Cara Sederhana Menghemat Bahan Bakar untuk Mahasiswa atau Pelajar

Elysetiawan.com halo kawan semuanya, Selamat datang di blog saya ini.  kali  ini kami akan memberikan beberapa tips kepada kalian seputar manajemen finansial di mana setiap mahasiswa baru. pastinya akan kesulitan dalam mengatur keuangannya karena baru pertama kali mandiri, terlepas dari orang tua dan hidup ngekost.

 perjalanan mahasiswa menuju kampus menggunakan kendaraan
perjalanan menuju kampus menggunakan kendaraan 
Salah satu pos pengeluaran yang sering sekali diabaikan oleh mahasiswa adalah bahan bakar minyak untuk kendaraan baik itu motor atau mobil yang digunakan untuk mobilitas sehari-hari ke kampus.

Apabila biaya BBM ini tidak dikelola dengan baik, maka ini dapat mempengaruhi kondisi kesehatan finansial mu setiap bulannya. Diperlukan beberapa tips sederhana untuk menghemat bahan bakar. Penasaran? silakan simak uraian yang telah dipersiapkan oleh blog kawan saya  kosngosan.com di bawah ini.

Pilih jenis BBM  yang sesuai dengan kendaraanmu

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah memilih jenis  bahan bakar yang  sesuai dengan kendaraan  yang sobat pakai saat ini. Misalnya sobat menggunakan mobil dengan penggunaan oktan diatas 90, maka jenis bahan bakar  yang harus sobat pakai adalah pertalite atau pertamax.
BBM untuk kendaraan bermotor
BBM untuk kendaraan bermotor

Sedikit berbeda dengan sobat yang menggunakan motor apalagi keluaran lama, sobat bisa sedikit berhemat dengan menggunakan jenis bahan bakar premium. Namun tentunya ini juga kembali lagi ke pemilihan jenis bahan bakar yang sobat rasa paling cocok.

Kebiasaan mengendarai mobil atau motor

Ini merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk menghemat BBM seperti misalnya sobat harus sebisa mungkin mempertahankan kecepatan pada putaran ekonomis. Seperti pada kendaraan mobil sobat bisa mempertahankan kecepatan pada 2.000-2.500 rpm, sedangkan mesin diesel di kisaran 1.000-1.500 RPM

Jangan sering mengerem mendadak dan akselerasi yang tidak perlu

Seringkali pengendara menyepelekan kebiasaan mengerem mendadak yang bisa membuat pemborosan energi dan juga mempercepat habisnya kanvas rem.
ilustrasi rem mendadak
ilustrasi rem mendadak
Sobat juga tidak perlu melakukan akselerasi yang tidak perlu, kecuali memang kondisi jalan yang macet atau tidak memungkinkan.

Menetralkan transmisi atau menekan pedal kopling

Apabila sobat pengguna kendaraan manual atau non matic bisa menerapkan tips ini yaitu,  memperlambat laju kendaraan  dengan menekan kopling dan menetralkan transmisi, sehingga mesin akan kembali pada putaran ideal sehingga sisa energi dorong dapat dimanfaatkan ke posisi yang diinginkan

Mematikan mesin ketika tidak diperlukan

Ini juga merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari oleh mahasiswa baru yaitu mematikan kendaraan apabila tidak digunakan lagi. Seringkali kita lupa atau sengaja menghidupkan mobil atau motor kita begitu saja tanpa kita gunakan sama sekali.
Idealnya matikan mesin apabila tidak dipergunakan setelah 60 detik. Itu merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menghabiskan bahan bakar dengan cepat.

Mengecek tekanan ban kendaraan

Secara berkala harusnya sobat mengecek tekanan ban dalam kondisi yang ideal. Sehingga bisa memaksimalkan fungsi pengereman pada kendaraan. Apabila ban dalam kondisi kurang angin maka pengereman tidak akan berfungsi maksimal, ini akan berpengaruh kepada efisiensi bahan bakar.

Mengendalikan emosi saat berkendara

Ingat yang namanya keselamatan dalam berkendara adalah adalah prioritas utama. Mungkin sebagian dari sobat punya tugas yang banyak atau baru putus, sebisa mungkin Jangan membawa emosi ketika mengendarai kendaraan di jalan raya.
mengendalikan emosi
ilustrasi mengendalikan emosi
Ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi keselamatanmu

Baca juga  : Contoh Organisasi Luar Kampus Bagi Mahasiswa Baru
Bagaimana? Apakah penjelasan di atas bisa membuka pikiranmu untuk selalu menghemat bahan bakar demi menyelamatkan kondisi finansial mau di akhir bulan nanti? Semoga saja sobat bisa menerapkan tips di atas dengan baik.

Terima kasih sudah berkunjung di situs ini, Jangan lupa untuk bookmark dan tekan tombol share untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian, dan bantu teman-temanmu untuk menghemat BBM  juga, ya!

1 Response to "Cara Sederhana Menghemat Bahan Bakar untuk Mahasiswa atau Pelajar"

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel