burung cenderawasih burung endemik Papua

burung Cenderawasih ada banyak jenis. Burung Cenderawasih bukanlah satu spesies, melainkan merupakan anggota famili Paradisaeidae.

Burung Cenderawasih dari Papua, yang biasa dikenal adalah spesies Cenderawasih kuning-besar (nama ilmiah: Paradisaea apoda).

Burung Cenderawasih
Ada lebih dari 40 spesies burung Cenderawasih yang terbesar di wilayah Papua, Papua New Guinea, Australia dan Maluku. untuk lebih jelasnya simak vidio anggota famili Paradisaeidae.



Bagi masyarakat Papua, burung Cenderawasih merupakan sebuah simbol yang khas. Pada tradisi zaman dulu, perburuan burung Cenderawasih adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Burung Cendrawasih yang berhasil diburu tidak dikonsumsi, melainkan dibuat menjadi hiasan kepala.
keluarga Burung Cenderawasih anggota famili Paradisaeidae
keluarga Burung Cenderawasih anggota famili Paradisaeidae.

Hiasan kepala burung cendrawash

Hiasan kepala burung cendrawash  merupakan sebuah simbol, yang biasa digunakan pada saat upacara adat atau tari-tarian adat di beberapa suku di Papua. Ada yang beranggapan bahwa burung Cenderawasih, sebagai lambang keindahan, merepresentasikan diri mereka sendiri (orang Papua). Tarian yang dilakukan saat menggunakan hiasan kepala tersebut juga diambil berdasarkan gerakan burung Cenderawasih pada habitat aslinya.
hiasan kepala dari burun cendrawasih papua
hiasan kepala dari burun cendrawasih papua

Selain sebagai atribut upacara dan tari-tarian adat, burung Cenderawasih pun dinilai sebagai ornamen penting dalam status sosial masyarakat Papua.

burung cendrawasih
burung cendrawasih

Sekarang ini, hiasan kepala burung Cenderawasih boleh digunakan oleh siapapun. Hiasan ini pula sering digunakan pada acara-acara resmi ataupun festival-festival adat. Dikarenakan burung Cenderawasih sudah hampir punah dan merupakan spesies yang dilindungi, hiasan kepala yang sebelumnya terbuat dari burung Cenderawasih asli digantikan oleh burung Cenderawasih sintetis (buatan) yang mirip dengan burung aslinya.

Leave a Reply to "burung cenderawasih burung endemik Papua"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel