apakah telur ayam kampung mengandung senyawa racun dari plastik?

benarkah telur ayam kampung mengandung racun dari plastik?

sebuah berita bidang perunggasan  telur ayam kampung mengandung senyawa berbahaya. akhir akhir ini sebuah berita muncul tentang telur ayam yang mengandung partikel zat zat berbahaya dari plastik. berita tersebut dimuat di media besar indonesia terutama detik, viva news dan dw indonesia.

gundukan sampah plastik di  Bangun dan Tropodo di Jawa Timur
gundukan sampah plastik di  Bangun dan Tropodo di Jawa Timur
Dalam berita tersebut dimuat Para peneliti menganalisis telur-telur ayam kampung yang dikumpulkan dari daerah Bangun dan Tropodo di Jawa Timur. Ayam-ayam peliharaan warga ini sehari-harinya mencari makan di antara gundukan limbah plastik.

zat yang terkandung dalam telur daerah Bangun dan Tropodo Jawa Timur

Telur-telur ayam yang dikumpulkan dari masyarakat mengandung bahan kimia terlarang yang sangat berbahaya seperti dioksin, dan PFOS yang sulit diuraikan. Selain itu ada juga bifenil poliklorinasi (PCB), dan eter difenil polibrominasi (PBDEs), parafin terklorinasi rantai pendek (SCCP) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) dalam tingkat yang tinggi. Semua bahan kimia beracun ini diatur ketat secara global oleh Konvensi Stockholm, sebuah perjanjian yang mengikat secara hukum oleh PBB.

dari mana berita tersebut berasal?

setelah saya cari tahu ternyata berita telur ayam kampung yang mengandung senyawa berbahaya berasal dari sebuah pernyataan International Pollutants Elimination Network (IPEN) kemudian pernyataan yang diterima DW Indonesia

International Pollutants Elimination Network (IPEN) tentang telur ayam kampung mengandung zat berbahaya
jurnal International Pollutants Elimination Network (IPEN) tentang telur ayam kampung mengandung zat berbahaya

disitu memang memuat telur ayam yang mengandung racun dari plastik seperti dioksin, dan PFOS poliklorinasi (PCB), dan eter difenil polibrominasi (PBDEs), parafin terklorinasi rantai pendek (SCCP) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) dalam tingkat yang tinggi.

apakah kita harus takut mengonsumsi telur ayam kampung?

inilah yang saya khawatirkan, orang indonesia jadi enggan atau takut makan telur ayam kerana berita ini. sebenarnya jika kita jeli mengapa ayam tersebut bisa mengandung racun jelas kerana tempat hidup atau lingkungan ayam hidup ditempat sampah. jadi wajar saja mengapa telur yang dihasilkan mengandung partikel sampah.
ada ungkapan dalam bidang peternakan
jika kamu memeberikan ternak makanan terbaik maka ternak akan menghasilkan produk terbaik. begitu juga sebaliknya jika kamu memeberikan ternak makanan buruk maka ternak akan menghasilkan produk yang buruk.
 jadi kita tidak usah takut, selama tempat hidup ayam sehat tidak mengandung plastik dan makanan yang dikonsumsi alami seperti biji bijian maupun hewan serangga yang terdapat dialam, maka telur yang dihasilkan tentu berkualitas dan aman dikonsumsi.

Catatan penting : Telur yang tercemar di penelitian adalah jenis telur ayam kampung yang ayamnya dipelihara secara umbaran di pembuangan sampah bukan telur ayam negeri (layer) yang dipelihara secara baik di kandang dan tidak diumbar.

Jadi, konsumen jangan takut untuk makan telur. Telur ayam negeri tetap aman dikonsumsi.
 bahkan bill gates pun salah satu orang terkaya didunia bill gates menyarankan memelihara ayam. 
sangat besar potensi ayam. sehingga beliau menyarankannya.

Leave a Reply to "apakah telur ayam kampung mengandung senyawa racun dari plastik?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel