Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sakit Kepala dan Susah Buang Air Besar

Sakit kepala dan susah buang air besar adalah hal yang sangat mengganggu. Sakit kepala yang berkepanjangan adalah jenis sakit kepala yang kronis dimana dapat berlangsung hingga 15 hari dalam kurun waktu satu bulan. Hal tersebut dapat terjadi tiga bulan berturut-turut.
sakit kepala berujung susah BAB
sakit kepala berujung susah BAB

Sakit kepala dapat terjadi karena faktor pemicu penyakit lain maupun tidak. Gangguan pembuluh darah di otak serta infeksi atau peradangan dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat pada kepala Anda. Berbagai jenis sakit kepala lainnya, seperti migren kronis, hemicrania continua, dan lainnya juga dapat terjadi.

Sedangkan mengenai susah buang air besar adalah sebiah kondisi yang dapat menyerang siapa saja adari berbagai kalangan dan usia. Hal tersebut dapat terjadi bahkan dalam waktu yang lama hingga berhari hari dan dapat berakibat pada timbulnya penyakit yang lain.
Sakit kepala dan juga susah buang air besar dapat terjadi bersamaan atau bahkan saling mengalami keterkaitan. Bahaya tidak BAB seminggu bisa berdampak pada timbulnya sakit kepala. Untuk terhindar dari kedua hal tersebut Anda harus menerapkan gaya hidup yang sehat.

Sakit Kepala dan Susah Buang Air Besar Menjadi Pemicu TTH

Susah buang air besar atau disebut juga dengan konstipasi adalah sebuah kondisi di mana rutinitas buang air besar terhambat tidak seperti normalnya. Hal ini menyebabkan feses yang keluar menjadi kering dan mengeras. Kondisi ini dapat menjadi parah dan bahkan menimbulkan ambeien.
Konstipasi dapat dialami oleh semua orang akibat gerakan memompa yang dilakukan usus yang disebut dengan gerakan peristaltik yang lambat atau berbagai sebab yang lain. Penyebab yang paling umum adalah kurang minum, makanan yang kurang berserat, dan kurang olahraga.
Mengenai sakit kepala, terdapat banyak kondisi yang dapat terjadi. Selain susah BAB, banyak hal yang bisa memicu sakit kepala. Rasa sakit kepala seperti terbebani oleh benda berat, kondisi ini adalah gejala TTH atau tension type headache (sakit kepala tipe tension).

kondisi ini menyebabkan rasa kaku dan sakit di area leher. Bahkan rasa sakit bisa sampai ke mata dan otot serta punggung. TTH dapat terjadi karena banyak faktor. Stress dapat memicu timbulnya sakit kepala pada siang atau sore hari selepas Anda bekerja atau gangguan tidur.

Waktu makan yang tidak teratur serta kesalahan posisi tubuh saat bekerja, kelelahan mata, juga bisa menyebabkan sakit kepala dan susah buang air besar. TTH dapat ditangani dengan cara memijat leher bagian belakang dan meminum obat untuk menghilangkan sakit jika sudah tidak bisa tertahan.
Meskipun mengonsumsi obat, tidak menjamin Anda bisa semuh dari TTH sebelum Anda menghentikan kebiasaan yang memicu TTH. Sebesar 50% penyakit TTH dapat dipicu oleh kelaparan dan juga stress. Dengan menghindari faktor penyebab TTH pada diri Anda sendiri dapat membantu untuk sembuh.

Sakit Kepala dan Susah Buang Air Besar Terjadi Secara Bersamaan

Konstipasi atau sulit buang air besar dapat terjadi dalam waktu yang bersamaan. Sulit buang air besar dapat menjadikan seseorang mengalami migrain. Meskipun dari segi medis menyebutkan bahwa tidak bisa BAB bukanlah penyebab migrain, namun tidak dapat buang air besar dapat menjadikan stress dan akhirnya migrain.

Karena stress, tubuh membuat produksi hormon yang lebih banyak dan hormon tersebut adalah hormon pemicu timbulnya sakit kepala. Konstipasi dapat menyebabkan Anda mengurangi porsi makan atau makan jadi tidak teratur dan akibatnya Anda kekurangan gula atau hippoglikemi sehingga Anda menjadi sakit kepala.

Saat sulit BAB otomatis Anda akan mengejan lebih kuat dari biasanya dan menyebabkan sakit kepala. Bila Anda memiliki aneurisma pecah akan timbul pendarahan otak. Kemudian sakit kepala dan susah buang air besar bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Obat susah BAB tertentu yang digunakan juga bisa mengakibatkan rasa sakit kepala. Kondisi sakit kepala yang terjadi karena sulit BAB dapat menyebabkan dampak lebih lanjut jika tidak dilakukan penanganan. Penanganan mandiri dapat dilakukan secara sederhana dengan konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan tidak stress.

Apabila berbagai upaya yang Anda lakukan tetap tidak membuahkan hasil, Anda dapat melakukan penanganan lanjut dengan periksa ke dokter agar dapat diputuskan pengobatan yang harus dilakukan jika penyakit Sakit Kepala dan Susah Buang Air Besar Anda semakin kronis.

Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Sakit Kepala dan Susah Buang Air Besar"