apakah backlink nofollow jelek untuk blog?

halo kawan semuanya, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel apakah apakah backlink nofollow jelek untuk blog? dari pengalaman saya selama menerima guset post gratis selalu meminta diberi link dofollow.
apakah backlink nofollow jelek untuk seo blog?
apakah backlink nofollow jelek untuk seo blog?

mengapa sih ngga mau domain nofollow? apakah jelek ? ayo mari kita bahas

backlink dofollow

Dofollow artinya memberikan perintah pada Crawler Search engine  atau mesin pencai untuk melakukan penelusuran pada link tersebut atau indexing, secara singkatnya dofollow akan di index oleh mesin pencari.

backlink nofollow

nofollow artinya secara gampangnya  jangan di index.  nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat mesin pencari melakukan crawl atau indexing maka tidak akan di index sama sekali atau dikecualikan oleh mesin pencari. inilah mengapa blogger sangat tidak menyukai link nofollow dan lebih menginginkan link backlink dofollow.

backlink nofollow sering dianggap jelek oleh para blogger.

tujuan backlink

tujuan  menanam backlink  disebuah blog umumnya untuk menaikan seo dimata mesin pencari dan DA (domain autority). backlink adalah salahsatu pendukung indikator untuk meningkatkan posisi di mesin pencari atau SERP. salah satu yang dibutuhkan adalah link dofollow menurut para blogger.

jenis jenis link backlink


selain backlink dofollow berdasarkan info dari webmasters.googleblog.com terdapat 3 jenis link lainnya yaitu


  • rel = "disponsori": Gunakan atribut yang disponsori untuk mengidentifikasi tautan di situs Anda yang dibuat sebagai bagian dari iklan, sponsor, atau perjanjian kompensasi lainnya.
  • rel = "ugc": UGC adalah singkatan dari User Generated Content, dan nilai atribut ugc direkomendasikan untuk tautan dalam konten yang dibuat pengguna, seperti komentar dan posting forum.
  • rel = "nofollow": Gunakan atribut ini untuk kasus-kasus di mana Anda ingin menautkan ke suatu halaman tetapi tidak ingin menyiratkan segala jenis dukungan, termasuk meneruskan kredit peringkat ke halaman lain.

aturan terbaru google tentang link nofollow

jika 15 tahun  yang lalu link nofollow diciptakan untuk memerangi atau mengecualikan link yang tidak berguna (spam), kini aturan baru google mengatakan lain. backlink nofollow akan mempengaruhi hasil di mesin pencarian google.

aturan terbaru tersebut tentang sebuah link nofollow akan menjadi petunjuk pada mesin pencari bahwa link website tersebut memiliki nilai petunjuk bahwa web terkait memiliki manfaat. hal ini sesuai dengan postingan di web resmi google webmaster (Webmaster Central Blog)

kurang lebih intisarinya sebagai berikut:
When nofollow was introduced, Google would not count any link marked this way as a signal to use within our search algorithms. This has now changed. All the link attributes -- sponsored, UGC and nofollow -- are treated as hints about which links to consider or exclude within Search. We’ll use these hints -- along with other signals -- as a way to better understand how to appropriately analyze and use links within our systems. Why not completely ignore such links, as had been the case with nofollow? Links contain valuable information that can help us improve search, such as how the words within links describe content they point at. Looking at all the links we encounter can also help us better understand unnatural linking patterns. By shifting to a hint model, we no longer lose this important information, while still allowing site owners to indicate that some links shouldn’t be given the weight of a first-party endorsement. We know these new attributes will generate questions, so here’s a FAQ that we hope covers most of those.
jika diterjemhkan 
Saat nofollow diperkenalkan, Google tidak akan menghitung tautan apa pun yang ditandai dengan cara ini sebagai sinyal untuk digunakan dalam algoritme pencarian kami. Ini sekarang telah berubah. Semua atribut tautan - disponsori, UGC, dan nofollow - diperlakukan sebagai petunjuk tentang tautan mana yang perlu dipertimbangkan atau dikecualikan dalam Pencarian. Kami akan menggunakan petunjuk ini - bersama dengan sinyal lain - sebagai cara untuk lebih memahami bagaimana menganalisis dan menggunakan tautan dengan tepat dalam sistem kami. Mengapa tidak mengabaikan tautan seperti itu, seperti halnya dengan nofollow? Tautan berisi informasi berharga yang dapat membantu kami meningkatkan pencarian, seperti bagaimana kata-kata dalam tautan menggambarkan konten yang mereka tuju. Melihat semua tautan yang kami temui juga dapat membantu kami lebih memahami pola tautan tidak wajar. Dengan beralih ke model petunjuk, kami tidak lagi kehilangan informasi penting ini, sambil tetap mengizinkan pemilik situs untuk menunjukkan bahwa beberapa tautan tidak boleh diberi bobot dukungan pihak pertama. Kami tahu atribut baru ini akan menghasilkan pertanyaan, jadi inilah FAQ yang kami harap mencakup sebagian besar dari itu.
artinya link nofollow yang dapat menjadi petunjuk bahwa sesuatu bermanfaat dan tentunya menjadi pertimbangan di mesin pencari khususnya google. artinya link nofollow akan menentukan juga posisi sebuah web di mesin pencari.

Apakah saya perlu mengubah nofollows yang ada?

Tidak. Jika Anda menggunakan nofollow sekarang sebagai cara untuk memblokir tautan sponsor, atau untuk menandakan bahwa Anda tidak menjamin halaman yang Anda tautkan, itu akan terus didukung. Sama sekali tidak perlu mengubah tautan nofollow yang sudah Anda miliki.

aturan ini akan mulai berefek dan berlaku per 1 Maret 2020 jadi bersiaplah kawan kawan blogger.

inilah menurut saya adalah SEO blog yang harus diperhatikan dan diterapkan di tahun 2020. jangan beranggapan link nofollow selalu lebih jelek daripada link dofollow, nyatanya link nofollow akan menjadi pertimbangan google dan sangat berguna dalam penentuan posisi di mesin pencari.

jika kawan kawan ada yang memiliki pendapat lain silakan komentar dibawah yah :) sekian terimakasih.

Leave a Reply to "apakah backlink nofollow jelek untuk blog?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel