Latest Posts

tanpa sahur puasa tetap sah

tanpa sahur puasa tetap sah


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan bahwa diantara syarat sah puasa adalah makan sahur.
tanpa sahur puasa tetap sah
tanpa sahur puasa tetap sah

Dalil tegas yang menunjukkan tanpa sahur puasa tetap sah 

Dalil tegas yang menunjukkan  tanpa sahur puasa tetap sah adalah hadis dari ummul mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan: “Suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui kami, dan bertanya, ‘Apakah kalian punya makanan?‘ Kami menjawab, ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda: “Kalau begitu, saya akan puasa.”. (HR. Muslim)
tanpa sahur puasa tetap sah
tanpa sahur puasa tetap sah

berdsarkan hadis diatas  puasa seseorang tetap sah sekalipun sebelumnya tidak sahur.

keutamaan sahur


Walaupun sahur bukanlah syarat sahnya puasa tapi kalau tidak sahur kita terlewat dari beberapa keberkahan bahkan Allah dan Malaikat-Nya bershalawat bagi yang sahur.

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang dimaksud barokah adalah turunnya dan tetapnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. Barokah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Namun patut diketahui bahwa barokah itu datangnya dari Allah yang hanya diperoleh jika seorang hamba mentaati-Nya.
berkah sahur bulan ramadhan
berkah sahur bulan ramadhan

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim)
Abu Said al-Khudri Radhiyallahu anhu telah meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau bersabda: “Makan Sahur adalah keberkahan, maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun hanya berupa seteguk air, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Malaikat-Nya bershalawat bagi orang-orang yang bersahur.” [Hr. Ahmad] Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi.

Semoga bermanfaat.
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter