cara membuat garukan kucing (cat scratching post) untuk kucing

Menggaruk merupakan perilaku alamiah kucing. Kucing menggaruk bukan hanya untuk mengasah kukunya. Ternyata, perilaku ini juga dilakukan kucing untuk menandai wilayah kekuasaannya. pada postingan ini saya akan membagikan tips membuat garukan kucing mudah dan sederhana.
membuat garukan kucing sederhana
membuat garukan kucing sederhana


Garukan kucing

Garukan kucing (cat scratching post atau biasa juga disebut cat tree) merupakan salah satu perlengkapan untuk hewan peliharaan. Perlengkapan ini biasanya terbuat dari kayu dan dilapisi bahan kasar. Pemilik kucing indoor menyediakan cat scratching post agar kucing tidak menggaruk di sembarang tempat.
Garukan kucing
Garukan kucing

Kucing memiliki kelenjar bau di bawah kaki mereka. “Daerah” sekitar garukan tersebut, ditandai sebagai miliknya dan kucing-kucing lain tidak bisa “menguasai”.

 mungkin pernah lihat kucing-kucing di alam menggaruk garukkan cakarnya ke pohon. Lalu, bagaimana dengan kucing peliharaan? Walaupun sudah jadi kucing indoor (dipelihara di dalam rumah), “keinginan” untuk menggaruk tersebut tidak akan hilang. Spot yang biasa jadi “sasaran” si meong untuk mengasah kuku adalah sofa, karpet, dan keset. Gak mau, dong, hal ini terjadi di rumah catlovers? Sebagai pecinta kucing, tentu catlovers ingin memberikan yang terbaik untuk meong kita. Oleh karena itu, agar si meong tetap bisa menggaruk dan rumah kita tetap aman, sediakanlah garukan kucing di rumah.
kucing sedang menggaruk garuk
kucing sedang menggaruk garuk

Cat scratching post sangat dibutuhkan bagi catlover yang memiliki kucing indoor. Saat ini, garukan kucing bisa diperoleh di toko-toko perlengkapan hewan, baik offline maupun online. Variasi garukan yang ditawarkan pun beraneka ragam. Harga yang dibandrol untuk garukan kucing ini pun sangat variatif, antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Wah, mahal, ya?

Tapi Tenang, kita bisa membuat garukan kucing (cat scratching post) sendiri dirumah.

cara membuat garukan kucing sederhana

Alat dan bahan membuat garukan mainan kucing:

  1. Satu buah kayu berukuran panjang minimal 70 cm. 
  2. Dua buah kayu berukuran panjang 30 cm. 
  3. Papan kayu berukuran 30 cm x 30 cm.
  4. Bahan sisal untuk melapisi kayu. 
  5. Tambang plastik. 
  6. Lem atau paku kayu. 
  7. Palu dan gunting
tutorial membuat garukan kucing
tutorial membuat garukan kucing

Cara Membuat garukan kucing sederhana:

  • Lapisi semua kayu dan papan dengan bahan sisal. Catlovers bisa menempelnya dengan lem kayu atau dengan paku. Apabila menggunakan paku, pastikan tidak ada sisa-sisa paku yang menonjol dan membahayakan kucing. 
  • Tempel dua buah kayu berukuran panjang 30 cm ke papan. Bagian ini akan menjadi alas garukan.
  • Tempelkan kayu berukuran 70 cm ke alas garukan.
  • Untuk variasi, catlovers bisa melilitkan tambang di ujung kayu. Pastikan tambang terlilit dengan rapat.
  • Biarkan ada sedikit tambang yang menjuntai. Bagian ini nantinya bisa dijadikan gantungan untuk mainan kucing.

poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih garukan kucing.

Ketinggian (height)
 Garukan kucing sebaiknya memiliki tinggi yang cukup sehingga pada saat menggaruk, si meong bisa sekalian stretching (peregangan) sehingga baik untuk otot-otot kucing. Untuk itu, tinggi minimal cat scratching post yang baik kurang lebih 70 cm.

Kekokohan (strudiness)
 Sudah pasti kekokohan garukan kucing sangat penting. Tentu catlovers tak ingin ‘kan garukan tersebut roboh dan menimpa si pus pada saat menggaruk? Semakin tinggi garukan, harus semakin kokoh.

Bisa sobek saat digaruk (shredding)
 Kucing senang garukan dengan bahan yang bisa sobek saat digaruk. Hal ini karena di alam, pada saat kucing menggaruk di pohon, inilah yang diperoleh. Bisa menyobek garukan merupakan sebuah kepuasan bagi kucing. Hal ini sama halnya dengan kepuasan yang diperoleh kucing pada saat menyobek-nyobek kertas atau tisu toilet.

Material untuk lapisan cat scratching post yang baik digunakan adalah sisal.
 Material ini berasal dari tanaman perdu. Sisal biasanya dijadikan tambang sebelum adanya tambang plastik seperti sekarang. Garukan dengan bahan sisal (sisal fabric) atau tambang sisal (sisal rope) sangat sesuai dengan kebutuhan kucing karena kuat, nyaman untuk kucing, dan bisa sobek saat digaruk.

Memiliki dua permukanan garukan (permukaan vertikal dan horizontal)
 Hal ini bertujuan agar kucing bisa menggaruk, baik secara vertikal maupun horizontal. Hindari garukan berbahan sama seperti karpet Hal ini penting karena di rumah catlovers tentu ada karpet ‘kan? Apabila garukan kucing ini berbahan seperti karpet yang ada di rumah, tentu si pus akan berpikir bahwa bahan seperti itu boleh digaruk. Bisa saja nantinya kucing akan menggaruk karpet di rumah.

Cegah Kejenuhan pada Kucing
 Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah peletakan garukan kucing di rumah. Hal ini untuk mencegah kebosanan pada kucing. Oleh karena itu, apabila memungkinkan, catlovers bisa meletakan beberapa garukan di tempat berbeda. Letak yang berbeda-beda ini bisa membuat kucing “sibuk mencari” sebelum menggunakannya. Taukah catlovers? Saat “mencari” ini juga merupakan saat yang “menyenangkan” bagi si meong. Menyediakan cat sratching post dengan variasi juga bisa memberikan kesenangan pada kucing indoor. Misalnya, garukan dengan variasi tempat bertengger. Tempat bertengger ini juga bias menjadi hiburan bagi si pus.
contoh model garukan cat condo
contoh model garukan cat condo

 Garukan dengan variasi seperti ini biasa disebut sebagai cat condo.


Leave a Reply to "cara membuat garukan kucing (cat scratching post) untuk kucing"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel