Latest Posts

jenis jenis kopi di indonesia lengkap

kopi

kopi adalah komoditas yang diunggulkan oleh Indonesia di kancah internasional.
jenis jenis kopi
jenis jenis kopi
sebut saja Kopi Arabika dan kopi Kopi Robusta adalah jenis kopi yang umum dikenal di indonesia, tetapi sebenarnya masih banyak jenis kopi yang ada di indonesia.
peta kopi indonesia
kopi indonesia

biji kopi

Umumnya bagian dari jenis kopi berasal dari biji buah kopi adalah bagian yang diolah menjadi sebuah minuman kopi.
biji kopi indonesia
biji kopi indonesia
Di pasaran pun ada banyak jenis dan bentuk kopi yang dijual yaitu green bean kopi (biji kopi kering), roasting dan grinding kopi (biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan), green bean yang digrinding (kopi hijau yang sering digunakan untuk diet), Kopi luwak (buah kopi matang yang dimakan luak dan dikeluarkan luwak dalam bentuk biji, dicuci dan diroasting serta grinding) dan wine coffee (biji kopi yang melalui proses fermentasi, roasting dan grinding).

sejarah kopi

Konon, tanaman kopi pertama kali ditemukan di daratan Afrika, tepatnya di daerah yang merupakan bagian dari negara Ethiopia, yaitu Abyssinia. Masyarakat Ethiopia mulai mengkonsumsinya sejak abad ke-9. Pada saat itu kopi belum dikenal luas di dunia.
sejarah kopi di dunia
 sejarah kopi di dunia

Biji kopi menjadi komersial setelah dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman pada pertengahan abad ke-15. Kopi dipopulerkan menjadi minuman oleh orang-orang muslim. Istilah kopi juga lahir dari bahasa Arab, qahwah yang berarti kekuatan.

sejarah kopi di indonesia


Sejarah kopi di Indonesia bermula pada tahun 1696. Pada saat itu, Belanda atas nama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) mendarat di Jawa membawa kopi dari Malabar, India. Kopi yang pertama kali dibawa itu merupakan jenis arabika.  
sejarah kopi di indonesia
sejarah kopi di indonesia
Pada zaman belanda Pulau Jawa adalah pusat penghasil kopi di indonesia, sehngga ada istilah  Secangkir kopi kemudian lebih populer disebut dengan cup of Java atau secangkir Jawa.

Belanda berusaha membudidayakan tanaman kopi tersebut di Batavia, tapi gagal karena gempa dan banjir. Mereka tidak menyerah dan mendatangkan kembali bibit-bibit baru. Perkembangan budidaya yang cepat membuat Belanda membuka ladang-ladang baru di Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau-pulau lainnya di Hindia Belanda yang saat ini dikenal sebagai Indonesia.
penanaman kopi zaman belanda
penanaman kopi zaman belanda

Pada tahun 1700-an, kopi menjadi komoditas andalan VOC. Penjualan biji kopi dari Hindia Belanda (Indonesia) meledak hingga melebihi ekspor dari Mocha, Yaman ke beberapa negara di Eropa. Belanda pun memonopoli pasar kopi dunia pada waktu itu.
Pengolahan kopi jaman Belanda
Pengolahan kopi jaman Belanda
pengolahan kopi zaman belanda di indonesia
pengolahan kopi zaman belanda di indonesia

Pada saat itu, salah satu pusat produksi kopi dunia ada di Pulau Jawa. Secangkir kopi kemudian lebih populer disebut dengan cup of Java atau secangkir Jawa.
cup of Java atau secangkir Jawa.
secangkir kopi jawa

pada Tahun 1876, hama Karat Daun menyerang hampir seluruh perkebunan kopi di Indonesia. Belanda kemudian mendatangkan jenis kopi lain, yaitu liberika. Namun, nasibnya sama, habis diserang karat daun.
 kopi yang terserang penyakit Karat daun kopi
 kopi yang terserang penyakit Karat daun kopi

Serangan hama tidak membuat Belanda kehilangan akal. Pada tahun 1900, mereka mendatangkan jenis kopi robusta yang lebih mudah perawatannya serta lebih tahan terhadap hama. Produksinya yang sangat tinggi membuat Indonesia sempat menjadi ladang pengekspor terbesar di dunia

jenis jenis kopi di indonesia

berikut adalah jenis kopi di indonesia

jenis Kopi Arabika

jenis kopi arabika
kopi arabika

kopi arabika Bernama latin Coffea arabica. Kopi ini mempunyai cita rasa yang tidak terlalu asam, tetapi pahit dan mengandung kadar kafein yang tinggi.
Coffea arabica

Kopi arabika adalah satu-satunya kopi yang bersifat poliploid (memiliki set kromosom lebih dari sepasang), tepatnya tetraploid (4n). Kopi ini sebetulnya adalah hasil persilangan antara Coffea canephora (Kopi Robusta) dengan Coffea eugenioides.


Coffea eugenioides.
Coffea eugenioides.
Coffea eugenioides.

Kopi Euhenioides ini mempunyai kadar kafein yang rendah dan rasa yang tidak terlalu kuat.

Di Indonesia sendiri, budidaya kopi Arabika sudah berawal sejak tahun 1699 sebagai pengaruh dari Belanda.

jenis Kopi Robusta


Bernama latin Coffea canephora. Berasal dari daerah sekitar gurun Sahara, Afrika. Kopi Robusta tumbuh pada dataran rendah, menghasilkan biji kopi lebih banyak namun memiliki specialty rendah.Kopi Arabika tumbuh pada dataran tinggi dan memiliki khas atau masuk kedalam jenis kopi specialty. 
kopi robusta indonesia
kopi robusta


diIndonesia terdapat 10 jenis kopi arabika specialty yang dikenal di dunia seperti Gayo, Mandailing, Kintamani, Jawa, Toraja dll. Specialty suatu kopi terletak pada cupping score yang meliputi taste, body, keasaman dll. Specialty dan organik suatu biji kopi dapat meningkatkan harga green bean Kopi.


Coffea canephora

Kopi Robusta mempunyai kadar kafein yang lebih tinggi dari kopi Arabika. Dalam panenannya, kopi Robusta mampu menghasilkan jumlah panenan (yield) yang lebih banyak dari kopi Arabika.

Di Indonesia, tingkat budidaya kopi ini masih lebih rendah dari kopi Arabika, meskipun pada praktek budidayanya, kopi ini justru lebih mudah dirawat karena jarang terkena hama dan penyakit.

jenis Kopi Liberika

Kopi Liberika indonesia
Kopi Liberika indonesia

Kopi Liberika memiliki nama latin Coffea liberica. Berasal dari Afrika tengah. Kopi Liberika dibawa ke Indonesia dengan tujuan untuk mengganti kerusakan pada perkebunan Kopi Arabika yang diserang penyakit karat daun akibat ulah cendawan Hemileia vastatrix.


Kopi Liberika ini terkadang disebut juga sebagai Kopi Excelsa atau Coffea excelsa.

Perbedaannya adalah nama Coffea liberica dicetuskan oleh William Philip Hiern, sedangkan Coffea excelsa dicetuskan oleh Auguste Chevalier. Saat ini, Coffea excelsa disepakati bernama Coffea liberica var dewevrei.

Sebagai tambahan, ada beberapa spesies kopi yang dibudidayakan di luar Indonesia. Kemungkinan juga ada yang sudah dibudidayakan di Indonesia, namun mungkin belum banyak. Berikut adalah salah satu dari beberapa spesies kopi tersebut, yang paling terkenal.

jenis Kopi Charrier


Kopi Charrier Bernama latin Coffea charrieriana, berasal dari Kamerun.
Kopi Charrier indonesia
Kopi Charrier indonesia

Kopi excelsa yang bukan tergolong kopi arabika, robusta maupun liberika. Kabarnya, kopi ini merupakan spesies kopi yang mengandung kadar kafein sangat rendah. Kopi ini sedang dikembangkan sebagai bahan dasar Decaf Coffee.
 


Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

1 comment

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Subscribe Our Newsletter