5 Text Editor Terbaik dan Paling Banyak digunakan 2019

Bagi kamu seorang programmer web , pasti tidak asing lagi dengan yang Namanya text editor. Bisa diibaratkan dalam contoh kehidupan sehari hari, text editor itu seperti peralatan tukang bangunan, yang artinya jika peralatan tukang tidak ada, maka seorang tukang pasti tidak dapat membangun sebuah rumah atau Gedung. Seperti itu pula lah seorang programmer yang professional, sebelum berperang dengan codingan, mereka harus menyediakan peralatannya terlebih dahulu dan salah satunya adalah text editor sendiri. 
contoh text editor
contoh text editor

Jadi bisa kita definisikan text editor merupakan suatu senjata utama mempermudah programmer untuk membangun aplikasi maupun website yang handal.  Terdapat banyak fitur yang bisa kita gunakan pada text editor salah satunya adalah code folding, Syntax highlighting, line number, search and replace syntax, dan ada banyak lagi.

Sekarang ini terdapat banyak text editor yang bisa kamu gunakan baik itu berbayat maupun open source (gratis). Setiap text editor pastinya memliki kelebihan dan perbedaannya masing masing. Oleh karena itu pada artike ini penulis telah merangkum beberapa text editor yang direkomendasikan untuk digunakan,  sehingga kamu dapat memilih text editor yang cocok dengan kamu. 


1. Sublime Text 


Text editor pertama yang direkomendasikan adalah sublime text. Text editor sublime text ini memiliki kelebihan dari sisi tampilan yang dinamis dan tema yang disediakan yang bisa kita pilih sesuai denagan selera. Text editor ini mendukung berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux dan Mac Os. Jadi kamu tidak perlu khawatir dalam menentukan sistem operasi yang kamu gunakan. 

Sublime text ini menyediakan 2 versi yang bisa dilihat pada websitenya, yaitu versi open source (gratis) dan berbayar. Dalam versi berbayar kita diharuskan menyediakan dan membayar uang lisensi sebesar 80 US dollar. Ya tentunya dalam versi berbayar ini banyak kelebihan dari pada yang gratisan kan, salah satunya fitur yang berada didalam aplikasinya . 

2. Visual Code Studio 


Aplikasi text editor ini terbilang sangat baru, walaupun demikian Visual code studio dapat bersaing dengan text editor lainnya. Text editor ini merupakan aplikasi yang digarap langsung oleh Windows. Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari visual code studio salah satunya tampilan yang sangat menarik, elegan dan dinamis. 

Text editor ini mendukung banyak Bahasa pemrograman, dan juga mendukung fitur integrase git dan debugging, sehingga kita tak perlu mencari kesalahan kodingannya sendiri namun fitur tersebut akan mengecek kesalahannya sendiri. Bagaimana Keren bukan? 

Bahasa Pemrograman yang didukung seperti C, C++, Java, HTML, CSS, Java Script dan Bahasa pemrograman lainnya. 

Baca Juga : Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Menjanjikan dan Paling dicari 

3. Notepad++ 


Yaa kalau aplikasi ini kamu tidak asing lagi kan, Notepad. Notepad merupakan aplikasi text editor bawaan windows, tapi bukan untuk kodingan tetapi lebih digunakan untuk membuat file.txt dan membuat catatan ringan.  Namun sekarang ada Namanya Notepad++ yang juga merupakan text editor yang dikembangkan dari Notepad. Notepad++ memiliki kelebihan dibandingkan dengan Notepad yang salah satunya adalah mendukung Bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman yang didukung diantaranya ada C++. HTML, Assembly, Python, Java Script, CSS, VB dan lainnya. Text editor dapat kamu download secara gratis di website nya langsung, tanpa harus membayar uang sepeser pun. 



4. Vim 


Kepanjang dari Vim adalah Vi Improved yang bisa dibilang text editor yang powerfull dan terpakai sampai sekarang. Aplikasi ini sudah lama dikenal dan diluncurkan pada tahun 1991, tetapi walaupun sudah lama, bukannya makin menurun penggunanya namun sekarang menjadi text editor terbaik dan banyak digunakan oleh programmer. 
 Bagi kamu seorang pengguna sistem operasi linux pastinya kamu bakalan tidak asing lagi dengan aplikasi ini kan, ya karna ini merupakan aplikasi bawaannya. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu memungkinkan pengguna malakukan sesuatu hanya dengan keyboard dan shortcut saja. Baik itu memindahkan, merubah nama teks , bisa kamu lakukan tanpa harus memakai mouse. 

5. Bracket 


Aplikasi Bracket memang hanya dikhususkna untuk desainer web. Jadi hanya bisa kamu gunakan Bahasa pemrograman yang berhubungan dengan web saja seperti HTML, CSS dan Javascript. Aplikasi ini dapat kamu download secara gratis pada websitenya, dan untuk sistem operasinya juga tidak perlu kamu khawatirkan, karna ia mendukung berbagai sistem operasi, seperti MacOs, Linux dan Windows. 

Jadi itulah 5 text editor terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Jadi pilih saja salah satu Text editor yang kamu ingin kan, dan ingat harus sesuai dengan sistem operasi kamu yaa. Dan apabila kamu ingin mendapatkan informasi lebih tentang pemrograman, tutorial, tips dan trik, dan juga Informasi yang berhubungan teknologi, kamu dapat mengunjungi website ini https://www.onibest.site

Semoga bermanfaat dan Terimakasih   

Leave a Reply to "5 Text Editor Terbaik dan Paling Banyak digunakan 2019 "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel