mengapa ayam pedaging bisa tumbuh kecil dan kerdil

ayam pedaging tumbuh kerdil

ayam broiler atau ayam pedaging terkenal akan pertumbuhannya yang cepat terutama dalam pertambahan bobot badan. tetapi terkadang dalam pemeliharaan ayam broiler  sering ditemukan ayam yang tumbuh kerdil dan berbeda dari ayam yang lainnya yang tumbih dengan cepat.
kenapa ayam pedaging tumbuh kecil kerdil
kenapa ayam pedaging tumbuh kecil dan  kerdil



tetapi sebelim membahas itu mari kita simak faktor prnyebab ayam tumbuh kerdil.Ayam bertubuh kerdil sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor.
baca juga tulisan saya manajemen pemeliharaan ayam kampung

faktor penyebab ayam pedaging tumbuh kerdil. 

Faktor penyebab ayam tumbuh kerdil sangat berhubungan dengan segitiga produksi peternakan yaitu pakan, bibit/genetik dan manajemen. berikut adalah pembahasan mengapa ayam bisa tumbuh kecil atau kerdil. 
penyakit ayam pedaging tumbuh kecil kerdil
penyakit ayam pedaging tumbuh kecil kerdil

faktor Kualitas DOC ayam pedaging


    Kualitas DOC ayam pedaging dapat dipengaruhi dari faktor genetik induk.

contoh DOC AYAM pedaging calon tumbuh kerdil kecil
contoh DOC AYAM pedaging calon tumbuh kerdil kecil
DOC ayam pedaging dari  telur tetas berukuran kecil yang berasal dari induk umur muda (kurang dari 25 minggu), antibodi maternal terhadap Reovirus rendah, maupun induk dari DOC positif terinfeksi bakteri Salmonela enteridis. ayam DOC bisa sudah mewarisi sifat kerdil dari induknya, sehingga ayam jika sudah besar akan tumbuh kerdil.

Faktor manajemen pemeliharaan ayam pedaging


   salah satu masa yang sangat menentukan pertumbuhan ayam pedaging adalah masa brooding.  pada Masa brooding sangat berpengaruh pada pertumbuhan ayam karena terjadi perkembangan semua sel organ tubuh, seperti sistem kekebalan, pencernaan, pernapasan maupun termoregulasi.
memaksimalkan masa brooding ayam pedaging agar tidak tumbuh kecil kerdil
memaksimalkan masa brooding ayam pedaging agar tidak tumbuh kecil kerdil

Pada masa brooding, ayam akan mengalami perkembangan yang sangat cepat dan mencakup seluruh organ yang berfungsi bagi produktifitasnya. Hampir semua ransum yang dikonsumsi akan digunakan untuk pertumbuhannya. Karena pentingnya masa brooding dan berdampak pada pertumbuhan ayam selanjutnya, selayaknya pada masa ini ayam diberikan penanganan yang intensif agar ayam broiler tumbuh tidak kerdil.

 Contohnya ketersediaan ransum saat chick in dan tercapainya feed intake akan berpengaruh terhadap besar dan panjangnya usus.

untuk memaksimalkan masa brooding ayam pedaging agar tidak kerdil adalah Suhu dan kelembaban harus terus dijaga seimbang. 
tabel kebutuhan suhu dan kelembaban ayam pedaging
tabel kebutuhan suhu dan kelembaban ayam pedaging
Ventilasi udara dikandang harus dikontrol agar ayam tetap baik yang akan mengurangi bau amonia, debu dan asap brooder. Pencahayaan harus ada, karena merupakan pemberi stimulasi yang kuat dalam meningkatkan produktifitas ayam. Jangan sampai terjadi Hipoksia yakni merupakan kekurangan oksigen yang berdampak terganggunya metabolisme tubuh ayam broiler dan memicu hidrops ascites.

Faktor ransum ayam pedaging

Kualitas dan kuantitas ransum yang baik akan berpengaruh baik juga terhadap pertumbuhan ayam ayam pedaging. Kualitas ransum yang jelek atau menurun satunya akibat adanya jamur dan mikotoksin yang dapat menurunkan kandungan nutrisi dalam pakan. Selain itu, adanya mikotoksin dapat mengiritasi saluran pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi dalam tubuh ayam tidak optimal.
    Selain dari segi kualitas ransum, kurangnya kuantitas/jumlah asupan ransum dan minum akan menyebabkan kompetisi antar ayam. Dampaknya jumlah ransum yang masuk ke tubuh ayam kurang sehingga pertumbuhan bobot badannya tidak seragam.

ransum yang baik akan menurunkan kemungkinan ayam kerdil atau kecil
ransum yang baik akan menurunkan kemungkinan ayam kerdil atau kecil

faktor Kondisi stres pada ayam pedaging


    Saat ayam stres ayam pedaging akan memproduksi hormon ACTH (adrenocorticotropic hormone). hormon ini akan meningkat, sehingga proses metabolisme dan penyerapan nutrisi dari ransum menjadi tidak optimal.

doc ayam yang sehat dan tidak stres
doc ayam yang sehat tidak stres

Kurangnya nafsu makan ayam akibat stres menyebabkan bobot badannya tidak tercapai atau tidak seragam. oleh kerana itu sangat pending menjaga ayam agar tidak setres agar pertumbuhannya maksimal dan tidak tumbuh kecil kerdil
doc ayam yang tumbuh normal
doc ayam yang tumbuh normal

faktor Serangan penyakit yang dapat menyebabkan kekerdilan pada ayam pedaging


    Salah satu virus pennyakit yang menyebabkan kekerdilan adalah Reovirus dan penyakitnya disebut helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS).
penyakit helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS)
penyakit helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS)
 Gangguan pertumbuhan pada ternak ayam (kekerdilan) ini memiliki banyak nama dan sebutan, yaitu Infectious Stanting Syndrome (ISS), Helicopter Disease, Pale Bird Syndrome dan Malabsorbtion Syndrome.
contoh sindrom kekerdilan helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS)
contoh sindrom kekerdilan helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS)
sebagian besar para ahli menyebutkan bahwa penyebab utama penyakit kerdil ayam adalah infeksi virus Reovirus. Dan tidak tertutup kemungkinan virus lain seperti Rotavirus dan Parvovirus

penyakit  Reovirus akan menginfeksi vili-vili sel epitel usus halus yang menyebabkan gangguan fungsi usus seperti gangguan pencernaan dan penyerapan lemak, vitamin larut lemak dan karoten, sehingga target bobot badan tidak tercapai. Helicopter disease terutama ditemukan pada ayam broiler, namun dapat juga menyerang ayam layer dan breeder. Penyakit ini nampak dari gejala pertumbuhan yang tidak seragam, dengan masa inkubasi (proses virus masuk hingga muncul gejala klinis) selama 10-14 hari.

    Pada bedah bangkai, ditemukan perut nampak mengembang dan mengeras (kondisi ini jelas terlihat pada ayam umur 3-4 minggu). Hal ini disebabkan saluran pencernaan berisi ransum yang belum tercerna. Pembesaran proventrikulus yang disertai kematian jaringan dan perdarahan serta radang usus ringan. Pada sejumlah kasus, ayam yang terinfeksi Reovirus ini menunjukkan adanya perubahan yang jelas pada warna daging karkas yang nampak pucat.

Penyakit ISS / penyakit kekerdilan pada ayam dapat ditularkan dari induk ayam yang terinfeksi kepada keturunannya (penularan vertikal) maupun penularan antar anak ayam (penularan horizontal). Virus penyakit penyebab penyakit kerdil dapat menyebar kesesama anak ayam melalui kotoran dan pernafasan. Kotoran ayam merupakan sumber utama penularan penyakit kerdil kesesama anak ayam. Anak ayam umur 1 hari lebih peka terhadap virus yang ditularkan melalui saluran pernapasan dibanding penularan secara oral atau melalui makanan yang terinfeksi.

selain penyakit helicopter disease atau Runting and Stunting Syndrome (RSS),  ada juga peranan penyakit bakterial yang terlibat dalam ayam menjadi tumbuh kecil atau  kekerdilan. umumnya penyakit bakterial yang menyebabkan ayam kerdil  menginfeksi saluran pencernaan, seperti E. coli (colibacillosis) maupun Clostridium perfringens (Necrotic Enteritis).
contoh ayam terkena NE Clostridium perfringens (Necrotic Enteritis) dan koksidiosis .
contoh ayam terkena NE Clostridium perfringens (Necrotic Enteritis) dan koksidiosis .
 Gejala yang nampak dari penyakit ini adalah pertumbuhan yang tidak seragam yang dapat teramati sejak ayam berumur 4-6 hari. Gangguan pertumbuhan ini tentunya disebabkan oleh penurunan penyerapan nutrisi dan proses pencernaan makanan. Menurunnya kemampuan usus dalam menyerap nutrisi tersebut berdampak pada pertumbuhan yang lambah (slow growth). Bobot badan dapat hanya mencapai 40% di bawah standar.

penanganan dan pencegahan ayam yang tumbuh kerdil

Beberapa upaya berikut ini bisa dilakukan untuk meminimalisir penularan penyakit kerdil ayam ;

pisahkan ayam dari kelompok

 Anak ayam yang menunjukkan gejala terinfeksi penyakit kerdil segera dikeluarkan dari kandang dan ditempatkan pada kandang terpisah. Dengan pemisahan ayam-ayam yang sakit diharapkan dapat mengurangi penularan virus secara horisontal (penularan antara anak ayam). Namun demikian tindakan pengafkiran atau pemusnahan terhadap ayam kerdil dipandang lebih ekonomis dan efektif.

tingkatkan manajemen biosecurity

dengan meningkatkan biosecurity dan Peningkatan sanitasi, pemberian desinfektan yang mengandung Lysol 2% atau formalin 3% dan memperhatikan kepadatan kandang diharapkan meminalisir jumlah penyakit dan dapat mengurangi jumlah ayam yang sakit dan stress.

 terapkan manajemen pemeliharaan sistem all-in, all-out

Peternakan melalukan sistem all-in, all-out. Maksudnya
manajemen pemeliharaan sistem all-in, all-out yaitu ayam masuk secara bersamaan, dan keluarnya atau panen pun secara bersama- sama. Tujuan dilakukannya pemeliharaan dengan sistem all in all out adalah untuk memudahkan dalam pemanenan dan yang paling penting adalah memutus matarantai penyakit.

perhatikan manajemen pemeliharaan doc saat brooding

seperti sudaj dijelaskan diawal faktor manajemen brooding sangat berpengaruh kerana merupakan dasar pada tahap selanjutnya yaitu masa growing dan finisher. pada masa brooding pertumbuhan sel dan pembesaran sel sangat cepat. jika dasarnya seperti sistem kekebalan, pencernaan, pernapasan maupun termoregulasi maka kemungkinan ayam tumbuh kerdil atau kecil akan kecil.
memaksimalkan masa brooding
memaksimalkan masa brooding

tahapan awal memaksimalkan masa brooding agar tidak tumbuh kecil yaitu dimulai dari memasukkan DOC, untuk persiapan kedatangan DOC, persiapan brooding harus sudah siap meliputi chick guard, pemanas, tirai dalam, tirai luar, tempat pakan, tempat minum. Bila kandang panggung maka seluruh lantai harus ditutup. Chick guard berdiameter 3 m untuk 750 ekor. Pemanas dinyalakan 2 jam sebelum DOC datang.

Perhatikan juga  suhu brooding setiap saat terutama pada dini hari saat suhu terdingin yaitu sekitar jam 2 malam/pagi, dan pada siang hari saat suhu terpanas yaitu antara jam 11-14. Bila kontrol suhu dapat dilakukan dengan baik maka anak ayam akan merasa nyaman. Tidak terlalu panas atau dingin sehingga dapat makan dan minum dengan baik. patokan suhu dan kelembaban
tabel kebutuhan suhu dan kelembaban ayam pedaging
tabel kebutuhan suhu dan kelembaban ayam pedaging


Untuk mengatasi permasalahan kekerdilan pada ayam dengan kondisi lingkungan sangat dingin, pemanas harus kuat dan stabil.

kesimpulan ayam bisa tumbuh kecil dan kerdil 

ada banyak faktor yang menyebabkan ayam tumbuh kecil atau kerdil, mulai dari genetik ayam, pakan, penyakit, stres maupun manajemen pemeliharaan. sangat penting bagi peternak untuk memperhatikan faktor faktor tersebut, dan meminalisir agar ayam tumbuh tidak  kecil dan kerdil. faktor yang dapat dimaksimalkan oleh peternak yang paling utama adalah pada masa brooding.

0 Response to "mengapa ayam pedaging bisa tumbuh kecil dan kerdil"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel