potensi Budidaya jamur kayu

potensi ekonomi jamur

Jamur kayu merupakan salah satu jamur edible (dapat dimakan) yang banyak dikonsumsi masyarakat luas. selain itu Jamur ini memiliki rasa khas dan kandungan nutrisi yang tingg sehingga berpotensi sebagai sumber gizi.  Jamur juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran dan dapat juga diolah menjadi penganan, misalnya keripik dan kerupuk. jenis jamur yang sering dikonsumsi manuisia yaitu Jamur tiram (Pleurotus sp.), jamur kuping (Auricularia auricularia) dan Shiitake (Lentinus edodes) termasuk jenis jamur kayu yang banyak dikonsumsi.
 Budidaya Tanaman Jamur Tiram, Kuping dan Shintake
jamur yang biasa dikonsumsi manusia

jamur kayu

Jamur kayu sarat akan gizi dan berkhasiat obat. Jamur tiram mengandung 31% protein dan protein yang dikandung jamur tiram mencakup asam amino esensial yang dibutuhkan oleh manusia. Enzim pada shiitake dapat menghasilkan asam amino yang mampu menurunkan hipertensi, mengurangi kolesterol, dan memperbaiki sirkulasi darah. Spora shiitake mampu meredakan efek serangan virus influenza dan menghambat pertumbuhan kanker. Selain itu shiitake juga mengandung vitamin B1, B12 dan D12, sedangkan lendir pada jamur kuping dipercaya dapat menetralkan kolesterol dalam darah.

budidaya jamur

Budidaya jamur memiliki beberapa keuntungan diantaranya tidak memerlukan lahan yang luas, mempunyai kandungan protein serta mineral yang tinggi, dan sampah pertanian dari budidaya jamur dapat diubah menjadi pupuk dan penggembur tanah. Berbagai macam teknik budidaya telah dikembangkan, dengan memperhatikan bahan baku yang tersedia di masing-masing daerah.

Tubuh buah jamur terdiri atas akar, batang (stipe), cincin dan tudung (pileus). Tudung terdiri atas bilah-bilah atau lamella yang pada permukaan bawahnya terdapat spora disebarkan. Bagian yang dipanen adalah tubuh buah jamur.


Leave a Reply to "potensi Budidaya jamur kayu"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel