Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fenomena komentar “login” di facebook Sulfikar Hartono


Halo kawan semuanya kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang  banyaknya  komentar komentar  “login”  di facebook Sulfikar Hartono. Fenomena ini menurut saya cukup menarik untuk dibahas heheheh.
“login” di facebook Sulfikar Hartono
 “login” di facebook Sulfikar Hartono 

Siapa Sulfikar Hartono?

Sulfikar Hartono bias dibilang seorang remaja tanggung yang hobi fotografi sekaligus balapan. Ini terbukti  dari status Facebooknya yang kebanyakan tentang motor bahkan ada sempat yang promosi soal fotografi.
Sulfikar Hartono juga seorang anak meme dan shitpost facebook.

Apa yang membuatnya Sulfikar Hartono terkenal?

Yang membuat sulfikar terkenal tentu kejadian naas yang menimpanya saat malam takbiran 2018, serta status facebook sebelum kematiannya.
status terakhir sulfikar takbiran ya balapan
status terakhir sulfikar takbiran ya balapan

Kronologi kejadian

Kronologi kejadian tabrakan naas sulfikar kurang lebih sebagai berikut :

dari arah Selatan Kawasaki Ninja yang ditunggangi oleh Ramli sedang melaju, sedangkan  dari arah berlawan sulfikar mengendarai motor andalannya dengan kencang, saat kejadian tidak menyalakan lampu utama dari arah berlawanan, sehingga tabrakan berujung maut tersebut tak terhindarkan.
Ini yang lucu, Sulfikar  sebelum balapan,  sempat menulis status “takbiran ya balapan,” di akun Facebooknya, beberapa jam jelang kecelakaan.
FB Sulfikar
FB Sulfikar

Nah status inilah yang dibanjiri komentar  oleh nitizen  yang menghujat ‘mensyukuri’ kematian Sulfikar. Hampir setiap saat ada saja yang komentar saja menghujatnya.
 lambat laun komentar yang menghujat berubah menjadi “login” . istilah “login”  di status Sulfikar Hartono  “takbiran ya balapan,” menggambarkan nitizen yang ingin absen meramaikan  postingan  tersebut.

jadi singkatnya Arti komen "login" di facebook yaitu untuk absen, hadir, atau ikut meramaikan.  Kata "login" ini dapat berarti absen, hadir, gabung, atau masuk. Dalam konteks bahasa gaul lebih cocok diartikan menjadi absen, sedangkan dalam pengartian umum adalah masuk.

Kata Login ini dimaksudkan untuk "absen" pada sebuah postingan yang mencuri perhatian, semakin banyak komentar tentu dianggap makin ramai. kebanyakanyang komentar login adalah anak anak  member grup shitpost meme di Facebook.

Postingan Sulfikar Hartono takbiran ya balapan menghilang dihapus facebook.

Rupanya Postingan gambar motor dengan keterangan “takbiran ya balapan,” ternyata  tidak disukai oleh pihak facebook mark zuckerberg.
mark zuckerberg menghapus postingan motor sulfikar takbiran ya balapan
mark zuckerberg menghapus postingan motor sulfikar
Pihak mark facebook menghapus postingan motor tersebut  mungkin kerana spam dibanjiri komentar login, dan dugaan saya kerana takut popilaritas mark tersaingi dalam jumlah komentar. Postingan takbiran ya balapan hampir tembus 1 juta komentar selama beberapa tahun, sayangnya saya tidak punya hasil screnshort terbarunya sebelum terhapus.

Postingan motor yang hilang ternyata membuat nitizen kecewa dan banyak berkomentar motornya hilang ?
nitizen kecewa kerana postingan motor sulfikar menghilang
nitizen kecewa


 nitizenpun tak kehabisan akal dengan berpindah komentar di postingan yang lain atau istilah mereka “pindah server”.



pindah server

pindah komentar "login" ke server baru

saat jumlah komentar mencapai sekitar  200.000-300.000 komentar secara tak diduga postingan dengan caption "Takbiran Ya Balapan" secara tiba tiba dihapus oleh pihak facebook.
postingan motor sulfikar dihapus facebook
postingan motor sulfikar dihapus facebook

postingan motor sulfikar dihapus Mark Zuckerberg
postingan motor sulfikar dihapus Mark Zuckerberg
merekapun kebingungan kerana menghilang dan tidak bisa lagi menuliskan kebiasaan mereka komen login.  postingan dengan caption "Takbiran Ya Balapan"mereka anggap sebagai server.
postingan login Takbiran Ya Balapan menhilang
postingan login Takbiran Ya Balapan menhilang
ada istilah tak ada rotan akarpun jadi, mereka mencari anternatif lain, mencari target posting yang potensial untuk dikomentar. pilihan pun jatuh ke postingan pak presiden kita bapak jokowi. 
postingan facebook jokowi dirumah saja tahun 2017
postingan facebook jokowi dirumah saja tahun 2017

Mereka memilih postingan Presiden Jokowi sebagai salah satu target login baru terutama kerana di postingan foto beliau tahun 2017 tertulis caption bertuliskan "di rumah saja" yang cocok dengan keadaan saat ini sedang lock down, atau isolasi diri yang sama sama terkenal dengan jargon "dirumah saja"

keunikan atau kebetulan jargon "di rumah saja" tentu membuat daya tarik agar postingan ramai dan ter up atau naik dan viral. 

kembali komentar "login" ke server sulfikar

sempat menghilang postingan dengan caption "Takbiran Ya Balapan" kerana dihapus pihak Mark Zuckerberg facebook, secara mengejutkan postingan kembali lagi muncul di facebook.  anak anak shitpost meme yang tadinya "login" di "server jokowi' tentu senang. 
postingan login motor kembali lagi
postingan login motor kembali lagi

tak lama setelah postingan dengan caption "Takbiran Ya Balapan"  muncul kembali anak anak shitpost meme makin agresif dengan kembali share ke berbagai grup. hasilnya luar biasa. postingan yang awalnya hanya 200.000-300.000 komen tiba tiba melonjak dan sekarang jumlah komenya sudah mencapai 1 juta komentar lebih. 
postingan motor login sulfikar terbaru
postingan motor login sulfikar terbaru
jumlah 1 juta komentar ini tentu sudah mengalahkan jumlah komentar Mark Zuckerberg, seperti yang di inginkan anak anak shitpost meme.

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan Sulfikar Hartono tenang dialam sana. Terimakasih.

Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Fenomena komentar “login” di facebook Sulfikar Hartono "