jenis Tipe Dan Bangsa Babi

jenis Tipe Dan Bangsa Babi


Peternakan babi di negara maju telah berkembang pesat. Usaha di sektor peternakan babi dilakukan berdasarkan tipe babi. Pengelompokkan berbasis tipe memungkinkan usaha peternakan babi menjadi lebih ekonomis dan menguntungkan. berikut ini adalah jenis Tipe Dan Bangsa Babi yang wajib anda ketahui
jenis dan tipe bangsa babi
jenis dan tipe bangsa babi

Ternak babi dibagi ke dalam tiga tipe yakni;

1. Babi tipe daging (Meat type)

Ciri-ciri yang menunjukkan seekor babi termasuk dalam tipe daging antara lain; kedua kaki berukuran sedang dengan tumit yang pendek dan kuat, kepala dan leher ringan dan halus, punggung berbentuk busur, lebar dan kuat, ukuran tubuh panjang, halus dan dalam, proporsi tubuh padat dengan sedikit lemak dan bagian ham berkembang baik dan dalam.
Bangsa-bangsa babi yang termasuk ke dalam tipe daging yakni; Duroc, Poland China, Hampshire, Berkshire dan Chester White.

a. Babi Duroc

Babi Duroc berasal dari Amerika Serikat.Ciri-ciri babi Duroc antara lain; warna merah bervariasi, dari merah muda sampai merah tua, ukuran tubuh panjang dan besar, ukuran kepala sedang, muka agak cekung, telinga terkulai ke depan, punggung berbentuk busur dari leher hingga ekor, produksi susu tinggi dan memiliki banyak anak.

contoh tipe dan bangsa babi
Babi Duroc
(bibit.ditjennak.pertanian.go.id)

b. Babi Poland China

Ciri-ciri babi Poland China antara lain warna dominan hitam dengan sedikit warna putih pada keempat kaki, sebagian muka dan ekor, telinga terkulai ke depan, jumlah anaknya (Litter size) tinggi akan tetapi kemampuan memelihara anak rendah.

c. Babi Hampshire

Babi Hampshire berasal dari Amerika. Kendati demikian, babi Hampshire banyak juga ditemukan di Scotlandia. Ciri-ciri babi Hampshire antara lain ukuran tubuh sedang, keempat kaki kuat dan lincah, memiliki persentase karkas yang tinggi, warna dominan hitam dengan warna putih melingkari leher, punggung dan kedua kaki depan. Lingkaran warna putih ini menyerupai selempang dan ukuran telinga kecil dan tegak.

d. Babi Berkshire

Babi Berkshire berasal dari Inggris. Ciri-ciri babi Berkshire antara lain; warna hitam dengan warna putih pada beberapa bagian tubuh seperti; keempat kaki, muka dan ekor, ukuran tubuh panjang, dalam dengan lebar yang sedang, muka pendek dan lebar agak cekung, telinga sedang dan agak condong ke depan, panjang keempat kakinya sedang, tergolong babi yang masak dini. Babi Berkshire memiliki persentase karkas yang tinggi.


e. Babi Chester White

Babi Chester White berasal dari daerah Pensylvania, Amerika Serikat. Ciri-ciri babi Chester White antara lain warna bulu dan kulitnya putih, ukuran tubuh panjang, dalam dengan lebar yang sedang, ukuran kepala dan rahang sedang, muka agak cekung, telinga terkulai ke depan di atas mata, punggung berbentuk busur, keempat kaki lurus dengan paha yang padat dan berisi dan produksi susu tinggi.


2. Babi tipe lemak (Lard type)

Ciri-ciri babi yang termasuk dalam tipe lemak atau penghasil lemak antara lain; kedua kaki berukuran pendek, ukuran tubuh berlebihan, dalam dan lebar, cepat menjadi gemuk dan mempunyai kemampuan untuk membentuk lemak tubuh dengan cepat. Bangsa babi yang tergolong dalam babi tipe lemak yakni bangsa babi lokal Indonesia.

3. Babi tipe lemak dan daging (Bacon type)

Ciri-ciri babi yang termasuk dalam tipe lemak dan daging antara lain; memiliki ukuran lebar tubuh sedang, kemampuan penimbunan lemak yang sedang, ukuran tubuh panjang dan kedalaman tubuh sedang. Bangsa-bangsa babi yang termasuk dalam tipe lemak dan daging yaitu; babi Yorkshire, Tamworth dan Landrace.

a. Babi Yorkshire

Babi Yorkshire berasal dari Inggris. Dikenal dengan nama Large White. Ciri-ciri babi Yorkshire yaitu warna putih halus, ukuran tubuh panjang, besar dan halus, muka agak cekung dengan telinga tegak. Babi Yorkshire memiliki sifat keibuan (maternal ability) yang baik dan produksi susu cukup tinggi untuk tiap laktasi.

b. Babi Tamworth

Babi Tamworth berasal dari Irlandia, lalu dikembangkan lebih lanjut di Inggris. Ciri-ciri babi Tamworth antara lain ukuran kaki panjang dan tubuh yang ramping dan memanjang, punggung berbentuk busur yang sedang, perototan pada punggung tebal dan panjang, ukuran leher relatif panjang, kedua telinga berukuran sedang dan tegak dan warna bervariasi dari warna merah emas sampai warna merah cokelat.

c. Babi Landrace

Babi Landrace berasal dari Denmark. Landrace termasuk dalam babi tipe bacon yang berkualitas tinggi. Ciri-ciri babi Landrace antara lain warna putih halus, ukuran tubuh panjang, besar dan dalam, kepala kecil agak panjang dengan telinga terkulai, punggung berbentuk busur, lebar dan panjang, bahu rata dan lurus, ukuran leher panjang, posisi keempat kaki baik dan kuat serta memiliki 12-14 puting susu pada ambing.

Leave a Reply to "jenis Tipe Dan Bangsa Babi"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel