Memilih Usaha untuk BUMDes

elysetiawan.com Memilih Usaha untuk  BUMDes memang gampang gampang susah. sering kali pengurus BUMDes kebingungan dalam menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan di desa tersebut. masih minimnya pengetahuan menjadikan kendala yang besar.
contoh Memilih Usaha untuk  BUMDes
contoh Memilih Usaha untuk  BUMDes

“tetapi Kalau ada yang mengatakan desa saya tidak ada potensi, itu nikmat mana yang engkau dustakan, desa memiliki air bersih, udara sehat dan sumber daya alam yang melimpah, problem utamanya bukan tidak ada potensi, tetapi bagaimana cara pandang dan pola pikir kita atau yang dikenal dengan mindset pengusaha. Apabila pengelola BUMDes masih memakai mindset pekerja, apalagi birokrat, maka yang selalu terlihat adalah berbagai kesempitan bukan kesempatan.”

berikut ini ada 3 gambaran besar bagaimana memilih usaha yang akan dijalankan di suatu desa.


1. Berdasarkan Sumber Daya Alam


Tentunya setiap desa memiliki sumber daya alam yang beragam. Ada desa yang diberi anugerah alam yang indah oleh Tuhan. Salah satu contohnya adalah seperti desa yang memiliki laut atau air terjun. Namun ada juga desa yang tidak memiliki hal semacam itu, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah yang berarti, seperti yang disampaikan di atas, “tidak ada desa yang tidak memiliki potensi”. Saat ini juga banyak desa yang membuat wisata sendiri, seperti membuat taman ataupun tempat-tempat yang dibuat dengan sengaja untuk mengambil gambar yang instagramable demi menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung.

2. Berdasarkan Sumber Daya Manusia


Sumber daya manusia juga menjadi aspek penting dalam menentukan usaha pada BUMDes. Sumber daya manusia yang kreatif akan mendorong desa yang terlihat tidak memiliki potensi dapat menyulap desanya yang sebenarnya memiliki segudang potensi yang menarik menjadi sebuah unit usaha BUMDes Fenomenanya, banyak sekali wisata-wisata desa yang sengaja dibuat oleh manusia demi menarik perhatian pengunjung. Hal tersebut menunjukkan bahwa sumber daya manusia yang kreatif telah menggambarkan manusia sebagai salah satu aspek penting dalam menentukan unit usaha BUMDes.

3. Berdasarkan Sosial Budaya


Budaya yang ada di desa bahkan bisa menjadi usaha yang patut untuk dilirik. Selain memiliki misi untuk melestarikan budaya, hal ini juga tentu bisa menjadi sumber pendapatan desa. Tak dapat dipungkiri, banyak wisatawan mancanegara yang rela berkunjung ke Indonesia demi melihat dan juga dalam rangka ingin belajar budaya Indonesia.


Leave a Reply to "Memilih Usaha untuk BUMDes"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel