membedakan ayam KUB asli dengan ayam kampung asli

Banyak yang bertanya apa yang membedakan ayam KUB dengan ayam kampung asli lainnya? Secara fisik apalagi ketika DOC sulit membedakannya.
ayam kub asli
ayam kub asli

Namun jika pertanyaan itu dari seorang peternak pemula yang ingin membeli DOC ayam KUB dari siapapun maka perhatikanlah demikian.

cara membedakan ayam KUB asli dengan ayam kampung asli

cara Pertama, saat ini hanya ada dua badan usaha yang telah memperoleh lisesni ayam KUB yaitu PT Ayam Kampung Indonesia dan PT Sumber Unggas Indonesia. Ada juga yang bertanya apakah Jatinom adalah ayam KUB asli. Jatinom itu bukan ayam KUB karena tidak pernah bekerjasama atau mendapatkan lisensi agro inovasi dari Badan Litbang Kementerian Pertanian (Balitbangtan).
ayam kub lisensi agro inovasi dari Badan Litbang Kementerian Pertanian (Balitbangtan)
ayam kub lisensi agro inovasi dari Badan Litbang Kementerian Pertanian (Balitbangtan)

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan lisensi ayam KUB dari Balitbangtan. Badan usaha atau pribadi cukup mengajukan permohonan pengembangan ayam KUB, lalu dikembang biakkan, kemudian hasil turunannya nanti akan dilaporkan ke Balitbangtan. Dan yag tak kalah penting bayarlah royalti ayam KUB tersebut. Artinya ketika anda menjual setiap doc ayam KUB ada potongan sebesar 10% yang nantinya akan anda bayar ke Balitbangtan sebagai Penerimaaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

cara Kedua, jika Anda mau membeli ayam KUB perhatikanlah kotak/kardus box DOC tersebut. Jika yang memiliki lisesni pasti tertera logo Agro Inovasi kepunyaan Balitbangtan Kementerian Pertanian. Seperti gambar yang diposting di sini.

cara Ketiga, kepada penjual ayam KUB mintalah bukti kerjasama bahwa produk Anda benar-benar berlisensi ayam KUB.

Lalu bagaimana dengan pribadi-peribadi yang pernah membeli ayam KUB kemudian dikembangkan? ya bisa saja kita sebut ayam KUB tapi jika benar2 ayam tersebut tidak disilangkan dengan ayam jenis lain apalagi ayam ras impor. Tapi dari tadi kita berbicara dalam konteksi sebuah badan usaha yang mengaku menjual ayam KUB.

Tapi ada juga pernyataan bahwa "tidak penting ayam KUB berlisensi atau tidak berlisensi, yang penting DOC yam kampungny asli dan memiliki peroforma yang baik". Terhadap pernyataan yang begini kita sepakat. Tapi jangan bohohngi masyarakat dengan mengaku atau mengklaim yang anda jual adalah ayam KUB.

Hentikan pembohongan publik kepada masyarakat dengan mengklaim menual ayam KUB sebelum menyesal. Menyesal kenapa? Indonesia memiliki yang namnaya Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bagi yang melanggar memang tidak kenal pasal pidana tapi bisa berupa sanksi admisnistratif dan denda. KPPU akan bekerja jika ada laporan.

Nah, sebelum ada yang melapor maka hentikanlah pembohongan itu. Berusahalah dengan jujur.

Leave a Reply to "membedakan ayam KUB asli dengan ayam kampung asli"

Post a comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel