teori Warna tortie pada kucing jantan

Warna tortie

Tortie adalah kependekan dari tortoiseshell atau campuran dari 2 warna solid red dan black dengan batas-batas yang campur aduk atau tidak jelas.Warna tortie pada kucing adalah salah satu varian warna yang ada pada kucing dan menjadi salah satu warna favorit catlovers. Catlovers pernah mendengar kata “tortie” pada kucing?? Jika belum tahu, mari kita coba kaji lebih dalam.

 Warna tortie pada kucing
 Warna tortie pada kucing

Teori Warna tortie pada kucing jantan

Warna tortie pada kucing jantan
 Warna tortie pada kucing
mengapa jarang ada kucing Warna tortie pada kucing jantan?  Lebih jauh lagi, hampir semua kucing Persia dengan warna tortie adalah betina. Baru tahu bukan? Berikut ini teori ilmiah Warna tortie pada kucing jantan
kucing warna Warna tortie 

Teori ilmiah Warna tortie pada kucing,  kucing jantan memiliki kromosom XY sedangkan kucing Betina dengan kromosom XX.  Berdasarkan penelitian, warna red dan black (Warna tortie)  yang mendominasi warna tortie terikat dengan kromosom X. Dengan demikian, warna tersebut hanya akan muncul bersamaan pada kucing betina (XX).inilah alasan mengapa kucing Warna tortie kebanyakan betina.
teori pembentukan Warna tortie pada kucing
teori pembentukan Warna tortie pada kucing

 Jika ada kucing jantan yang memiliki warna tortie, kucing tersebut mengalami kelebihan kromosom (XXY) atau bisa juga disebut kucing “banci” karena normalnya hanya XX atau XY. Bisa juga, jika ditemui jantan yang memiliki warna ini kemungkinan steril.
teori kucing jantan Warna tortie steril
kucing jantan Warna tortie steril

Warna merah/orange pada kucing disebabkan oleh gen “O”, gen ini lah yang mengubah pigmen hitam menjadi pigmen berwarna kemerahan. Gen O ini berada di kromosom X. Kucing jantan normal memiliki genetik XY; ia hanya perlu mewarisi satu gen O untuk berubah menjadi warna merah.

Sedangkan pada kucing betina yang normal memiliki genetik XX. Ia harus mewarisi dua gen O untuk menjadi kucing merah, jika ia hanya mewarisi satu gen O maka warnanya akan menjadi Tortie.Untuk lebih akuratnya, O = warna orange dan o = “non-orange”, itu berarti bahwa o memungkinkan warna apa saja yang terdapat pada kromosom lainnya untuk muncul (hitam, biru, coklat dll). Sedangkan gen O mengkonversi warna hitam/chocolate/cinnamon dll menjadi pigmen merah. Untuk menyederhanakan, artikel ini mengacu o sebagai “hitam” karena itu adalah warna non-orange yang paling sering terlihat pada warna tortie dan calico.



Kucing Warna tortie memiliki kepribadian Unik

kucing Tortie memiliki warna dasar merah (oranye) dan hitam. Keduanya bercampur dengan warna krem, hitam, biru, dan cokelat. Tortie juga dibagi menjadi dua golongan berdasarkan pola bulunya yaitu gelombang dan garis-garis. Kucing dengan warna tortie memiliki kepribadian unik atau disebut “tortitude”. Tortie tergolong kucing yang aktif, ceria, pemberani, dan yang paling khas adalah dapat menunjukkan mimik wajah seperti manusia. Walaupun tidak bisa diam, kucing jenis ini sangat jinak dan cenderung penyayang.

Leave a Reply to "teori Warna tortie pada kucing jantan"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel