pengertian peluang usaha

Peluang usaha 


Semakin meningkatnya popilasi pendudeuk semakin banyak orang yang membutuhkan pekerjaan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan membuka usaha sendiri. Seorang yang akan membuka usaha sendiri yang baru, perlu terlbih dahulu melakukan observasi lapangan dan perlu mengumpulkan informasi tentang seluk beluk bisnis dalam bidang tertentu.
peluang usaha wirausahawan
Sebagai calon wirausahawan yang kreatif maka ia akan mampu melihat banyak peluang usaha yang dicptakan . untuk memperdalam tentang tata cara menganalisi pelung usah disekitar kita simaklah ulasan materi berikut.

Peluang usaha dan resiko usaha

Keberhasilan seseorang wirausahawan dalam mencari dan memanfaatkan peluang usaha tidak hanya tergantung pada pendidikan yang mereka  miliki. Seorang wirausahawan yang dapat menganalisis peluang usaha mempunyai kebulatan tekat untuk percaya bahwa dirinya akan menjadi salah satu wirausahawan yang berhasil dalam mengelola usaha. Masa depan usaha adalah ketika banyak terjadi perubahan besar akibat dari perkembangan teknologi dan informasi usaha atau bisnis.
Tetapi wirausaha merupakan sosok pengambil selain peluang usaha yaitu resiki usaha yang sudah diperhitungkan. Jadi wirausaha selalu menghindari resiko atas usahanya , maka wirausahawan tidak akan maju. Peluang usaha dan resiko selalu berkaitan dengan aktifitas, kreatifitas, dan inovasi serta merupakan bagian penting dari seorang wirausahawan.

Pengertian peluang usaha

Peluang usaha adalah kesempatan yang harus diambil oleh seorang wirausahawan untuk mewujudkan atau melaksanakan suatu usaha dengan kebberanian mengambil resiko. Oeluang usaha harus dimanfaatkan dengan baik kerana sekali kalah langkah maka sebagai calon wirausaha tersebut akan kehilangan kesempatan. Dan ini yang sering terjadi pada calon calon wirausahawan indonesia.

Mengidentifikasi pekuang usaha

Jika di identifikasikan dengan seksama kemudian di definisikan, sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan. Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis yang ada bisa dicari , asal wirausahawan tersebut bekerjakeras uletdan percaya pada kemampuan sendiri. Setiap wirausahawan sebenarnya memiliki mpeluang atau opportunity untuk maju. Adakalanya peluang usaha taua bisnis tersebut tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Mengapa demikian ? hal ini dikeranakan peluang usaha tersebut tidak digali atau dimanfaatkan dengan baik.

Proses menggai peluang usaha

Dalam proses menggali dan memanfaatkan peluang usaha , seorang wirausahawan harus berpikir secara positif dan kreatif , diantaranya sebagai berikut:
Harus percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan
Hars menerima gagasan gagasa baru didalam dunia usaha
Harus bertanya pada diri sendiri
Harus maumendengarkan saran dari orang lain
Harus mempunyao etos kerja yang tinggi
Pandai berkomunikasi.
Sedangkan pada saat mengidentifikasi peluang usaha dapat dengan cara sebagai berikut
Berfikir positif setia ada ide baru yang ada didalam dunia usaha
Menerima saran atau keritik dari orang lain, demi berkembangnya usaha
Mempunyai konsep ATM(amati, tiru, modifikasi)
 Selain hal hal diatas dapat pula ditempuh dengan cara mengidentififikasi peluang usaha dengan mengamati peluang hasil usaha pokok , yaitu segmentasi pasar, posisi produk, sumberdaya manusia, keuangan, tanggungjawab sosial, dan pengembangan usaha.

Menurut dr. D. J schwartz, cara memanfaatkan peluang bisnis adalah sebagai berikut:
Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan. Hapuskan kata mustahil, tak mungkin, tak bisa, atau tidak perlu dicoba dari khasanah pikiran dan khasanah bicara.
Jangan hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausaha. Lihatlah peluang peluang usaha untuk menjadi besar. Tradisi lainnya yang kurang menunjang peluang peluang usaha adalah etos kerja yang rendah dan terlalu santai.
Setiap hari selalu berfikir dan bertanya pada diri sendiri “bagaimana saya dapat melakukan usaha dengan lebih baik lagi”
Bertanya dan mendengarkan. Dengan bertanya dan ,mendengarkan makan seorang wirausahawan akan mendapatkan bahan baku untuk mengambil keputusan yang tepat. Ingatlah orang besar memonopoli kegiatan mendengar sedangkan orang kecil memonopoli berbicara.
Perluas pikiran anda. Selalu bersebmangat dan bergaul dengan orang orang yang bisa membuat wirausahawan mendapatkan gagasan gagasan peluang baru.

Pendapat lain dalam memanfaatkan peluang usaha dikemukakan oleh paul charlp dengan sebuah rumusan yang mencakup empat unsur yang harus dimiliki seseorang wirausahawan menjadi sukses dalam pekerjaann ya, yaitu sebagai berikut:
Word hard(kerja keras)
Word smart (kerja cerdas)
Enthusiasm (kegairahan)
Service (pelayanan)


Leave a Reply to "pengertian peluang usaha"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel