ciri ciri kucing hamil akan melahirkan

sebagai pemilik kucing,  kucing yang akan melahirkan adalah sebuah momen yang menegangkan.
sangat diperlukan pengetahuan mengenali ciri ciri fisik kucing yang akan segera lahir. Kelahiran kucing yang normal biasanya akan terjadi pada hari ke-59 hingga hari ke-70.
ciri fisik kucing yang hamil bunting dan akan meklahirkan
ciri fisik kucing yang bunting dan akan meklahirkan

Biasanya kucing akan melahirkan sebanyak  4-8 ekor anak kucing. Proses kelahiran kucing ini memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit sampai anak kucing lahir semuanya. berikut ini adalah tanda tanda dari kucing yangbunting atau hamil dan akan segera melahirkan:
anak kucing lucu
anak kucing lucu

ciri fisik kucing yang sedang hamil atau bunting

  • Perut kucing membesar
  • Puting kucing menjadi lebih merah muda.
  • Sering muntah-muntah
  • Bulu rontok

ciri kucing akan segera melahirkkan:

  • Kucing akan merasa gelisah
  • Biasanya induk kucing akan mencari tempat terbaik untuk melahirkan 5 atau 4 hari sebelum melahirkan.
  • Nafsu makannya berkurang
  • Menggaruk-garuk lantai/kotak atau sudut ruangan
  • Kelihatan terengah-engah
  • Kadang-kadang menekan perutnya
Ketika induk kucing akan melahirkan, kucing biasanya mencium, mengamati, dan mencari tempat terbaik untuk melahirkan anaknya dengan tenang tanpa khawatir akan ada pengganggu. Bila ada suatu gangguan atau suara hewan lain atau si induk pindah ke tempat lain, maka dia akan menunda persalinan. Perilaku ini biasanya berulang kali dilakukan untuk memastikan kondisi benar-benar aman saat akan melahirkan. Jika telah menemukan tempatnya, kucing akan bersiap melahirkan.

Selain itu, tanda-tanda kucing ketika akan melahirkan biasanya induk kucing akan merasakan sakit dan muntah. Oleh karena itu, coba majikan catlovers elus-elus si kucing dengan lembut agar ia merasa tenang. 

Beda kucing ras dan domestik dalam melahirkan

Ketika proses melahirkan selesai, secara alamiah, induk kucing akan merobek plasenta anaknya dan menjilati cairan ketuban hingga bulu anaknya kering. Kemudian tali pusat pada anaknya digigit dan ari-arinya dimakan. Namun itu biasanya terjadi pada kucing jenis domestik. Berbeda dengan kucing ras, insting alamnya berkurang karena sudah terbiasa bergantung dengan manusia. 

Bisa jadi persalinan kucing domestik dan kucing ras akan berbeda. Untuk kelahiran normal pada jenis kucing ras perlu dipersiapkan bahan-bahan saat membantu kelahirannya. Apa saja yang diperlukan? 

Bahan untuk membantu persalinan kucing adalah handuk untuk mengelap anak kucing, gunting steril untuk memotong ari-ari, tali benang plastik, alkohol 70%, dan alat pengisap air ketuban.
bahan untuk membantu kelahiran kucing
bahan untuk membantu kelahiran kucing

apabila memelihara kucing ras, bantu kucing catlovers untuk melepas tali pusat dan ari-ari bayi-bayi kucing yang baru lahir. Apabila induk sudah melahirkan satu ekor anak kucing maka tunggu kelahiran berikutnya. Biasanya kucing akan melahirkan 4—8 ekor anak kucing. Proses kelahiran kucing ini memakan waktu 15 hingga 30 menit sampai anak kucing lahir semuanya.

anak kucing baru lahir
anak kucing baru lahir
Selanjutnya, setelah kucing selesai melahirkan, sebaiknya bersihkan kucing, terutama di bagian puting susunya. Namun, akan lebih baik lagi jika puting sudah dibersihkan beberapa hari sebelum melahirkan. Nah, selanjutnya jika sudah bersih semua masukkan induk kucing ke boks tempat anak-anaknya berada. 
box untuk anak kucing
box untuk anak kucing

Kalau yang catlovers miliki merupakan kucing ras, sebaiknya seminggu setelah lahir anak kucing ras dilaporkan ke organisasi pencinta kucing untuk diterbitkan sertifikat kelahirannya. 

Bagaimana catlovers, sudah siap memberi pertolongan pertama pada kucing kesayangan kalian kan?





Leave a Reply to "ciri ciri kucing hamil akan melahirkan"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel