jenis jenis suara kucing

Semua kucing pasti mengeluarkan suara, baik dengan suara kucing  mengeong dan mendengkur hingga menggeram dan mendesis. Namun, beberapa kucing memiliki suara  lebih vokal dibandingkan lainnya. Anak kucing biasanya lebih komunikatif dibandingkan kucing yang telah dewasa. Dan, kucing domestik biasanya lebih vokal dibadingkan kucing liar. Beberapa jenis kucing cenderung lebih vokal, seperti kucing Siamese dan Burmese, dibandingkan kucing pendiam seperti kucing Persia. berikut ini jenis jenis suara atau vokal  kucing:

Meong (meow)

 Anak kucing biasanya akan mengeong kepada induknya. Namun, setelah dewasa, mereka akan berhenti menggunakan suara ini untuk berkomunikasi dengan kucing lainnya.
kucing sedang mengeong (meow)
kucing sedang mengeong (meow)
Seringkali kucing domestik dewasa mengeong hanya ketika ada manusia di dekatnya. Hal ini mungkin merupakan tingkah laku yang masih dibawa hingga kucing dewasa untuk memberikan tanda atau sinyal. Catlovers mungkin akan tahu bahwa tidak semua tanda meong dari kucing memiliki arti yangsama. Bahkan mungkin catlovers bisa menentukan apakah kucing kita sedang senang, marah, meminta makanan, atau meminta perhatian hanya dengan mendengarkan jenis meongannya.

Mencicit

Suara mencicit merupakan gabungan antara suara meong dengan suara mendengkur. Banyak pemilik kucing yang mengatakan bahwa kucing mereka akan mengeluarkan suara mencicit sebagai bentuk salam kepada pemiliknya.
Menggeram Kucing yang mengeluarkan suara menggeram merupakan suatu peringatan yang ditujukan bagi manusia, hewan, atau kucing lainnya yang ada di dekatnya. Biasanya kucing akan mengeluarkan suara ini ketika ada yang melanggar teritorialnya. Suara geraman mengartikan bahwa ia sedang marah ataupun takut.

Mengoceh

 Suara seperti gagap ini merupakan gabungan antara suara mengeong dan mengembik. Suara ini biasanya terdengar ketika kucing menemukan sesuatu, – seperti burung atau serangga terbang – yang tidak bisa digapainya. Suara ini bisa diartikan sebagai tanda kegembiraan atau rasa frustasinya karena menemukan sesuatu, tetapi tidak bisa diraih.

Mendengkur

Mendengkur adalah suara khas yang dikeluarkan kucing. Ketika kucing sedang mendengkur, seluruh tubuhnya akan bergetar. Kucing akan mengeluarkan suara dengkuran ketika mereka sedang bahagia. Namun, suara dengkuran kucing ini juga bisa karena alasan lain. Suara mendengkur juga bisa menjadi sinyal bahwa kucing sedang merasa takut atau terancam.

Mendesis

Sebuah desisan dapat menjadi keras atau lembut tergantung pada kondisi dan situasi si kucing. Suara desisan ini merupakan respon kucing ketika sedang merasa takut. Suara ini bisa diarahkan kepada manusia ataupun hewan lain. Ketika kucing sedang mendesis, lebih baik kita sedikit menjauhinya dan memberikan sedikit ruang bagi kucing.

Caterwaul

Suara caterwaul atau suara lengkingan dan ratapan sering juga kita dengar. Suara ini menandakan bahwa kucing sedang birahi. Kucing yang sedang birahi biasanya mengeluarkan suara lengkingan dan ratapan. Jika kita memiliki kucing, kita harus bisa mengartikan perbedaan suara meong kucing hanya dengan memperhatikannya. Kita bisa melihat bagaimana reaksi si kucing terhadap stimulus fisik yang kita berikan padanya. Jadi, catlovers harus bisa mengetahui kondisi dan situasi yang sedang dialami kucing kesayangan kita hanya dengan memperhatikan suaranya.

Suara kucing ini merupakan suatu cara atau bentuk komunikasi. Melalui suara kucing kita bisa tahu emosi atau pesan yang berusaha disampaikan kucing kesayangan sehingga catlovers dapat dengan mudah meresponnya. Selamat belajar bahasa kucing dan semoga bermanfaat untuk catlovers. (Titut)

sumber : Majalah-Cat-Lovers-Edisi-6

Leave a Reply to "jenis jenis suara kucing"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel