Cara Memilih Drone Terbaik untuk Bisnis Pertanian

Salah satu hal yang paling banyak ditanyakan ketika hendak membeli drone adalah "merk drone apa yang terbaik?" atau "tipe drone apa yang terbaik?".
drone pertanian terbaik
drone pertanian terbaik

Begitu juga dalam memilih drone untuk pertanian. Memang begitulah sifat alamiah konsumen yang menginginkan produk terbaik meskipun dengan pengorbanan yang minimum. Konsumen perlu tau drone tipe apa yang terbaik untuk bisnisnya agar target yang ia canangkan dapat berhasil dicapai. Btw, kita tidak membahas drone yang biasa digunakan untuk photopgraphy melainkan drone khusus untuk lahan pertanian. Ya, selamat datang di dunia pertanian presisi dengan segala kecanggihan teknologinya. Di dunia kamu akan disuguhkan dengan Alat-Alat Pertanian Tercanggih di Dunia.

Nah, bagi kamu yang masih awam terkait dengan dunia yang masih baru ini. Tenang, kami akan memberikan tips pertimbangan-pertimbangan terbaik agar kamu bisa memilih drone terbaik untuk bisnis pertanian.

Kali ini kita akan membahasnya dalam format tanya jawab seputar Cara Memilih Drone Terbaik untuk Bisnis Pertanianmu, mau tau? langsung aja check it out...

#1 Apakah kamu memang benar-benar membutuhkan Dron untuk bisnis pertanianmu?

Kamu mungkin berpikir untuk menggunakan drone tersebut untuk mensurvei lahan pertanian atau melacak ternak. Namun sebelum memutuskan bahwa membeli drone adalah solusi terbaik, pertimbangkan pula teknologi lain yang tersedia. Kamu akan menemukan bahwa beberapa apsek pertanian memiliki beberapa aplikasi gratis yang inovatif dan bermanfaat untuk dipasang pada perangkat keras dronemu. kamu juga mungkin menemukan bahwa aplikasi yang ingin  diinstal mahal dan ini mungkin membuat teknologi lainnya lebih cocok.

Baca juga Bisnis Hidroponik di Perkotaan dan Segmen Pasarnya

2# Mempersempit Pilihan Drone

Berikut beberapa faktor yang dapat menseleksi dronemu, antara lain:

Kualitas Kamera

Beberapa petani sama sekali tidak peduli dengan kualitas kamera, alih-alih mengandalkan peta sensor dan data yang dipancarkan kembali ke tanah. Bagi para petani presisi ini, kualitas kamera tidak ada artinya.

Portabilitas vs Visibilitas

Ini rumit karena portabilitas (seberapa mudah memindahkan drone) penting bagi banyak bisnis pertanian. Namun itu perlu diimbangi dengan visibilitas karena sebagian besar otoritas penerbangan hanya akan mengizinkan kamu menerbangkan drone dalam jangkauan visimu (meskipun drone otonom memiliki peraturan yang berbeda).
Kamu harus mempertimbangkan ukuran dan berat drone dan betapa mudahnya untuk mengangkut ke lokasi di peternakanmu di mana diperlukan agar tidak dapat melihatnya dalam penerbangan, terutama jika kamu menggunakan drone untuk mensurvei besar area tanah.
Luangkan waktu untuk mempertimbangkan kepraktisan mengangkut drone di sekitar serta kebutuhan untuk dilihat saat dalam penerbangan.

Harga

Harga mungkin akan menjadi faktor penentu paling utama bagi mereka yang price sensitive.  Ingat, murah tidak selamanya lebih baik terutama di dunia drone, kecuali kamu membutuhkannya hanya untuk fungsi yang sangat sederhana.
Kamu harus jeli melihat fungsi dan spesifikaasi yang ditawarkan setiap drone pada harga tertentu. Tentunya kamu juga harus membuat rencana anggaran terlebih dahulu yang kemudian bisa menjadi dasar dirimu dalam bertindak.

Ketahanan Cuaca

Faktor terakhir yang juga tidak kalah penting adalah ketahanan cuaca. Perlu juga kamu ketahui seberapa kuat drone ketika ia terbang di atas angin. Saat menggunakan drone untuk tujuan pertanian presisi, sering kali ada waktu di mana kamu memiliki penerbangan drone terjadwal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Ini berarti akan ada saat-saat ketika kamu mengirimkan drone dalam kondisi cuaca buruk.

Baca juga Manfaatkan Lahan Sempitmu Dengan Menanam 5 Tanaman Sayur Ini
Pertimbangkan lokasimu saat memutuskan seberapa fokus faktor ketahanan cuaca perlu kamu tekankan. Apakah kamu tinggal di lembah? Apakah kamu dekat dengan pantai dan terkena angin pantai dan curah hujan? Setelah kamu memikirkan jenis cuaca yang khas di peternakan mu, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang seberapa tahan drone yang harus kamu beli.

# 3 Pilih Dronemu

Setelah memempersempit pilihan yang bisa kamu pilih, kini saatnya menentukan Drone yang akan kamu bawa pulang. Nah, ini dia fitur yang harus kamu pertimbangkan.

Kualitas kamera

Yap, ini sudah disebutkan di tahap kedua namun kita akan sedikit membahasnya lebih dalam disini. Banyak drone memiliki kamera yang layak yang cocok untuk tujuan ketika itu untuk pertanian presisi.
Kamera spek tinggi pada drone memerlukan tingkat keahlian untuk mengambil bidikan udara dengan baik sehingga jangan buru-buru membeli kamera drone terbaik. Juga, banyak drone yang lebih besar dan lebih mahal memiliki kamera yang sama dilengkapi dengan bagian-bagian lainnya  yang lebih kecil dan lebih murah.
Bagi sebagian besar petani yang membutuhkan teknologi foto, jarak tengah kamera sudah cukup. Jika kamu memiliki keahlian dan pengetahuan untuk memanfaatkan kamera spec yang lebih tinggi, maka tentu saja bisa membelinya. Namun, jangan berharap kamera melakukan pekerjaan untukmu jika kamu tidak memiliki pengetahuan akan hal tersebut.

Sensor Tambahan

Fungsi Kamera / Sensor Tambahan
Ini adalah faktor yang sangat besar untuk dipertimbangkan ketika memilih dronemu untuk pertanian presisi. Mampu menyesuaikan, menambah sensor, aplikasi dan kamera sangat penting jika kamu ingin berinvestasi. Dengan kata lain, bisa menambahkan barang saat kamu mampu membeli lebih banyak barang.
Pertanian presisi sudah menggunakan banyak teknologi sensor dan teknologi kamera dengan banyak fungsi. Ini juga berkembang dari hari ke hari dengan fungsionalitas baru yang dikembangkan untuk drone sepanjang waktu.

Bisakah drone mengangkut beban berat/tambahan?

Pertanian presisi menggunakan drone kadang-kadang memungkinkan atau membutuhkan penggunaan muatan udara seperti pupuk atau semprotan. Jika dronemu dapat membawa tambahan berat, itu bisa menjadi fitur yang sangat berguna.

Penyemprotan dari atas memberikan lebih banyak cakupan dan menggunakan drone dapat memberikan semprotan selimut yang tepat. Periksa untuk melihat berapa berat drone yang dapat Anda bawa serta bagaimana bobot itu melekat pada drone. Beberapa drone tidak memiliki bobot yang benar untuk digunakan sebagai drone semprotan. Drone yang digunakan untuk penyemprotan harus selalu mampu membawa sebagian besar berat di bawahnya saat terbang.

Leave a Reply to "Cara Memilih Drone Terbaik untuk Bisnis Pertanian"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel