cara memilih telur segar


menilih telur segara memang diperlukan pengetahuan, bagaimana membedakan antara yang sudah lama dengan telur yang masih baru. berikit adalah cara cara memilih telur segar  
memilih telur segar yang baik dan benar
memilih telur segar

Cara pemilihan telur segar


  1. Kulit telur masih mulus dan tidak retak
  2. Telur yang di candling dengan menggunakan lampu atau sinar matahari tampak kuning masih ditengah tampak kecil, tidak bergerak bebas dan tidak ada noda bercak merah.
  3. Rongga udara masih kecil sekitar 3mm
  4. Telur bila dipecah kuning telur dan albumennya masih membukit
  5. Telur segar bila dimasukan dalam air akan segera tenggelam.

Penyimpanan telur segar

Mutu telur akan mengalami penurunan mutu selama penyimpanan. Penyebab penurunan mutu telur ialah proses fisiologis atau bakteri pembusuk atau kombinasi dari kedua penyebab tersebut. 
Pada suuhu kamar proses fisioogis berlangsung cepat dan menghasilkan air (H2O) DAN CO2 sehingga semakin lama disimpan bobotnya akan semakin ringan rongga udara akan semakin besar dan keadaan telur akan semakin encer kerana banyaknya co2 yang keluar dari dalam telur.
Pada perinsipnya usaha penyimpanan telur ditujukan untuk memperpanjang umur simpan atau mencegah menurunnya mutu telur. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan telur segar ialah.

  1. Telur dibersihlkan lebih dahulu dengan menggosok kerabang dengan ampas secara berhati hati atau dengan mencuci dengan air hangat dan dilap dengan kain kering.
  2. Telur harus bebas dari pertumbuhan embrio
  3. Kerabang harus utuh tidak retak atau pecah.
  4. Telur disimpan pada tempat yang sejuk atau dingin ruangan bersih dengan udara segar (berventilasii) suhu yang baik untuk menyimpan telur adalah 10-13c dengan kelembaban 75-80 % bila penyimpanan pada suhu 0-15 c dan kelembaban 85-90% telur tahan disimpan selama 6 bulan. Sedangkan bila disimpan pada suhu kamar akan hanya tahan 14 hari.
  5. Tempat penuimpanan bebas dari bau sebab telur mempunyai sifat mudah menyerap bau melalui pori pori kerabang.
  6. Tata cara menyimapan telur dengan meletakan bagian yang tumpul dibagian atas agar supaya posisi kuning telur stabil.

Pada zaman dahulu penyimpanan telur segar dalam kendi yang dindingnya dilapisi dengan jerami kering atau daun pisang kering kendi kendi tersebut disimpan dalam tanah. 

Leave a Reply to "cara memilih telur segar "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel