potensi menjanjikan Budidaya Mawar Potong

Budidaya Mawar Potong

bunga Mawar adalah  “Ratu dari segala jenis bunga”.Julukan Ratu segala bunga untuk bunga mawar diberikan oleh Achileus Tation, seorang rhetorisian Yunani, sekitar abad ke-2.Tanaman mawar diperkenalkan ke Inggris dan  Perancis oleh bangsa Roma. 
potensi usaha budidaya mawar
potensi usaha budidaya mawar

bunga mawar  mempunyai nama lain Rosa hybrida L.ini, telah berkembang dengan pesat di negara-negara sub tropis sebagai bunga potong. Di Indonesia, volume penjualan bunga mawar menempati peringkat teratas. Sebagai bunga potong, bunga mawar  varietas-varietas baru bertangkai panjang dengan banyak keragaman warna, pada umumnya baru diusahakan pengusaha besar.

sejarah bunga mawar

Sejarah perkembangan tanaman mawar cukup panjang. Palaeontologis percaya bahwa mawar sudah ada pada periode tertier, lebih kurang 70 juta tahun yang silam.
Terdapat bukti dalam tulisan-tulisan kuno bahwa tanaman mawar telah dikenal tahun 2.350 SM (Sebelum Masehi). Raja Sargon dari Sumeria dicatat yang mengenalkan tanaman mawar pada tahun 2.200 SM di negerinya. Pada tahun 500 SM Confusius menulis bahwa mawar tumbuh di Taman Kerajaan pada saat dinasti Chin, yang juga mempunyai banyak koleksi tulisan dan buku-buku tentang mawar.

Artikel serta lukisan-lukisan saat itu menunjukkan bahwa mawar telah dikenal dan ditanam sekitar tahun 400 SM. Dalam istana Knossos (dibangun tahun 2.000-1.700 SM) dijumpai lukisan dari cat air tentang mawar, namun menurut para ahli sejarah lukisan tersebut diduga umurnya lebih muda. 

sedangkan sejarah mawar di indonesia mulai diperkenalkan pada jaman penjajahan Belanda pada abad ke 17, yang diduga dibawa oleh mereka untuk ditanam di halaman rumah kediamannya sebagai administratur di perkebunan-perkebunan di dataran tinggi. 
Sekarang ini tanaman mawar banyak diusahakan di dataran tinggi dengan berbagai varietas yang sangat menawan dan beraroma wangi. untuk lebih lengkap bisa ke artikel berikut sejarah mawar

kendala budidaya mawar

kendala budidaya mawar saat ini adalah Bibit mawar masih harus diimpor dan harganya mahal.

selain itu bunga Mawar bunga potong hanya berproduksi baik didataran tinggi. Tanah  untuk budidaya mawar harus yang gembur serta kaya humus dengan pH 5,5 – 6,8 sangat baik untuk pertumbuhan. Mawar bunga potong memerlukan rumah plastik/kaca, sinar matahari yang cukup banyakdan tidak menyukai air yang menggenang.

cara budidaya mawar potong

Mawar dapat diperbanyak melalui biji, setek, cangkok, okulasi dan penyambungan. Perbanyakan melalui biji jarang dilakukan kecuali untuk tujuan pemuliaan. Penyetekan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, namun tidak semua mawar dapat dengan mudah disetek. Penempelan/okulasi paling banyak dilakukan terutama untuk tujuan komersial. 

Hasil terbaik bila kulit batang bawah dapat dikelupas dengan mudah yaitu setelah umur 3-4 bulan. Okulasi mata berkayu dapat dilakukan pada umur 4 minggu sehingga menghemat waktu 2-3 bulan dibanding okulasi biasa. Waktu terbaik untuk pencangkokan adalah pada permulaan atau musim penghujan. Sedangkan dalam penyambungan okulasi mata berkayu harus diusahakan agar kambium batang atas dan bawah dapat bertemu. untuk artikel lebih lengkap bisa ke sumber berikut budidaya mawar

Leave a Reply to "potensi menjanjikan Budidaya Mawar Potong"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel