prospek usaha dan cara menanam pohon pisang yang benar

Tanaman pisang (Musa spp.)

peluang usaha pisang indonesia
peluang usaha pisang indonesia
 merupakaan tanaman hortikultura penting karena kaya akan nilai gizi dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.
keanekaragaman jenis buah pisang
keanekaragaman jenis buah pisang
Tanaman pisang juga dapat diolah menjadi produk olahan dan bagian tananam lainnya dapat dimanfaatkan untuk bahan industri seperti pasta gigi dan serat.
anak presiden jualan pisang kaesang
pisang kaesang
 saking menariknya bisnis pisang sampai seorang anak presiden pun berjualan pisang.
anak presiden jualan pisang
anak presiden jualan pisang



jenis jenis buah pisang
jenis jenis buah pisang



Indonesia dikenal sebagai produsen pisang di dunia, walau agak kecil. Indonesia dikenal sebagai produsen pisang nomor 7 di dunia. Pisang merupakan komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, karena sekitar 45% konsumsi buah-buahan adalah pisang. Pusat produksi pisang terdapat di Sumatra, Jawa, dan Bali.
pisang buah nusantara indonesia
pisang buah nusantara indonesia

 Di Indonesia, terdapat lebih dari 230 varietas dan kultivar dari pisang-pisang.
Karena selalu ada di setiap saat, maka pisang sering dimakan segar, dikolak, dibakar, dikukus, atau dibuat tepung pisang.
contoh olahan pisang dengan digoreng
contoh olahan pisang dengan digoreng
Buah pisang dapat dimakan dalam berbagai cara, mulai dari dibuat kue, digoreng, dan direbus.


contoh jantung pisang
contoh jantung pisang


manfaat buah pisang

Tanaman pisang merupakan tanaman yang serbaguna, mulai dari akar (rhizome)  sampai  daun  dapat dimanfaatkan oleh manusia. mulai dari Bonggol pisang, banyak mengandung air dan pati yang kaya karbohidrat, jika dikeringkan menjadi abu akan menghasilkan soda yang digunakan sebagai bahan baku sabun dan pupuk kalium.
bagian bagian pohon pisang
bagian bagian pohon pisang

Air yang terkandung dalam bonggol secara tradisional dapat di gunakan sebagai obat anti sakit perut, dan pendarahan pada usus. Batang pisang dapat digunakan sebagai penghasil serat untuk bahan baku kain dan sebagai makanan ternak. Daunnya dapat di gunakan untuk pembungkus berbagai makanan seperti nasi, makanan kecil dan lain-lain.
contoh daun pisang untuk pembungkus
contoh daun pisang untuk pembungkus
daun pisang untuk pembungkus di supermarket
daun pisang untuk pembungkus di supermarket

Produk utama tanaman pisang adalah buahnya. Buah pisang dimanfaatkan dalam keadaan segar sebagai buah meja atau olahan.



produk utama buah pisang
produk utama buah pisang
Buah pisang dapat diproses menjadi tepung pisang, pure,bir, cuka, kripik, sale, dodol dan saus. Jantung pisang atau bunga pisang dari beberapa kultivar tertentu dapat di manfaatkan sebagai sayuran.

sejarah expor pisang indonesia

Indonesia dikenal sebagai kawasan pusat asal-usul pisang di dunia. Indonesia juga punya varietas pisang yang lebih banyak daripada negara lain. sejarah mencatat Volume ekspor pisang Indonesia untuk pasar mancanegara mulai tahun 1995 sampai  dengan  2000 mengalami peningkatan. 
penyebaran buah pisang indonesia
penyebaran buah pisang indonesia
Peningkatan nilai ekspor ini selain disebabkan oleh meningkatnya volume pisang yang di minta juga oleh bertambahnya negara pengimpor pisang dari Indonesia. dari tern sejarah export pisang indonesia sangat bagus, sehingga peluang untuk memulai usaha menanam pisang sangat bagus.
saat ini Indonesia hanya bisa masuk peringkat ke tujuh dunia sebagai negara produsen pisang. sehingga prospek cerah pisang  menjadi produsen nomer 1 dunia sangat terbuka lebar.

kandungan gizi buah pisang

Kadungan gizi per 100 gram daging buah adalah energi (116-128 kcal), protein (1%), lemak (0.3%), karbohidrat (27%), mineral (Ca_15 mg, K_ 380 mg, Fe_0.5 mg, Na_1.2 mg), dan vitamin (Vit. A_0.3 mg, Vit. B1_0.1 mg; B2_0.1 mg, B6_0.7 mg, Vit. C_20 mg).


kandungan nutrisi gizi buah pisang
kandungan nutrisi gizi buah pisang
Kandungan Ca pada buah pisang dapat menetralisir efek menetralisir efek garam dan MSG, K dapat menjaga keseimbangan airtubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot dan vitamin  B6 dan asam folat  dapat berfungsi untuk  perkembangan otak dan mencegah kanker usus.

permasalahan budidaya pisang di indonesia

Bertambahnya permintaan pasar terhadap buah pisang tidak di imbangi oleh peningkatan  produksi pisang di Indonesia.
masalah masalah budidaya pisang di indonesia
masalah masalah budidaya pisang di indonesia
Beberapa kendala permasalahan yang menyebabkan kurang berkembangnya produksi pisang di Indonesia, adalah sebagai berikut :
1. Pola pembudidayaan yang belum jelas dan teratur.
2. Kurangnya penerapan teknologi budidaya pisang secara benar pada tingkat petani.
3. Kultivar pisang yang di tanam masih beragam.
4. Ketersediaan dan penggunaan bibit pisang yang sehat dari kultivar unggul masih terbatas.
5.Penyebaran hama dan penyakit penting tanaman pisang yang cukup luas di sentra produksi pisang.

peluang pasar budidaya pisang indoneisa

prospek pasar pisang indonesia
prospek pasar pisang indonesia

Produksi pisang dunia dari sekitar 120 negara di perkirakan di atas 68 juta ton pertahun. sangat banyak bukan. selain itu Pisang adalah komoditi jenis buah yang paling penting di kawasan Asia Tenggara termasuk peringkat pertama dalam produksi buah-buahan di Filipina, Indonesia dan Thailand, baik mengenai luas lahannya maupun produksinya.

peluang export buah pisang
peluang export buah pisang


Produksi pisang Indonesia masih diserap oleh pasar dalam negeri. Peluang pasar dalam  negeri masih cukup lebar terutama untuk konsumsi  hotel-hotel  berbintang  dan  pasar swalayan yang membutuhkan pisang dengan kualitas yang tinggi.
peluang export daun pisang
peluang export daun pisang


 Berkembangnya pariwisata di Indonesia dan bertambahnya  wisatawan asing yang  datang ke Indonesia menjadikan peluang pasar buah pisang semakin meningkat.
peluang export pisang indonesia
peluang export pisang indonesia

Peluang pasarpisang ke luar negeri sama cerahnya seperti pasar dalam negeri, walaupun pasar luar negeri sudah dikuasai pengusaha pisang internasional. Satu   cara   untuk   dapat   masuk ke pasar luar negeri adalah dengan mengembangkan kemitraan dengan pengusaha internasional.


kategori sistim budidaya pisang indonesia

perkebunan pisang indonesia
perkebunan pisang indonesia


Secara umum di Indonesia terdapat empat pola budidaya  pisang di Indonesia, yaitu:
1) pertanaman  pekarangan,
2) sistem tumpasari,
3) kebun pisang petani gurem skala komersial  dan 
4)  perkebunan  pengusaha  pisang.


contoh perusahaan pisang
perusahaan pisang
 Pertanaman pekarangan, sistem tumpasari dan kebun pisang petani gurem skala komersial digolongkan  pada  pola  pembudidayaan  skala  kecil  karena skala luasan kebunnya kurang dari 20 ha. Sedangkan perkebunan pengusaha pisang terdiri dari dua golongan yaitu perkebunan skala menengah dan perkebunan skala besar. jad jika ingin menjadi pengusaha pisang skala perusahaan harus memiliki lahan seluar minimal 20 ha.

cara budidaya pisang yang benar

cara menanam buah pisang
cara menanam buah pisang

Syarat Tumbuh buah pisang

Syarat Tumbuh buah pisang agar berproduksi dengan maksimal maka  harus memenuhi aspek berikut:
Suhu Optimum pada kisaran 26-28 C.
Altitude: Di bawah 800 m dpl, tapi masih mungkin sampai 1000 m dpl.
Pengairan: Perlu air teratur 20-60 mm/minggu
syarat tumbuh budidaya buah pisang
syarat tumbuh budidaya buah pisang

Tanah:pH  4.5-8.5, kedalaman  solum  >75 cm, kedalaman air > 120 cm, kemiringan 15%<,peka tanah salin.  Terbaik pada tanah dengan  solum  dalam,  berdrainase  baik,  dengan kandungan humus tinggi seperti tanah vulkanik atau tanah aluvial. Hindari tanah tergenang.
Lokasi: Dekat dengan industri pendukung atau jalur agribisnis


Budidaya Pisang

Kegiatan menanam budidaya pisang dimulai dari penyediaan benih dan bibit sampai panen.

Penyediaan Benih/Bibit pisang

Sumber bibit harus diperoleh dari induk yang sehat dan diperoleh dari lahan yang  bebas  penyakit  terutama  penyakit  layu  fusarium  dan  layu  bakteri  serta penyakit bunchy top.
contoh benih bibit pisang
contoh benih bibit pisang

Sumber bibit dapat berasal dari anakan, bonggol (cormit/bits) dan kultur jaringan.  Pada umumnya petani menggunakan bibit yang berasal dari anakan dan belahan bonggol.
benih pohon pisang
benih pohon pisang
Bibit yang siap ditanam berukuran 40-50 cm bila dari kultur jaringan, atau anakan berumur 6 bulan.
bibit pohon pisang unggul
bibit pohon pisang unggul

Penyiapan Lahan tanam pisang

Lahan harus dibersihkan dari dari hal-hal yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman.

membersihkan lahan untuk menanam pisang
membersihkan lahan untuk menanam pisang
Lahan dibersihkan mulai dari membuang batu besar, gulma, tunggul batang dan sebagainya yang dapat menganggu sistem perakaran tanaman dan penyerapan unsur hara. Selain itu juga disiapkan bedengan dan akses jalan.


Pengaturan jarak tanam pohon pisang

Pengaturan jarak tanam pisang yang benar tergantung varietas atau jenis pisang. jenis varietas pisang ukuran kecil sekitar 2X2,5 m, besar 3X3. Bisa juga berupa barisan 1.5-2 X 4-6 m.  
jarak tanam pohon pisang
jarak tanam pohon pisang

penanaman buah pisang

penanaman buah pisang diawali dengn membuat lubang tanam pisang. tujuannya adalah memperbaiki lingkungan perakaran pisang agar bibit pisang yang ditanam mampu tumbuh dengan cepat. Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan 2-3  minggu sebelum tanam.
menaman pohon pisang
menaman pohon pisang

Ukuran lubang tanam kira-kira 50 x 50 x 50 cm. apabila Apabila tanah masam, sebaiknya pada lubang tanam diberi kapur/dolomite sebanyak 200-500 g/lubang. Lubang tanam dibiarkan terbuka selama 2 minggu dengan tujuan member kesempatan tanah menyerap oksigen dan sinar matahari.  setelah dua sampai 3 minggu lakukan Penutupan lubang tanam.
menyiapkan lubang tanam pisang
menyiapkan lubang tanam pisang
tujuan dilakukan penutupan lubang tanam adalah untuk mengembalikan kelembaban tanah ke kondisi semula. Penutupan lubang tanam dapat dilakukan 2-3 hari sebelum tanam. Pada saat penutupan lubang tanam ditambahkan pupuk kandang yang sudah dicampur agensia hayati sebanyak 10 –20 kg per lubang tanam.
menamam buah pisang
menamam buah pisang

Penanaman pohon pisang dilakukan sebaiknya pada awal musim hujan atau akhir musim kemarau, agar tanaman pada saat pertumbuhan awal tidak mengalami kekeringan.  Bibit pisang dimasukkan ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak dan ditanam sampai sebatas 5 –10 cm di atas pangkal tanah, kemudian lubang ditutup kembali dengan tanah galian. Penanaman pisang dapat dilukukan dengan baris tunggal dan baris ganda.

Irigasi/Pengairan pohon pisang

Pengairan dilakukan untuk membantu penyediaan air yang cukup untuk pertumbuhan dan produksi tanaman. Pengairan lahan harus dilakukan paling lambat 3 –4 hari setelah tanam jika ditanam pada saat tidak turun hujan. Tanaman pisang yang  kekurangan air dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat.
penyiraman pohon pisang
penyiraman pohon pisang


 Kekurangan air pada fase pertumbuhan vegetative dapat mempengaruhi kecepatan perkembangan daun dan jumlah bunga menjadi sedikit, sehingga produksi buah menjadi rendah. Kekurangan air pada fase pembungaan dapat menurunkan jumlah buah dan kekurangan air pada periodepembentukan buah dapat mempengaruhi ukuran dan kualitas buah, tandan buah pendek dan ukuran kecil.

penyiraman tanaman pohon pisang
penyiraman pohon pisang
Penyiraman pisang dapat dilakukan  pada pagi atau sore hari, sekurang-kurangnya 2 kali seminggu apabila tidak turun hujan.

Penjarangan Anakan pohon pisang

Penjarangan anakan pohon pisang dilakukan dengan tujuan mengurangi persaingan hara antar tanaman dan meningkatkan pertumbuhan tanaman, produktivitas dan kualitas hasil.
penjarangan anakan pisang
penjarangan anakan pisang

Ada dua tipe anakan yang dihasilkan yaitu anakan muda dengan daun yang sempit (anakan pedang) dan anakan dengan daun yang lebar (anakan air). 

jenis anakan pisang anakan pedang dan anakan air
jenis anakan pisang anakan pedang dan anakan air
Satu rumpun maksimum dengan 1-2 anakan yang berbeda umur.  Penjarangan pohon pisang dilakukan setiap 3 bulan. Anakan pisang yang dibuang adalah yang tumbuhnya mengarah pada jalan kebun. Anakan yang dipilih untuk dipelihara adalah  anakan yang berdaun pedang, tingginya 20-40 cm, pertumbuhan kuncup daun baik.



Pemupukan dan Pembumbunan pohon pisang

Pemupukan dan pembubuhan pohon pisang  dilakukan  dengan  tujuan  untuk  memenuhi  kebutuhan  unsur hara  tanaman  dan  mendapatkan  pertumbuhan  tanaman  yang  optimum,produksi  yang  tinggi  dan  kualitas  yang  baik sesuai  dengan  standar  yang  ditetapkan  serta  memperkuat  pertumbuhan  tanaman  pisang.
pemupukan pohon buah pisang
pemupukan pisang

 Jenis  pupuk yang digunakan untuk tanaman pisang  adalah:
Bahan organik: pupuk kandang, kompos
Pupuk kimia: yang terdiri dari N (urea, ZA, KNO3, NPK), N (urea, Za, KNO3, NPK), P (TSP, SP-36)
dan K (KCl, KNO3)

cara Pemupukan pohon pisang

pemupukan pohon pisang dilakukan dengan cara:
Membuat parit di sekeliling rumpun dengan jarak minimal 50 cm dari pohon dengan kedalaman 10-15 cm Pupuk ditebarkan disepanjang parit sesuai dosis Setelah pupuk diberikan parit ditutup dan dilanjutkan dengan pembumbunan Lingkaran tajuk diusahakan bersih dari rumput/gulma

Sanitasi Lahan pisang

Sanitasi/atau pembersihan lahan tanaman pisang dilakukan bertujuan untuk membersihkan gulma dan tanaman sakit di sekitar pertanaman agar tanaman dapat tumbuh optimal.  Gulma yang tumbuh di sekitar pertanaman pisang kalau tidak dibersihkan dapat menimbulkan persaingan hara antara gulma  dan tanaman, sehingga akan mengurangi suplai hara ke tanaman. Sementara tanaman yang sakit kalau tidak dibersihkan dapat menjadi sumber penyakit bagi tanaman lainnya.


Pembungkusan (Pembrongsongan) dan Pemotongan Jantung pisang

Tujuan dilakuan pembungkusan buah adalah untuk mencegah timbulnya serangan hama dan penyakit pada buah pisang, terutama hama kudis dan penyakit darah.
penyakit pada pisang
penyakit pada pisang
 Pembungkusan dilakukan pada saat seludang pisang pertama belum membuka dan jantung sudah mulai merunduk. Sebelum dibungkus sebaiknya jantung pisang disemprot terlebih dahulu  dengan pestisida, untuk mencegah berdiamnya serangga pada jantung pada saat jantung sudah dibungkus. Pembungkusan buah pisang dapat dilakukan dengan pplastik berwarna biru (polyethilen) atau plastik dursban, yang diikatkan ke pangkal tandan dengan mengusahakan seludang atas tidak masuk ke dalam plastik brongsong.
pembrongsongan buah pisang
pembrongsongan buah pisang

Jika plastik polyethilen biru tidak ada bisa juga digunakan karung bekas maupun plastik biasa. Secara berkala harus dilakukan pemeriksaan untuk mencegah tersangkutnya seludang yang sudah terlepas agartidak membusuk pada tandan buah.

pemanenan buah pisang

Kegiatan panen buah pisang yang baik dilakukan bertujuan untuk mendapatkan buah segar dengan kualitas semaksimal mungkin.
proses panen buah pisang
proses panen buah pisang
Secara umum pemanenan pisang pada dataran rendah waktu panen pisang berkisar 85 –100 hari setelah muncul jantung, sedangkan di dataran tinggi dapat mencapai 98 –115 hari setelahmuncul jantung.

Cara pemanenan pisang yang baik adalah sebagai berikut:

1.Untuk panen pisang digunakan parang/golok yang tajam dan bersih
2.Panen dilakukan  pada  waktu  pagi  (7.00 –10.00)  atau  sore  (15.00 –17.00) dalam keadaan cerah
3.Kayu/bambu penyangga pohon diturunkan perlahan-lahan
4.Batang ditebang setinggi 2/3  dari  tinggi batang agar tandan tidak menyentuh tanah
pemanenan buah pisang
pemanenan buah pisang
5.Tandan dipotong pada sebelah atas buku tandan atau kira-kira 30 cm diatas sisir pertama
6.Setelah dipotong, tandan dibalikan supaya getah yang menetes keluar tidak mengenai buah
7.Tandan pisang diangkut dengan gerobak atau alat angkut lainnya ke tempat pengumpulan.  Waktu pengangkutan, letakan posisi tandan pisang tegak lurus


sekian artikel  prospek usaha dan cara budidaya menanam pohon pisang yang benar, semoga bermanfaat :)






Leave a Reply to "prospek usaha dan cara menanam pohon pisang yang benar"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel