Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertolongan Ketika Kucing Sakit tidak mau makan

Semua makhluk yang ada di bumi in dapat terserang sakiti, termasuk kucing kesayangan catlovers semua terutama tidak mau makan. sangat penting memberi pertolongan pertama pada kucing yang mengalami sakit. dikeranakan gejala yang dialami saat kucing sakit juga berbeda-beda tiap penyakitnya. Namun, untuk mendeteksi atau mengetahui penyakit tersebut kita dapat melihat gejala awal atau gejala yang umum dialami menjelang sakit. Pada kesempatan blog ini akan  membahas pertolongan pertama yang harus dilakukan pada kucing yang sakit tidak mau makan.
pertolongan yang harus dilakukan pada kucing sakit
pertolongan yang harus dilakukan pada kucing sakit

gejala kucing yang sedang sakit

Umumnya ciri-ciri kucing sakit terbagi dua macam, dapat terlihat dari fisik dan perilaku kucing tersebut. Kucing merupakan hewan yang aktif, lincah, dan suka bermain. Sehari-hari kucing akan banyak melakukan aktivitas meski sesekali diselingi dengan istirahat, seperti tidur dan terutama makan. 

Selain itu, kucing punya jadwal makan sendiri apabila kucing yang dimaksud di sini adalah kucing perliharaan yang memiliki jadwal rutin pada setiap aktivitasnya. Kucing yang dibuatkan pola makan dan pola hidup oleh majikannya tentu makan dengan teratur dan makan makanan yang bernutrisi bagi tubuh. kucing yang sakit umumnya nafsu makan berkurang
ciri-ciri-kucing-sakit tidak mau makan
ciri-ciri-kucing-sakit tidak mau makan

Namun meski begitu, kucing belum tentu akan terhindar dari penyakit. Kucing yang catlovers pelihara dan rawat setiap hari, yang biasanya suka bermain-main dengan lincah tetapi mendadak lesu pasti membuat catlovers khawatir. Selain itu, waktu si kucing juga lebih banyak ia gunakan untuk tiduran tidak seperti biasanya. berikut ini tanda tanda kucing yang sedang sakit tidak mau makan:

Kucing muntah.

 Ketika seekor kucing muntah, kucing akan langsung lemah. Apabila kucing muntah berkali-kali, biasanya ia akan kehilangan nafsu makan, yang menyebabkan semakin lemas. 

Nafsu makan berkurang/ hilang. 

Jangan anggap remeh kucing yang nafsu makannya berkurang karena bisa berbahaya. Kebutuhan energi kucing tidak akan terpenuhi kalau ia tidak makan sesuai dengan yang ia butuhkan.
kucing tidak nafsu makan
kucing tidak nafsu makan

Suhu badan turun. 

Apabila suhu badan kucing menurun maka ia berpotensi terkena hipotermia. 
Mencret/diare. 
kucing sakit, suhu badan turun
kucing sakit, suhu badan turun
Kucing terserang diare sama seperti manusia. Tubuhnya akan lemas jika kehilangan banyak cairan.

Cacingan/kutuan yang sangat parah.

 Cacingan atau kutuan biasanya hanya terjadi pada bayi kucing (kucing di bawah umur 2 bulan). Anak kucing yang cacingan/kutuan parah bisa menjadi lemas. Sebab kutu mengisap darah si kucing sehingga menyebabkan anemia. Sementara cacing memakan sari-sari makanan di tubuh kucing yang dibutuhkan kucing bertahan hidup. Dengan kondisi tubuh kucing yang masih bayi, kemungkinan kucing jadi lemas bisa terjadi.


Pertolongan pertama untuk kucing sakit tidak mau makan

 setelah memahami gejala gejala kucing sakit, kali ini adalah Pertolongan pertama untuk kucing. Kucing yang mengalami gejala-gejala tidak nafsu makan harus tetap kita usahakan untuk terisi perutnya. Sebab jika kita biarkan dengan kondisi seperti itu, kucing bisa semakin sakit dan lebih parah lagi. Untuk mengisi perut si kucing yang sedang tidak nafsu makan ada beberapa makanan dan minuman yang dapat catlovers berikan untuk pertolongan pertama ketika kucing sakit, yaitu sebagai berikut ini:

1. Susu khusus untuk kucing

 Susu khusus kucing ini biasanya mengandung taurin dan beberapa nutrisi penting yang dapat diberikan untuk kucing ketika sedang sakit dan lemas. Pemberiannya boleh digunakan untuk pertolongan pertama, kemudian untuk selanjutnya kucing diberi makanan jika kucing masih kehilangan nafsu makan. Biasanya kucing yang doyan susu, suka sekali dengan sebuah merek susu merek tertentu yang dikhususkan untuk kucing. 

2. Bubur beras merah instan 

Makanan yang bisa diberikan untuk kucing ketika sakit salah satunya bubur beras merah instan. Bubur beras merah bisa catlovers berikan kepada kucing jika ternyata makanan kering untuk dicairkan sudah habis dan petshop terlalu jauh dari rumah misalnya karena petshop jauh atau kucing masih bayi berumur masih di bawah 1 bulan dan bingung ingin memberi makanan apa. Jika memberikan bubur beras boleh dicampur dengan rebusan ikan yang dihancurkan (perbandingan antara bubur dengan ikan adalah 2:1). Atau bisa juga dicampurkan dengan makanan kaleng khusus kucing, seperti prescription diet A/D atau makanan kemasan kaleng khusus kitten. 

3. Gula Merah Dan Garam

 Gula merah dan garam bisa langsung dibuat untuk membuat oralit. Hasilnya sangat bagus untuk mengatasi diare yang dialami kucing. Gula merah jika dilihat dari kandungan gizi memiliki kandungan kalori yang jauh lebih banyak dibandingkan gula pasir biasa. 

4. Makanan kering

 Makanan kering juga bisa diberikan pada kucing yang sedang sakit, dengan cara mencairkannya air hangat. Berikan ke kucing jika makanan yang dicairkan sudah agak dingin. Apabila masih panas jangan diberikan ke kucing. Jika si kucing masih mau makan, makanan keringnya boleh dibuat agak kental. Gunanya agar kucing mau makan. 

5. Oralit dan kuning telur

 Jadi kucing yang lemas bisa diberi oralit (perbandingan oralit dan kucing telur adalah 1:2, 1 sendok teh garam di campur 2 sendok teh gula merah, terus aduk dengan air hangat kuku). Untuk kuning telur, usahakan berikan kuning telur yang sudah matang. Caranya pisahkan kuning telur dan putihnya, kemudian taruh di dalam mangkuk, kukus kuning telur sampai matang. Suapkan kucing yang sakit kuning telur dan oralit. 

perlakuan untuk kucing sakit

kucing yang sakit perlu diberikan perlakuan khusus, dengan menyediakan alat sebagai berikut:

1. Syringe (alat semprotan) tanpa suntikan atau sendok teh/kecil. 

Gunanya untuk menjejalkan kucing. Hindari menggunakan sendok yang terlalu besar, sebab dapat menyebabkan dinding mulut bagian atas terluka tergores sendok.
memberi makan dengan Syringe untuk kucing.png
memberi makan dengan Syringe untuk kucing

 2. Tisu atau kain lap.

 Keduanya untuk mengelap mulut kucing yang sakit ketika kita menjejali makanan.

3. Handuk atau kain tebal.

 Gunanya untuk alas tidur si kucing agar hangat. 

4. Lampu pijar 

 Gunanya untuk penghangat, diletakkan di dalam kandang bersama handuk/kain tebal. maksimal daya lampu pijar 15 watt supaya kucing tidak kepanasan. 

5. Mangkuk.


 Mangkuk ini sebenernya dapat berguna untuk menaruh makanan yang akan diberikan ke kucing. 

sumber: Majalah-Cat-Lovers-Edisi-5
Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Pertolongan Ketika Kucing Sakit tidak mau makan"