Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cantiknya bunga senggani Melastoma candidum

Keragaman hayati merupakan salah satu kekayaan alam negeri ini yang patut kita syukuri. salah satu keragaman hayati adalah tanaman bunga Melastoma candidum atau biasa disebut bunga senggani.
bunga senggani Melastoma candidum warna ungu
bunga senggani Melastoma candidum warna ungu

Bermacam flora yang menyebar luas dibumi nusantara dengan segudang manfaat adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan bagi kita.

Sahabat semuanya,
Saat anda melihat foto tersebut, saya yakin sebagian besar sahabat ternak khususnya yang berdiam di pedesaan sudah mengenal bahkan sangat akrab dengan flora ini.
cantiknya bunga Melastoma candidum
bunga Melastoma candidum

Beragam manfaat yang sudah dikenal sejak jaman dulu mengiringi keberadaannya.
Bahkan saat dia hanya dianggap sebagai gulma diperkebunan tanaman industri dan pangan, hingga harus dibasmi dan dimusnahkan.
Namun keikhlasannya untuk memberi sejuta manfaat kesehatan bagi manusia dan ternak selalu lestari hingga kini.

Ya, anda benar. Dialah senggani atau sengganen yang didaerah lain juga dikenal dengan nama harendong.

Tanaman yang bernama ilmiah Melastoma candidum ini dikenal sebagai tanaman perdu atau semak rendah yang hidup bergerombol, membentuk koloni, memiliki batang berkayu yang cenderung keras, berbunga ungu dan berbuah ungu pula.
buah bunga  senggani Melastoma candidum
buah bunga  senggani Melastoma candidum

Dari berbagai macam khasiat yang dimilikinya untuk manusia dan ternak, melalui tulisan ini akan sy uraikan tentang tiga khasiat utama berdasarkan zat yang terkandung pada daun dan bunganya.

1. Flavonoida

Senyawa utama yang terdapat pada daun senggani ini adalah zat analgetik yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan untuk meredakan nyeri dan menghambat pendarahan.
Khusus untuk keadaan pendarahan pada rahim, hal tersebut sangat berfungsi dan memiliki efek penyembuhan serta antibakteri sehingga sangat cocok digunakan sebagai therapy penyembuhan.

2. Saponin

Senyawa satu ini adalah antiseptic alami yang bisa digunakan untuk mensterilkan luka maupun keadaan dimana jaringan tubuh mengalami perlukaan baik luar maupun dalam. Khasiatnya untuk bereaksi cepat mengeringkan luka dan membunuh bakteri / kuman penyebab penyakit menjadikannya sangat penting.

3. Tanin 

Senyawa yang berfungsi untuk menutupi pori pori kulit ini juga sangat baik untuk memperbaiki serta menyembuhkan gejala penyakit yang berkaitan dengan kulit.

Beberapa cara pemanfaatan senggani sebagai herbal yang sudah dilakukan masyarakat misalnya dengan memanfaatkan daun, bunga serta buah dengan cara direbus dan meminum atau menggunakan ekstraknya untuk mengatasi penyakit tertentu.

Dewasa ini, beberapa home industri juga telah mengolah daun senggani sebagai bahan baku pembuatan teh senggani atau ekstrak daun senggani untuk tujuan komersil.
Sementara para peternak di pedesaan sudah sejak lama memanfattkan daun senggani sebagai campuran atau tambahan pakan untuk ternak kambing dikarenakan ternak juga sangat menyukainya, khususnya bagian tanaman saat masih muda.

Bisa saja kelak dikemudian hari tanaman senggani bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku pembuatan pakan ternak yang selain memiliki nutrisi juga berfungsi sebagai herbal dalam menjaga kesehatan ternak.

Nah sahabat ternak, ternyata banyak ya tanaman yang ada di sekeliling kita sebenarnya belum termanfaatkan secara maksimal.
Adalah tugas kita untuk melestarikannya dan mencari tahu apa keistimewaan tanaman tanaman tersebut.
Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Cantiknya bunga senggani Melastoma candidum"