Pakan (makanan) terbaik untuk kelinci kesayangan


Sering kali makanan atau pakan yang diberikan kepada kelinci hanya berupa hijauan seperti rumput atau sayur sayuran saja, padahal hal makanan kelinci tersebut kurang tepat kerana kelinci kurang mendapatkan nutrisi pakan yang terbaik. kelinci masih membutuhkan biji bijian, umbi umbin dan konsentrat atau penguat yang sesuai dengan kebutuhannya. dihabitat aslinya kelinci hanya memakan yang bersumber dari alam seperti biji-bijian, rumput-rumputan, dan daun-daunan .
kebutuhan pakan makanan kelinci
kebutuhan pakan makanan kelinci

Kelinci yang dipelihara manusia tentunya berbeda dengan kelinci liar. Kelinci liar memenuhi kebutuhan dari alam saja sedangkan kelinci yang dipelihara manusia diatur sepenuhnya oleh manusia.  umumnya tujuan pelihara kelinci adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti kelinci hias, kelinci penghasil kulit atau bulu, kelinci untuk labolatorium ataupun kelinci pedaging.
makanan kelinci terbaik
makanan kelinci

Tentuya masing masing tujuan pemeliharaan kelinci agar mendapatkan hasil yang bagus faktor pakannya harus diperhatikan komposisi pakan.kerananya paka kelinci  harus mengandung zat-zat makanan seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral,dan vitamin.

Secara umum kelinci adalah hewan herbivora yang memerlukan serat kasar dalam jumlah banyak, tetapi perlu diperhatikan bahwa kelinci termasuk hewan herbivoran yang tidak dapat mencerna serat kasar secara baik kerana kelinci tidak memiliki perut rumen seperti sapi atau kambing. Kelinci agar bias mencerna serat kasar melakukan cocopagri.

Berikut adalah makanan kelinci yang terbaik:

Hijaun


Pakan hijauan adalah pakan utama bagi kelinci. Pakan untuk kelinci kodratnya adalah yang telah disediakan alam yang berupa hijauan. Tetapi seperti yang dijelaskan diawal kelinci adalah hewan herbivoran yang tidak dapat mencerna serat kasar secara baik, sehingga sebisa mungkin menghindari hijauan yang kandungan serat kasarnya sangat tinggi contohnya rumput rumputan berbulu seperti alang alang, rumput gajah yang suda tua dll. 
makanan hijauan pakan terbaik untuk kelinci
makanan hijauan pakan terbaik untuk kelinci
Pakan hijauan yang sebaiknya diberikan yang kandungan serat kasarnya rendah seperti  rumput lapangan, rumput odot, daun papaya, daun kacang panjang, daun pisang, daun lamtoro, daun turi, daun kembang sepatu, daun ubi jalar, daun kakung, daun kacang tanah dll.

Biji bijian


Pakan ternak kelinci selai hijauan dapat berupa biji bijian. Pakan kelinci yang berupa biji bijian dapat berupa jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau dll.
biji bijian untuk pakan kelinci
biji bijian untuk pakan kelinci

 Pakan biji-bijian mengandung protein yang tinggi yang dibutuhkan kelinci.

Umbi umbian


Selain hijauan dan biji bijian pakan yang dapat diberikan kepada kelinci adalah umbi umbian. Umbi umban merupakan salah satu antenatif pakan yang dapat diberikan kepada kelinci. Contoh pakan umbi umbian adalah ubi jalar, talas, singkong, atau umbi umbian lain.

Pakan fermentasi


Secara definisi Fermentasi itu adalah sebuah proses biokimia yang merubah bahan organik menjadi bentuk yg lebih sederhana.
pakan fermentasi kelinci
pakan fermentasi kelinci

Di dalam dunia peternakan fermentasi pakan pada awalnya ditujukan sebagai bagian dari TEHNIK pengawetan pakan agar dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Ada beberapa tehnik pengawetan pakan tapi pada umumnya yg dikenal adalah :

- Hay,


Teknik Hay yaitu pengeringan (dijeramikan),   biasanya digunakan untuk hijauan pakan atau rumput yang mempunyai kadar air yang tinggi. Dengan hijauan dikeringkan atau dibuat hay maka hijauan rumput akan tahan lebih lama disimpan.
pakan hay kelinci
pakan hay kelinci

Rumput yang bagus dijadikan Hay di antaranya rumput gajah, daun duri, rumput lapangan, pucuk tebu, batang jagung, dan daun kacang-kacangan dll

 - Silase,


yaitu pengawetan hijauan dengan bantuan mikroorganisme fermentasi.  Silase adalah proses pengawetan hijauan pakan segar dalam kondisi anaerob(tanpa oksigen) dengan pembentukan atau penambahan asam. Asam yang terbentuk yaitu asama sam organik antara lain laktat, asetat, dan butirat sebagai hasil fermentasi karbohidrat terlarut oleh bakteri sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan derajat keasaman (pH).
silase pakan kelinci
silase pakan kelinci

 Turunnya nilai pH, maka pertumbuhan mikroorganisme pembusuk akan terhambat.  hijauan yang cocok dibuat silase adalah rumput, tanaman tebu, tongkol gandum, tongkol jagung, pucuk tebu, batang nenas, dan jerami padi;

konsentrat


Pakan konsentrat adalah pakan  penguat  yang berfungsi meningkatkan nilai gizi  dari pakan pokok kelinci yang berupa hijauan. Konsentrat khusus kelinci sebaiknya dibuat dalam bentuk curah karena kelinci tidak memiliki gigi geraham sebagai pengunyah,jadi ketika kelinci diberi pakan berbentuk pellet kelinci harus mencacah pellet terlebih dahulu kemudian setelah hancur baru memakannya.
pakan konsentrat kelinci
pakan konsentrat kelinci


Pakan konsentrat ini terdiri dari pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, atau bungkil kacang tanah. Jika nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, pakan hijauan tidak perlu lagi diberikan.







Leave a Reply to "Pakan (makanan) terbaik untuk kelinci kesayangan"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel