menunggu kebangkitan bisnis kelapa indonesia?

kelapa indonesia

indonesia adalah negara agraris dimana banyak rakyatnya yang bekerja di sektor pertanian.
kejayaan bisnis dan  keindahan kelapa indonesia
kejayaan bisnis dan  keindahan kelapa indonesia
salah satu tanaman yang banyak dijumpai adalah pohon kelapa. dari 419 kultivar kelapa seluruh dunia, 105 kultivar diantaranya tumbuh di Indonesia.hampir disemua daerah di indonesia terdapat pohon kelapa.
keindahan pohon kelapa indonesia
keindahan pohon kelapa indonesia
Menurut Meity A. Tulalo, peneliti Balitpalma, pemerintah telah melepas 26 varietas kelapa tinggi (tall), 9 genjah (dwarf) dan 5 hibrida. Hibrida adalah persilangan keduanya. Varietas tersebut antara lain kelapa Bido asal Morotai, Sri Gemilang asal Indragiri Hilir, serta baru-baru ini dilepas Cungap Merah asal Lebak dan seterusnya. 
kelapa Cungap Merah unggul indonesia
kelapa Cungap Merah


Bali lain lagi, kelapa dikelompokkan menurut penggunaanya dalam upacara adat keagamaan. Jenisnya: nyuh bulan (kelapa bulan), nyuh udang (kelapa udang), nyuh gading (kelapa kuning), nyuh bojog (kelapa kera), nyuh surya (kelapa matahari), kelapa rangda, kelapa julit, kelapa mulung dan sebagainya.

kelapa dibali untuk upacara adat
kelapa dibali untuk upacara adat

Ada juga kelapa kopyor.
kelapa kopyor indonesia
kelapa kopyor indonesia
kelapa kopyor pas untuk berbuka puasa.

pohon kelapa dijadikan lagu wajib nasional

masih ingat lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki ? pantai hingga flora di Indonesia.
Lagu ini juga mewakili perasaan mereka yang menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa.
lagu rayuan pulau kelapa
lagu rayuan pulau kelapa
 ini kepada Indonesia, dimana melalui lagu ini kita bisa mengungkapkan betapa cinta dan bahagianya kita lahir serta tumbuh di negeri nan indah permai ini. berikut sekilas lirik lagunya
rayuan pulau kelapa karya ismail marzuki
rayuan pulau kelapa karya ismail marzuki

   Tanah Airku Indonesia
    Negeri Elok Amat Ku Cinta
    Tanah Tumpah Darahku Yang Mulia
    Yang Ku Puja Sepanjang Masa
    Tanah Airku Aman dan Makmur
    Pulau Kelapa Yang Amat Subur
    Pulau Melati Pujaan Bangsa
    Sejak Dulu Kala...
Refrain

    Melambai Lambai
    Nyiur Di Pantai
    Berbisik Bisik
    Raja Kelana
    Memuja Pulau
    Nan Indah Permai
    Tanah Airku
    Indonesia.....

Lirik lagu tersebut menggambarkan keindahan dan kemakmuran Tanah Air Indonesia, bukan dikhususkan untuk Pulau Kelapa sebagai sebuah kelurahan di wilayah administrasi Kepulauan Seribu Utara.
pulau kelapa kepulauan seribu indonesia
pulau kelapa

Mengapa Ismail Marzuki memilih judul “Rayuan Pulau Kelapa”? sampai di sini saya ingin berspekulasi bahwa Ismail Marzuki, melalui lagu tersebut, ingin menyampaikan bahwa negeri kita (Indonesia) yang tersusun atas ribuan pulau, adalah negeri yang sangat indah dan makmur. Barangkali, tidak salah jika dikatakan bahwa tidak akan ditemukan tempat yang lebih indah dan lebih subur ketimbang yang ada di Indonesia

kejayaan kelapa indonesia

pohon kelapa menjadi tumpuan hidup banyak petani sejak zaman kolonial belanda hingga sekitar  thun 1970an. Pada zaman itu,  satu kilogram kopra (daging kelapa yang dikeringkan) setara tiga kilogram beras. Kopra yang diproduksi oleh Indonesia merajai pusat-pusat perdagangan dunia sejak abad ke-18
kejayaan kopra indonesia
kejayaan kopra indonesia


di era tahun 1960-an sampai 1980-an, salah satu komoditi unggulan Indonesia adalah kopra dan minyak kelapa. disebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa dan kopra terbesar di dunia.
buah kelapa dan minyak kelapa
buah kelapa dan minyak kelapa
Tak salah kalau Ismail Marzuki memilih metafora lambaian daun nyiur sebagai lambang keindahan dan kekayaan negeri ini karena kelapa pernah menjadi komoditi perdagangan utama.

kejayaan kelapa dan minyak kelapa indonesia
kejayaan kelapa dan minyak kelapa indonesia
“Zaman kejayaan kelapa indonesia, hanya petani kepala yang naik haji lewat Singapura. Banyak petani kelapa punya gigi emas,”  Luas kebun kelapa mencapai puncak pada 1998 dan terus turun. Kelapa merupakan tanaman perkebunan yang sebagian besar (93 persen) adalah perkebunan rakyat. Kelapa memiliki nilai ekonomi, sosial, budaya dan peran strategis dalam peningkatan pendapatan petani, penyerapan tenaga kerja dan sumber devisa negara.

kehancuran kejayaan kelapa indonesia

Kejayaan komoditi kelapa mengalami masa surut semenjak tahun 1980-an. American Soybean Association (ASA), dengan meminjam tangan rezim kesehatan untuk menyatakan minyak kelapa berbahaya mulai melancarkan kampanye tentang bahaya kolesterol yang terkandung dalam minyak kelapa sebagai strategi untuk melindungi produk mereka.
American Soybean Association (ASA)
American Soybean Association (ASA)

Mereka bahkan meminta pemerintahnya memasang label peringatan dalam setiap produk yang mengandung minyak kelapa (Abhisam DM, 2012). Kongres Amerika Serikat pun mendukung kampanye ini dengan mengeluarkan sebuah RUU untuk membendung impor minyak kelapa dan kelapa sawit. RUU itu pada intinya mewajibkan agar minyak dari daerah tropis dipasangi LABEL PERINGATAN.

Kampanye hitam yang gencar dan bertubi-tubi ini meluas. Tidak hanya di Amerika Serikat, bahkan sampai ke seluruh dunia. Indonesia pun menerima begitu saja kampanye hitam dan mulai ikut tanpa pemikiran kritis bahwa ada kepentingan dagang di baliknya.
proses pembuatan kopra kelapa indonesia
proses pembuatan kopra kelapa indonesia
Bahkan otoritas kesehatan di Indonesia pun ikut termakan kampanye hitam ini dan serta-merta menjadikan kelapa sebagai musuh utama untuk kesehatan manusia. Padahal, ribuan tahun penduduk nusantara mengonsumsi minyak kelapa, toh tidak terbukti ada efek berbahaya bagi mereka.

fakta menyedihkan indonesia bukan penghasil kelapa terbesar lagi

 Negeri nyiur melambai tersisa sebagai syair lagu. Menurut data Asian and Pacific Coconut Community (APCC). Indonesia bukan lagi penghasil kelapa terbesar dunia sejak 2012.

data penghasil kelapa terbesar di dunia
data penghasil kelapa terbesar di dunia
data penghasil kelapa terbesar di dunia 2
data penghasil kelapa terbesar di dunia
Tetra Pak perusahaan kemasan makanan dan minuman besar asal Eropa merilis peta yang memastikannya. India berada pada posisi pertama.Walau angka statistik keluaran Dirjenbun Kementerian Pertanian 2015 menyebut luas kebun kelapa 3,56 juta hektar, koreksi BPS baru-baru ini terhadap luas sawah dan produksi gabah nasional yang cukup besar bisa menjadi acuan. Salah satu indikasi perlunya koreksi adalah ribut-ribut kekurangan bahan baku dan harga kelapa yang tidak stabil.Metode pengukuran BPS yang baru terhadap sawah bekerjasama dengan BIG, BPPT dan LAPAN bisa diterapkan pada kelapa.
peta penghasil kelapa terbesar di indonesia
peta penghasil kelapa terbesar di indonesia

Jika perlu dikoreksi, berapa luas perkiraan kebun kelapa kita saat ini? survey pertanian 2013 BPS menyebut angkat tidak lebih dari 2 juta hektar. Ambil nilai tengah antara BPS dan Dirjenbun tersisa 2,8 juta hektar.


bisnis kelapa muda inovasi thailand

salah satu hal yang cukup menyedihkan adalah bisnis kelapa saat ini dikuasai thailand.
Thailand memang tidak main-main dengan kelapa. Selain bisnis santan kelapa, Thailand lebih maju industri kelapa mudanya.
industri kelapa thailand
industri kelapa thailand

Total kebunnya tak lebih dari 230 ribu hektar. Thailand mengekspor 62 juta butir kelapa muda dengan nilai USD60 juta tahun 2016. Jenisnya hanya pandan wangi, airnya manis beraroma pandan. Luas kebun kelapa kita konon 3,5 juta hektar. berikut adalah gambar bagaimana negara thailand sangat serius dengan industri kelapa mudanya
pengolahan lahan pohon kelapa thailand
pengolahan lahan pohon kelapa thailand
industri kelapa muda thailand yang maju
industri kelapa muda thailand yang maju

industri kelapa muda thailand yang maju
industri kelapa muda thailand yang maju

industri kelapa muda thailand yang maju




strategi penjualan kelapa muda thailand

Kelapa muda thailand tidak  hanya dijual lokal, itupun jenis asalan. Thailand memang serius. Kebun kelapa pandan wangi dibangun dengan baik.
sistim pengairan kelapa thailand
sistim pengairan kelapa thailand
Sistem parit dibuat rapi menjamin ketersediaan air, saat panen buah dijatuhkan ke air sehingga utuh tidak pecah dan memudahkan pengangkutan. Paritnya bisa diisi ikan. Menambah pendapatan petani.
Bibit yang digunakan pun yang unggul dan tersertifikasi. Buahnya jadi seragam, baik bentuk dan ukuran.
industri kelapa muda thailand dengan benih unggul dan seragam
industri kelapa muda thailand dengan benih unggul dan seragam
Menyasar harga premium, kebun kelapa pandan wangi Thailand disertifikasi organik. Beberapa menjadi objek wisata. Luar biasa... inilah yang harusnya patut ditiru indonesia.

Kelapa asal thailand

Saat ini buah Kelapa asal thailand adalah Pandan wangi telah menjadi primadona baru bagi pecinta buah kelapa. hal dikarenakan buah kelapa yang berasal dari thailand ini mempunyai rasa yang manis dengan aroma wangi seperti daun pandan.
kelapa pandan thailand
kelapa pandan thailand
 Rasa manis yang dihasilkan sangatlah kuat sehingga anda dapat menikmatinya secara langsung tanpa diberikan tambahan gula. Buah kelapa pandan wangi berbentuk kecil berwarna hijau dengan daging buah bertekstur renyah.

Keunggulan lain dari kelapa pandan wangi ini adalah Pohon kelapa Pandan Wangi memiliki tinggi pohon bisa mencapai 2-3 meter. selain itu, pohon kelapa pandanwangi termasuk jenis kelapa genjah, Pohon kelapa Pandan Wangi belajar berbuah pada umur 2 tahun.

Di Thailand diatur dengan baik. Bahkan sampai bentuk pengupasannya. Ada yang kelilingnya dikupas menyisakan sabut tipis seragam.
pengupasan kelapa thailand
pengupasan kelapa thailand

pengupasan kelapa thailand
pengupasan kelapa thailand
pengupasan kelapa thailand
pengupasan kelapa thailand
Ada juga dikupas menyisakan batok bagian tengah dan bawah. Diatasnya berbentuk kerucut. Untuk memudahkan pengemasan.
Buah dicuci dan direndam bahan pengawet. Setelah itu dikeringkan. Lalu dibungkus plastik. Kadang diberi jaring busa. Kemudian dikemas dalam karton. Siap dikirim.
kelapa impor thailand dikemas karton
kelapa impor thailand dikemas karton
kelapa impor thailand dikemas karton
kelapa impor thailand dikemas karton

Dengan perlakuan tersebut Nam Hom tahan 2 bulan. Maklum perjalanan ekspor ke Amerika butuh waktu sebulan. Kelapa muda kita, tanpa perlakuan hanya bertahan 3 minggu sejak petik. bagaimana dengan harga kelap thailand mari simak gambar berikut
harga kelapa thailand
harga kelapa thailand
kapan indonesia mulai bangkit seperti negara thailand? kita tunggu saja waktunya.

refrensi https://membunuhindonesia.net/2016/01/pembunuh-itu-bernama-rezim-kesehatan/
https://membunuhindonesia.net/2015/12/meminjam-tangan-rezim-kesehatan-untuk-menyatakan-minyak-kelapa-berbahaya-bagi-kesehatan/

5 Responses to "menunggu kebangkitan bisnis kelapa indonesia?"

  1. Mantap banget artikelnya..

    ReplyDelete
  2. Entah kenapa kita seolah selalu dibodohi bangsa lain ya bang..
    Terkait pengelolaan kelapa sepertinya memang perlu belajar dari thailand, mereka bisa menciptakan inovasi dengan pengemasan juga.. Keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus belajar agar tidak makin tertinggal

      Delete
  3. Pengemasan ya keren ya bang menurut masbob.com mah

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel