alasan mengapa sapi saat kecil minum susu dan makan rumput saat sudah dewasa

membahas ternak sapi memang tidak ada habis habisnya. kali ini saya akan membahas alasan mengapa sapi saat kecil minum susu dan makan rumput saat sudah dewasa.
anak sapi minum susu
anak sapi minum susu

mengapa anak sapi minum susu ?

 hal pertama yang harus kita tahu adalah memahami saluran pencernaan sapi. sapi termasuk binatang ruminansia atau memamabiak yang sistim pencernaannya komplek atau rumit.

Ternak ruminansia memiliki rangakaian proses pencernaan yang komplek dibandingkan proses pencernaan pada jenis ternak lainnya. saluran pencernaan sapi dimulai dari Rongga mulut,  Esofagus (kerongkongan), Lambung, Usus Halus, Anus
saluran pencernaan sapi lengkap
saluran pencernaan sapi lengkap

 Perut atau lambung  ternak ruminansia  termasuk pada sapi memang unik, terdiri atau dibagi menjadi 4 bagian, yaitu retikulum (perut jala), rumen (perut beludru), omasum (perut bulu), dan abomasum (perut sejati). disinilah kunci mengapa saat sapi kecil makanannya susu, dan saat besar atau dewasa mmakananya  adalah rumput rumputan.
proses anak sapi minum susu
anak sapi minum susu


saat sapi masih kecil atau dalam masa  menyusui, lambung anak sapi yaitu  dua ruangan pertama yaitu rumen dan retikulum, masih belum berkembang. Oleh karena itu, susu ketika mencapai lambung disalurkan melalui suatu lipatan yang mirip tabung, yang dikenal dengan nama esofageal atau reticular groove,
esofageal atau reticular groove pada ruminansia sapi
esofageal atau reticular groove sapi

akibat adanya  esofageal atau reticular groove, maka makanan (susu) langsung ke ruangan ke tiga atau ke empat yaitu omasum dan abomasum.  dimana pada saluran ini akan ditambahkan enzim enzim pencernaan terutama pada abomasum.

mengapa sapi dewasa makan rumput ?

anak sapi tentu selain meminum susu juga mulai belajar memakan makanan seperti rumput rumputan. kerana mulai belajar memakan makanan yang bersifat padan dan encer  maka perut sapi mulai beradaptasi dengan keadaan, sehingga terjadilah perkembangan lambung atau perut sapi. prosesnya bisa dibaca di artikel saya yang sebelumnya perkembangan perut atau lambung sapi. 

seiring perkembangan perut atau lambung sapi maka esofageal tidak berfungsi. inilah mengapa saat kecil sapi minum susu dan saat dewasa hanya makan rumput. 

Leave a Reply to "alasan mengapa sapi saat kecil minum susu dan makan rumput saat sudah dewasa"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel