Latest Posts

perbedaan bunga bangkai dan bunga reflesia

bunga bangkai dan Rafflesia

 sering kali di salah artikan sehingga Banyak yang mengira bunga bangkai dan bunga rafflesia adalah bunga yang sama, padahal bunga bangkai dan Rafflesia memiliki perbedaan sehingga kita harus dapat membedakan bunga bangkai(Amorphopalus titanum) dan Rafflesia, berikut adalah perbedaannya
perbedaan bunga Amorphopalus titanum atau bunga bangkai (kiri) dan Rafflesia arnoldi (kanan)
perbedaan bunga Amorphopalus titanum atau bunga bangkai (kiri) dan Rafflesia arnoldi (kanan)

Nama bunga bangkai sebenarnya sering diasosiasikan untuk menyebut dua genus bunga, yaitu Rafflesia dan Amorphophalus.
bunga rafflesia arnoldii
bunga rafflesia arnoldii
bunga bangkai  Amorphopalus titanum
bunga bangkai  Amorphopalus titanum

Nama “bunga bangkai” disematkan karena karakteristik dari kedua genus tersebut yaitu bau bangkai yang dihasilkannya. Hal ini menjadikan potensi ambiguitas dalam penyebutan nama bunga bangkai. Walaupun sama-sama berbau bangkai, keduanya memiliki kekerabatan yang jauh.

Dewasa ini, Amorphophalus yang lebih sering diasosiasikan sebagai bunga bangkai. Mungkin hal ini dikarenakan penyebutan nama genus bunga ini lebih sulit daripada menyebut Rafflesia. Nama Rafflesia lebih mudah diingat dan disebut karena nama itu terinspirasi dari seorang gubernur jendral Kerajaan Inggris yang merangkap sebagai penjelajah, peneliti, dan sejarawan, Sir Thomas Stamford Raffles.

bunga Rafflesia


Rafflesia adalah tanaman endoparasit (parasit yang hidup di tubuh inang) yang akan lebih mudah ditemukan saat mereka berada dalam fase generatif, yaitu saat bunganya muncul. Rafflesia tidak memiliki akar, daun, dan batang sehingga mereka menggantungkan kebutuhan nutrisi kepada si inang. Inangnya adalah si tanaman merambat, Tetrastigma.
bunga rafflesia arnoldi di bengkulu indonesia

Bunga Rafflesia merupakan bunga tunggal yang tergolong cukup besar jika dibandingkan bunga dari tanaman lain. Diameternya bisa mencapai 100 cm. Bunganya memiliki 5 mahkota yang nampak memiliki corak bintik-bintik di permukaannya.

Bunga Rafflesia  memilik beberapa spesies Rafflesia yang semuanya tersebar di daratan Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Salah satu spesies Rafflesia yang cukup populer di kalangan orang Indonesia adalah Rafflesia arnoldii. jenis Rafflesia yang ditemukan di Sumatera indonesia, yaitu Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia bengkuluensis.



bunga bangkai atau Amorphophalus


bunga bangkai atau Amorphophalus, asal usul namanya sebenarnya berasal dari istilah yang sedikit vulgar. Tidak percaya  berikut penjelasannya. Nama Amorphophalus berasal dari bentuk si bunga yang menyerupai alat kelamin laki-laki yang rusak, di mana amorpho berarti rusak, sedangkan phalus berarti alat kelamin laki-laki.
contoh bunga bangkai (Amorphophallus titanum)
contoh bunga bangkai (Amorphophallus titanum)
Bagi yang ingin membayangkan, silakan berimajinasi sendiri ya!

Amorphophalus tergolong sebagai talas-talasan.  apabila kalau kamu penasaran, coba saja gali tanah di bawah bunga ini, kemungkinan kamu akan menemukan umbi umbian.
siklus hidup bunga bangkai Amorphophallus
siklus hidup bunga bangkai Amorphophallus
Fase daun dan bunga tidak terjadi secara bersamaan. Fase daun pada bunga bangkai  akan muncul terlebih dahulu selama 1–2 tahun, lalu umbi akan dorman yang kemudian akan diikuti dengan munculnya bunga.

Bentuk yang terlihat seperti bunga sebenarnya adalah sebuah tanaman yang utuh. Perbungaan  bunga bangkai Amorphophalus terdiri dari sekelompok bunga kecil dan bunga jantan yang menempel pada tongkol yang disebut spadiks. Lalu tongkol diselimuti oleh seludang di mana seludang sering dikira sebagai mahkota bunga. Amorphophalus berhasil menyabet rekor tumbuhan dengan struktur bunga tertinggi di dunia yaitu spesies Amorphophallus titanum.
bunga bangkai Amorphophallus titanum
Amorphophallus titanum





Perbedaan bunga bangkai (Amorphophalus) dan bunga Rafflesia


Dari sedikit deskripsi di atas, perbedaan dari keduanya dapat dilihat bahwa perbedaan bunga bangkai dan refflesia adalah sebagai berikut:

  1. Nama Panggilan dan Nama Latin yang Berbeda, Indonesia punya beberapa jenis yang ditemukan di Sumatera, yaitu Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia bengkuluensis. Sedangkan bunga bangkai, memiliki nama latin Amorphophallus dan ragam jenisnya banyak. Indonesia memiliki jenis yang paling terkenal ialah Amorphophallus titanum, selain itu ada Amorphophallus gigas, Amorphophallus moeleri, dan Amorphophallus variabilis.

  2. Bunga Rafflesia merupakan parasit yang tidak punya akar, batang, dan daun. Sementara bunga bangkai Amophophalus masih memiliki organ-organ tersebut. 
  3. Bunga Rafflesia bertahan hidup dengan menjadi parasit. Amorphophalus hidup dengan mandiri yang menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi
  4. Genus Rafflessia hanya terdiri dari 28 spesies.  sedangkan bunga bangkai Amorphophalus Ada sekitar 200 spesies yang tercakup dalam genus Amorphophalus
  5. Beberapa spesies dari bunga bangkai Amorphophalus bisa dimakan, namun spesies Rafflesia tidak bisa dimakan.


persamaan  bunga bangkai dan bunga reflesia


persamaan dari bunga bangkai dan bunga reflesia adalah dua-duanya sama sama bau busuk bangkai! Bau ini digunakan untuk menggoda polinator yang berupa serangga agar mendekat dan membantu proses penyerbukan. Peran polinator sangat besar terhadap keberlangsung spesies-spesies pada dua genus ini.

sekian penjelasan mengenai perbedaan bunga bangkai dan bunga reflesia Jangan sampai tertukar lagi ya membedakan bunga bangkai dan bunga reflesia.sekian semoga bermanfaat.

sumber https://id.quora.com/topic/Bunga  terimakasih kepada mas hari cipta yang tulisan jawabanya sudah saya tulis di blog saya ini dengan sedikit penambahan dan perubahan. 
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter