan bola voli terdiri dari 25 poin. Jadi permainan ini tidak menggunakan waktu sebagai penanda berakhirnya pertandingan.
• Seorang pemain voli hanya diperbolehkan memainkan bola 1 kali sebelum akhirnya mengoper kepada rekan satu tim.
• Sedangkan dalam satu tim hanya diperbolehkan memainkan bola selama maksimal 3 kali, itu artinya bola ketiga harus sudah diarahkan ke area lawan.
• Dalam permainan voli seorang pemain dilarang untuk menyentuh net entah itu disengaja ataupun tidak.
• Pemain voli juga dilarang menerobos area lawan entah itu saat melakukan blocking ataupun Smash.
• Servis dalam permainan bola voli harus dilakukan di belakang garis.
• Seorang pemain diperbolehkan menggunakan kaki atau kepala untuk menghalau bola akan tetapi tidak diperkenankan menendangnya.

Ukuran lapangan bola voli


Lapangan bola voli memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar 9 meter dan panjang 18 meter. Sedangkan untuk ukuran net permainan bola voli dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Ukuran net yang diperuntukkan bagi laki-laki memiliki tinggi 2,43 meter. Sedangkan ukuran net voli perempuan hanya 2,24 meter. Untuk lebar net baik laki-laki maupun perempuan memiliki ukuran yang sama.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai permainan bola voli mulai dari sejarah, aturan main, serta ukuran lapangannya yang mungkin masih belum Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply to "Sejarah permainan bola voli beserta aturan mainnya lengkap"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel