Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa arti kata segawon atau sigawon

Halo kawan semuanya kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang arti kata segawon atau sigawon. kata segawon sering sekali diucapkan masyarakat jawa khususnya khususnya Jawa Tengah dan Timur.

arti kata segawon

apa itu segawon ? Segawon dalam bahasa jawa Bisa diartikan sebagai anjing, asu, kirik atau guguk. sedangkan padanan kata segawon dalam bahasa indonesia adalah anjing atau srigala.
segawon dalam bahasa jawa krama berarti anjing
segawon dalam bahasa jawa krama berarti anjing


dalam bahasa jawa segawon merupakan bahasa kama atau bahasa jawa yang halus dan tingkat tinggi biasanya digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua.  segawon dilafalkan dalam bahasa jawa: sə.ɡa.won, -wɔn/ sedangkan untuk tulisan aksara jawanya:  ꦱꦼꦒꦮꦺꦴꦤ꧀

segawon pencarian google

pertanyaan  tentang apa arti kata sering muncul digoogle muncul di google terutama question hub dengan topik dog atau anjing. ada yang mencari dengan kata kunci sigawon mungkin maksud dari penanya pertanyaan tersebut adalah kata segawon kerana pengucapannya yang seperti sigawon, cukup mirip mirip bukan hehehehe.
Apa arti kata sigawon atau segawon
arti kata sigawon atau segawon


segawon berarti asu atau anjing
segawon berarti asu atau anjing

penggunaan kata segawon

untuk memudahkan simak penggunaan kata segawon bisa lihat contoh berikut
contoh kata segawon :
  • Penjenengan menopo ngingah segawon ? ( kromo ) = Apakah anda memelihara anjing?
  • Aku ora ngingu asu, nanging ngingu kucing ( ngoko ) = Saya tidak memelihara anjing, tapi memelihara kucing
bahasa jawa memang unik kerana memiliki berbagai tingkat bahasa yaitu ngoko (kasar), madya (sedang) dan krama (halus). ada yang bilang mempelajari bahasa jawa itu seperti mempelajari 3 bahasa heheheh. untuk memahami tingkatan bahasa jawa bisa menuju artikel tingkatan bahasa jawa.



tingkatan dalam bahasa jawa untuk kata Anjing sebagai berikut:
  • jawa ngoko (kasar) = Asu
  • jawa madya (sedang) = asu
  • jawa krama (halus) = segawon.
Segawon sering diucapkan di daerah sekitar wilayah jawa yang menggunakan bahasa jawa halus seperti Jogja, solo, semarang dan sekitarnya.

segawon dimedia sosial 

 belakangan juga sering diucapkan di daerah jawa timuran. penggunaan kata segawon makin terkenal berkat grup facebook Javanese Shitposting Science (JSS), banyak sekali meme yang menggunakan kata segawon.
meme segawon terbaru
meme segawon
 orang orang digrup tersebut menggunakan kata segawon untuk menggantikan atau menyamarkan kata kasar asu yang sudah diketahu sebagai kata kasar untuk anjing. tujuannya tentu  agar agar orang non jawa tidak mengetahui makna sebenarnya dari kata tersebut. berikut meme meme segawon.
meme segawon
meme segawon



meme segawon
meme segawon

meme segawon
meme segawon

meme segawon
meme segawon

selain itu digrup tersebut juga banyak sekali meme meme menyesatkan tentang arti kata segawon. banyak yang menyesatkan arti segawon yaitu singkatan dari sega rawon  (nasi rawon) padahal itu salah, saya tegaskan sekali lagi yang benar artinya adalah anjing atau srigala.


meme menyesatkan arti segawon
meme menyesatkan arti segawon

meme menyesatkan arti segawon
meme menyesatkan arti segawon


meme menyesatkan arti segawon
meme menyesatkan arti segawon

kesimpulan arti kata segawon

kesimpulannya kata Segawon sebenarnya adalah bahasa jawa  tingkat tinggi atau paling halus 'kromo' dan biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih orangtua atau memiliki derajat yang tinggi. seyogyanya 'Segawon' tidaklah termasuk kata kasar, kerana merupakan bahasa krama atau kromo yang merupakjan tingkat paling tinggi. untuk menghina seseorang atau klompok dalam bahasa jawa harus menggunakan bahasa jawa ngoko atau bahasa jawa kasar.

menurut saya tidaklah etis menggunakan Segawon sebagai kata ungpan dan hinaan seperti layaknya asu, kirik atau anjing. 
sekian artikel pembahasan seputar kata segawon. semoga bermanfaat :)
Ely setiawan
Ely setiawan Ely setiawan seorang mahasiswa peternakan dan blogger asal banyumas,

Post a comment for "Apa arti kata segawon atau sigawon"