pemanfaatan bambu untuk kehidupan manusia

Bambu merupakan tumbuhan dengan material multifungsi yang bisa digunakan untuk apa saja sehingga tidak heran digunakan sebagai bahan bangunan perabotan rumahtangga hingga kerajinan.

pemanfaatan bambu untuk kehidupan manusia
pemanfaatan bambu untuk kehidupan manusia

Tanaman bambu bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok Nusantara. Karena sifatnya yang lentur, maka sejak zaman dahulu tanaman menjulang ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari dinding rumah, perabotan rumah tangga, hingga kerajinan bambu yang unik dan menarik.
kerajinan alat rumah tangga dari bambu
kerajinan rumahtangga dari bambu


kerajinan atau seni dari bambu di zaman serba modern ini masih menghiasi dunia budaya dan seni di negeri nusantara. Selain antik dan sederhana, perabotan dari bambu tidak kalah ketahanannya dibanding perabotan dari kayu

Pada dasarnya, bambu cukup mudah untuk dibudidayakan di wilayah Asia, mulai dari Asia Tenggara hingga Asia Timur, termasuk Indonesia.

spesies bambu di dunia indonesia
Dari 1.250 spesies bambu yang ada di dunia, 159 spesies bambu diantaranya terdapat di Indonesia, dan 88 di antaranya merupakan tanaman endemik atau asli indonesia. Namun, tidak semua jenis bambu bisa digunakan untuk membuat kerajinan. Hanya jenis tertentu saja yang memenuhi syarat untuk dijadikan bahan baku kerajinan bambu.

1. Bambu Tali (Gigantochloa apus)

Bambu tali atau bambu apus (Gigantochloa apus) merupakan jenis bambu yang tersebar luas di Indonesia dan Asia tropis.
tanaman bambu tali
bambu tali

 Bambu tali disebut juga bambu apus, pring tali, atau awi tali dalam bahas daerah. Dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali tumbuh dengan cara membentuk rumpun yang rapat. Tanaman beruas ini bisa tumbuh menjulang hingga 20 meter..

Kelebihan bambu tali sehingga baik untuk dibuat menjadi kerajinan adalah karena memiliki batang yang kuat, lurus, dan juga liat serta lentur. Tak hanya untuk kerajinan, bambu tali juga dimanfaatkan sebagai bahan baku alat musik karena kualitasnya yang sangat baik.

2. Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu hitam adalah sejenis bambu yang acap dipakai sebagai bahan untuk membuat alat musik, furnitur dan perkakas rumah tangga. Bambu ini semula hanya didapati ditanam orang di Jawa, tetapi kini telah tersebar ke banyak tempat. Bambu wulung memiliki banyak nama lain, seperti bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung. Nama ini sesuai dengan ciri fisik bambu wulung yang berwarna agak kehitaman.
tanaman bambu wulung


Bambu wulung banyak digunakan untuk membuat alat musik, seperti angklung, gambang, dan calung juga. Selain itu, bambu wulung juga banyak dimanfaatkan menjadi bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Biasanya, bambu wulung dikombinasikan dengan bambu lain sehingga menghasilkan anyaman yang bercorak gelap-terang.

3.Bambu betung (Dendrocalamus asper)

Bambu betung adalah salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang besar. secara keseluruhan bambu buluh mencapai tinggi 20 m dengan ujung yang melengkung; warnanya bervariasi dari hijau, hijau tua, hijau keunguan, hijau keputihan, atau bertotol-totol putih karena liken.
tanaman Bambu betung
tanaman Bambu betung



Bambu betung memiliki banyak manfaat dan terutama digunakan sebagai bahan bangunan seperti tiang rumah, perabot rumahtangga,  andang-andang perahu, rangka, jembatan dan titian, perancah dan lain-lain
jembatan dari bambu

contoh perabotan kerajinan dari bambu

berikut contoh perabotan kerajinan dari bambu







contoh rumah rumah yang terbuat dari bambu








sekian artikel ini semoga bermanfaat

Leave a Reply to "pemanfaatan bambu untuk kehidupan manusia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel