Dampak Pencemaran Air Yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara mengenai pencemaran air tentunya banyak sekali penyebabnya. Entah karena limbah atau bahkan penyebab lainnya. Biasanya air bisa tercemar karena ulah manusia. Sudah seharusnya anda mampu memahami permasalahan pencemaran air ini.
dampak pencemaran air oleh manusia
dampak pencemaran air oleh manusia


Jangan sampai dampak buruknya berpengaruh terhadap kesehatan. Tentunya air menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Pastinya air ini menjadi salah satu komponen yang terbilang tak kalah penting dengan udara. Jadi saat makhluk hidup harus kekurangan air, pertumbuhannya pun juga tidak subur. Inilah mengapa anda harus memahami apa saja dampak pencemaran air.
dampak pencemaran air
dampak pencemaran air 
Inilah mengapa anda perlu menjaga kebersihan air supaya tidak tercemar oleh zat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Air memang menjadi salah satu sumber cairan dimana sangat dibutuhkan sekali oleh manusia, binatang, makhluk hidup maupun tumbuhan. Dari sini air pun memiliki banyak kegunaan yang membuat semua orang tidak bisa terlepas darinya. Kita semua pasti mengerti jika pencemaran mampu merusak semuanya. Dampak pencemaran air pun tentunya banyak sekali. Dimana kali ini kita akan membahas mengenai bab tersebut.

Jika sekarang ini anda sedang mencari tahu apa saja dampak dari pencemaran air. Sebaiknya anda menyimak berbagai macam dampak berikut ini:

1. Jumlah oksigen semakin menurun


Air yang telah bercampur dengan beragam jenis larutan tentunya bisa menghalangi sinar matahari untuk masuk dalam air. Hal ini bisa mengakibatkan tumbuhan air merasa kesulitan dalam sebuah proses yang dinamakan fotosintesis. Dimana proses tersebut memang mengakibatkan tumbuhan mampu memproduksi oksigen dalam jumlah yang lebih banyak. Jika proses tersebut semakin terhalang maka air pun memperoleh oksigen dalam jumlah yang sedikit.

2. Binatang hidup di air bisa mati


Di dunia ini bukan hanya di daerah daratan saja binatang bisa hidup. Namun ada juga beberapa binatang yang hidupnya di air. Jangan sampai akibat dampak pencemaran air menjadikan binatang tersebut kurang asupan jumlah oksigennya. Sehingga semua binatang nantinya bisa mati hanya karena kekurangan air. Sebab biasanya oksigen banyak tersedia dalam air sehingga memudahkan binatang untuk bernafas. Inilah mengapa air bersih penting sekali untuk binatang yang hidupnya di air.

3. Tingkatkan kecepatan reaksi kimia


Air yang sudah tercemar tentunya air tersebut mengandung beragam bahan kimia. Banyaknya jenis polutan ini merupakan bahan kimia. Jadi saat air banyak kandungan kimianya maka kecepatan reaksi kimia dalam air semakin meningkat.

4. Kehidupan tumbuhan dan binatang semakin terganggu


Dampak pencemaran air ternyata juga berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup. Entah yang hidupnya di darat maupun air sekalipun. Jika air tercemar diminum oleh mereka yang hidup di daratan tentu saja bisa menyebabkan polutan masuk dalam perut. Hingga akhirnya berujung pada sakit perut. Jika air sudah tercemar tentu saa habitat tumbuhan maupun binatang air semakin lama semakin terganggu.

5. Kesuburan tanah semakin terganggu


Dampak pencemaran air ternyata jelas sekali bisa membuat kesuburan tanah semakin terganggu. Apalagi air nantinya akan meresap dalam tanah. Hal tersebut tentunya juga bisa berakibat tanah ikutan terkena zat polutan. Apabila tanah sudah tercemar oleh zat polutan maka tanah pun sudah tidak subur lagi. Hal ini nantinya juga bisa berpengaruh terhadap tumbuhan yang sulit untuk tumbuh dengan subur.

6. Produktivitas tumbuhan semakin terganggu


Masih terkait dengan dampak pencemaran air yang bisa berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Hal ini pastinya bisa membuat produktivitas tumbuhan semakin terganggu. Bagaimanapun juga tumbuhan memang hidup di atas tanah. Saat tanah yang sudah ditempati ini tidak subut apalagi terkontaminasi oleh zat polutan. Maka tumbuhan tersebut bisa dikatakan sudah tidak lagi produktif. Akan ada banyak tanaman yang mati kekurangan air apalagi jika tanah sudah tercemar oleh beragam polutan.

baca juga parameter kualitas air 

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai dampak pencemaran air yang bisa anda rasakan. Semoga saja kondisi air di sekitar lingkungan anda selalu terjaga dan bisa terbebas dari beragam polutan berbahaya. Air yang tercemar bukan hanya berbahaya bagi pertumbuhan tanaman namun juga semua makhluk hidup.

Air bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan kita. Tanpa air apalah jadinya kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi. Apalagi jika air sudah tercemar oleh beragam polutan berbahaya. Hal ini tentu saja bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan. Tak bisa dipungkiri lagi jika air menjadi salah satu sumber daya alam yang paling dibutuhkan semua makhluk hidup. Inilah mengapa air mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan ini.

Hanya karena air tercemar oleh banyaknya polutan maka kualitas air pun juga semakin menurun. Air bersih seakan menjadi sesuatu hal yang mahal bahkan sulit didapatkan. Pada kalimat ini tentu saja kita mengerti jika peranan air itu penting sekali bagi kehidupan di bumi. Entah manusia, binatang atau bahkan tumbuhan sekalipun semuanya membutuhkan air. Bisa dikatakan air dan udara menjadi komponen paling penting bahkan tak bisa terhidar dari kehidupan kita.

Leave a Reply to "Dampak Pencemaran Air Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel