Lalat BSF (Black Soldier Fly) sebagai Sumber Protein Alternatif untuk Pakan Ternak

 Lalat BSF (Black Soldier Fly)

 Lalat BSF (Black Soldier Fly) memiliki nama latin Hermetia illucens dapat dimanfaatkan sebagai sebagai Sumber Protein Alternatif untuk Pakan Ternak. hal ini kerana  Insekta ini  kaya akan protein pada setiap tahapan metamorfosisnya.
lalat Black Soldier Fly (BSF, Hermetia illucens)
lalat Black Soldier Fly (BSF, Hermetia illucens)

Black Soldier Fly (BSF, Hermetia illucens) memiliki protein  dengan kualitas protein yang bagus dan efisien, antara lain  dapat digunakan sebagai salah satu pakan alternatif. larva atau biasa disebut  Manggot BSF adalah larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (Hermetia illucens),
Black Soldier Fly (BSF, Hermetia illucens)
lalat magot bsf

keistimewaan Lalat BSF (Black Soldier Fly)

Lalat ini mampu tumbuh dan berkembang biak dengan mudah, memiliki tingkat efisiensi pakan yang tinggi serta dapat dipelihara pada media limbah organik. Black Soldier Fly bukan merupakan lalat hama atau vektor suatu penyakit. Kandungan senyawa kimia kontaminan di dalam tepung BSF berada pada tingkat di bawah ketentuan maksimum yang direkomendasikan. Larva BSF memiliki sifat antibakteri (Escherichia coli O15:H7, Salmonella enterica serovar Enteritidis) dan antivirus (enterovirus dan adenovirus).
contoh peternakan bsf Black Soldier Fly diluarnegri
contoh peternakan bsf Black Soldier Fly diluarnegri

Larva BSF dapat diproduksi secara mudah dan cepat, mengandung protein sebesar 40-50%, termasuk asam amino esensial yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti tepung ikan dan bungkil kedelai untuk pakan ternak.

pemanfaatan magot lalat buah bsf (Black Soldier Fly).


magot lalat bsf bukan hanya untuk pakan ikan, juga untuk pakan anternatif ternak seperti unggas ayam, dikeranakan dapat menggantikan meat bone meal untuk ransum atau bahan penyusun pakan hewan ternak seperti unggas, ikan, dan babi. Maggot sangat cocok dijadikan pengganti MBM sebagai pakan ternak karena memiliki semua kriteria yang menjadi syarat utama bahan pakan ternak. Adapun syarat-syarat pakan ternak yaitu, komposisi nutrisi terpenuhi, harga bersaing, dan ketersediaan banyak. Ketiga syarat tersebut dapat dipenuhi oleh maggot lalat bsf Black Soldier Fly.

Keuntungan lalat bsf Black Soldier Fly

contoh pemanfaatan Black Soldier Fly untuk pakan ternak
Black Soldier Fly untuk pakan ternak
 sebagai pakan ternak Pemanfaatan larva BSF sebagai pakan ternak memiliki keuntungan secara langsung maupun tidak langsung. Larva BSF mampu mengurai limbah organik, termasuk limbah kotoran ternak secara efektif karena larva tersebut termasuk golongan detrivora, yaitu organisme pemakan tumbuhan dan hewan yang telah mengalami pembusukan. Dibandingkan dengan larva dari keluarga lalat Muscidae dan Calliphoridae, larva ini tidak menimbulkan bau yang menyengat dalam proses mengurai limbah organik sehingga dapat diproduksi di rumah atau pemukiman. Pernyataan ini sesuai dengan pendapat Banks et al. (2014) yang menunjukkan adanya penurunan senyawa volatil pada media yang diberi larva BSF berdasarkan pengamatan di laboratorium.

Leave a Reply to "Lalat BSF (Black Soldier Fly) sebagai Sumber Protein Alternatif untuk Pakan Ternak"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel