keren inovasi sapi dengan e-ktp (KTP elektronik) untuk ternak sapi

sapi dengan e-ktp (KTP elektronik)

Elysetiawan.com inovasi dibidang peternakan tidaklah berhenti salahsatunya Baru-baru ini di indonesia tepatnya, Dinas Pertanian jawa timur khususnya kab.Banyuwangi telah meluncurkan kartu identitas khusus untuk ternak bernama kartu elektronik ternak (e-Nak).
sapi mempunyai KTP elektronik ternak (e-Nak).
sapi mempunyai KTP elektronik ternak (e-Nak).
Karena sapi juga memiliki data, jadi tidak ada salahnya sapi mempunyai KTP elektronik ternak (e-Nak).
KTP elektronik ternak (e-Nak)
KTP elektronik ternak (e-Nak)

fungsi KTP elektronik ternak (e-Nak).

fungsi KTP elektronik ternak (e-Nak) adalah sebagai bukti kepemilikan ternak. Selain itu KTP elektronik ternak (e-Nak) juga untuk mengetahui jenis, identitas, track record sapi, asal-usul sapi, termasuk riwayat kesehatan sapi selain itu e-Nak juga untuk memproteksi sapi betina usia produktif untuk disembelih.


pengambilan data KTP elektronik ternak (e-Nak)

Pendataan data KTP elektronik ternak (e-Nak) ke peternak berupa pengambilan data, foto, nama pemilik yang terkoneksi dengan NIK secara online.
pengambilan dATA KTP elektronik ternak (e-Nak).
pengambilan dATA KTP elektronik ternak (e-Nak).
Kartu e-Nak ini juga sudah online dan dilengkapi barcode. Jika dibarcode menggunakan handphone akan muncul dan sudah tertera data detail dari sapi. kerana Menggunakan sistem barcode semua riwayat sapi bisa terlihat. Dan ini tidak mungkin tertukar karena detail fisik sapi mulai dari tanduk, moncong, dan lainnya sudah difoto, termasuk titik koordinatnya

kelebihan menggunakan KTP elektronik ternak (e-Nak)

KTP elektronik ternak (e-Nak) diperluhkan agar lebih efisien dalam hal waktu mapun tenaga. Bayangkan, jika suatu peternakan memiliki ribuan sapi dan harus melakukan pendataan pada setiap sapi, pasti akan memerluhkan banyak tenaga dan waktu. Selain itu pendataan sapi menggunakan media kertas juga akan mengalami beberapa resiko seperti kertas hilang/basah/robek dan lain-lain. Jika hal tersebut terjadi maka pengelola ternak harus melakukan pendataan ulang. Hal tersebut sangatlah tidak efektif.
melalui kartu E-Nak, para peternak juga akan terhindar dari upaya penipuan. Sebab riwayat kesehatan sapi akan terpantau melalui kartu tersebut dengan pendataan manual. Seperti pernah beranak berapa kali, pernah sakit, produktif tidaknya dan lainnya


cara kerja KTP elektronik ternak (e-Nak)

cara kerja KTP elektronik ternak (e-Nak) yaitu Dengan menimplementasikan teknologi IoT (Internet of Things) menggunakan RFID untuk Manajemen Pendataan Peternakan dan Pengendali Suhu Serta Kelembapan Kandang Berbasis Web dan Android.
cara kerja KTP elektronik ternak (e-Nak)
cara kerja KTP elektronik ternak (e-Nak)
ternak  akan dipasang RFID tag yang berisi informasi tentang data kelahiran sapi, indukan sapi, berat badan sapi, dll. Lalu, RFID reader digunakan untuk membaca tag RFID yang terpasang pada setiap sapi. Informasi tersebut dikirim ke aplikasi android melalui koneksi android dengan bluetooth, data dapat diolah terlebih dahulu atau langsung disimpan dalam database server agar pengelola dapat melakukan manajemen hewan ternak dengan cepat dan  mudah tanpa datang ke peternakan.

Pendataan dilakukan sejak sapi lahir dengan memberi RFID tagagar mempermudah pemantauan perkembangan hingga sapi menjadi indukan dengan bibit unggul.

Leave a Reply to "keren inovasi sapi dengan e-ktp (KTP elektronik) untuk ternak sapi"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2