cara merawat bulu kucing agar tetap sehat dan indah

Kucing memiliki varian bulu dari pendek hingga panjang. Berbeda panjang bulu, tentu berbeda pula cara perawatan bulu kucing. kucing tidak akan lepas dari yang namanya kotoran. Pergerakan adan aktifitas kucing akan membuat kotoran mudah melekat pada bulu sehingga sangat pentimng menjaga kebersihan buulu kucing. berikut ini cara merawat bulu kucing tanpa harus kesalon.
cara merawat kucing bulu lebat dan pendek
merawat kucing bulu lebat dan pendek

Biarkan kucing menjilati bulunya sendiri

Menjilat bulu merupakan perilaku alami dari kucing. Sebagian besar kucing akan menjaga dan merawat bulunya sendiri dengan cara menjilatinya. Selain itu, menjlat merupakan upaya kucing untuk mengatur suhu badannya. Bulu kucing yang cukup tebal membuat kelenjar keringatnya tidak seefektif kulit manusia.
kucing menjilati bulu
kucing menjilati bulu

 Jadi catlovers, biarkan saja kucing menjilati bulunya sendiri,  melakukan hal ini sebagai upaya dini si kucing merawat tubuhnya. Namun, ada kalanya aktivitas menjilat bulu kucing menjadi tidak efektif, terutama pada cuaca panas atau aktivitas kucing yang tinggi. Kucing tidak dapat melepaskan cukup banyak panas dengan hanya menjilat. Dengan kata lain, kucing menambahkan air liur ke bulunya sehingga membantu suhu tubuh kucing menjadi tetap sejuk.

Teratur menyikat dan menyisir bulu kucing

Kegiatan menyikat dan menyisir bulu kucing bisa dijadikan rutinitas oleh para catlovers terhadap kucing kesayangan mereka. Untuk ras-ras kucing dengan bulu yang panjang dan tebal seperti Persia harus disisir dan disikat setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya bulu yang kusut dan menggumpal. Selain itu, catlovers juga bisa mendeteksi gejala penyakit kucing sejak dini.
Gunakan sisir dan sikat khusus untuk kucing sehingga kucing tidak gusar ketika kegiatan ini dilakukan.
menyikat dan menyisir bulu kucing
menyikat dan menyisir bulu kucing

Dengan rutin menyikat dan menyisir bulu, Anda bisa mengecek keberadaan jamur, kutu, atau luka yang biasa menyerang kucing. Jika Anda memiliki kucing sejak masih berukuran kecil, akan lebih mudah melatihnya untuk terbiasa disisir dan disikat. Akan lebih menyenangkan jika kucing diberi hadiah jika berperilaku baik ketika rutinitas ini dilakukan sehingga si kucing pun menjadi paham bahwa disisir dan disikat merupakan hal yang penting untuknya.

Memandikan kucing

Jika para catlovers berpikiran bahwa memandikan kucing harus dilakukan di petshop, Anda salah. Nyatanya, banyak pemilik kucing memandikan kucingnya sendiri. Dengan cara yang benar tentunya. Kucing harus mandi jika kondisi tubuhnya sudah kotor, bau, serta warna kulit dan bulu terlihat kusam. Pada saat memandikan, sikat dahulu bagian-bagian yang terlihat kusam dan menggumpal.
memandikan kucing
memandikan kucing

Air hangat akan lebih membantu Anda untuk membuat kucing tidak gelisah saat dimandikan. Selain itu, gunakan sampo khusus kucing untuk membuat kucing terbebas dari kutu dan jamur. Sebagai catatan, jangan biarkan sampo mengenai organ tubuh kucing yang terbuka, misalnya bagian mata dan mulut. Berikan perlakuan ekstra pada daerahdaerah antara kaki depan dan kaki belakang. Setelah mandi, segera balut tubuh kucing dengan handuk atau kanebo. Setelah itu, gunakan airblow (tanpa hawa panas) untuk mengeringkan bulu sambil mengusapkan jari Anda ke bulu kucing.

Berikan nutrisi yang tepat untuk kesehatan bulu kucing 

Pemilihan nutrisi makanan  untuk bulu kucing sangat penting, terutama ras kucing berbulu tebal atau bahkan yang minim bulu (siam dan sphinx). Saat ini, sudah banyak beredar makanan dan vitamin khusus untuk meningkatkan kualitas bulu kucing Anda.
makanan kucing bernutrisi tinggi
makanan kucing bernutrisi tinggi
Mulai dari dry food dan suplemen vitamin E dan B12 yang diberikan saat menyajikan raw food.

gunakan sampo kucing 

Selain pakan, merawat bulu juga berdasarkan sampo yang digunakan, Pada dasarnya, sampo yang membuat bulu kucing menjadi tetap terjaga harus mengandung wax/lilin. Biasanya, setelah menggunakan sampo tersebut, bulu kucing akan tampak licin dan harum. Namun, ada kalanya justru sampo yang berbahan wax memunculkan risiko. Biasanya dalam 3 hari setelah penggunaan akan membuat bulu kucing kembali kusut. Dengan demikian, pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis kucing yang Anda miliki.

Jadi, itulah beberapa tips perawatan bulu yang bisa diaplikasikan pada kucing kesayangan agar bulunya tetap indah dan sehat. Dengan melakukannya secara rutin, Anda sekaigus menghindari kucing Anda dari penyakit yang sering menyerang kucing Anda, seperti jamur, scabies, kutu, dan luka. Tetap ingin kucing Anda selalu tampil sehat bukan? (B. Prasetya W.).

Leave a Reply to "cara merawat bulu kucing agar tetap sehat dan indah"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel