memilih probiotik untuk ayam petelur

probiotik untuk ayam petelur

salah satu cara untuk tetap membuat performa ayam menjadi baik, yaitu dengan penggunaan prebiotik-probiotik dalam pakan.
contoh penerapan probiotik pada ayam petelur
contoh penerapan probiotik pada ayam petelur
dalam dunia peternakan pakan sangat diperhitungkan. Berbagai macam cara digunakan untuk menekan biaya pakan. Salah satu caranya yaitu dengan pemberian probiotik dalam pakan ayam petelur.
contoh probiotik untuk ayan petelur
contoh probiotik untuk ayan petelur

Prinsip kerja dari probiotik

perinsip kerja probiotik dalam pakan ayam petelur yaitu bakteri-bakteri probiotik (Lactobacillus dan Bifidobacterium) bekerja secara anaerob menghasilkan asam laktat sehingga pH saluran pencernaan turun, dan menghalangi perkembangan dan pertumbuhan bakteri-bakteri patogen.
mikroba pada probiotik
mikroba pada probiotik
 Bakteri-bakteri probiotik  dalam pakan ayam petelur mendiami mukosa pencernaan ayam yang juga berakibat perubahan komposisi dari bakteri yang terdapat dalam saluran pencernaan. Fungsi lainnya yaitu menjaga keseimbangan mikroflora saluran cerna, menekan pertumbuhan mikroba patogen dengan menghasilkan zat anti mikroba (bakteriosin), serta meningkatkan competitive exclusion (CE) yaitu mekanisme kompetitif antara probiotik dengan bakteri patogen baik pada perlekatan koloni maupun menggunaan nutrien.
Probiotik merupakan mikroba hidup yang diberikan sebagai suplemen dalam bahan pakan. Mikroba yang terkandung dalam probiotik adalah mikrobra gram positif seperti dari golongan Lactobacillus. Kegunaan probiotik adalah untuk mempercepat proses penguraian zat-zat makanan di dalam pencernaan atau mendukung kinerja mikroba dalam saluran pencernaan serta menekan perkembangan bakteri patogen di dalam saluran pencernaan.

karakteristik pencernaan ayam petelur

Ayam petelur adalah salah satu jenis hewan monogastrik yang makanannya di dominasi oleh pati, protein, dan lemak. Pencernaan yang cukup sederhana karena hanya mengandalkan enzim-enzim pencernaan. Efisiensi pakan sangat tergantung dari kemampuan saluran pencernaan untuk mencerna pakan serta kualitas bahan pakan itu sendiri.
contoh ayam petelur
contoh ayam petelur
Produksi ayam petelur sangat bergantung dari konsumsi pakan yang diberikan oleh peternak. Semakin baik kualitas pakan yang diberikan maka semakin baik pula produksi yang dihasilkan. 

bentuk probiotik 

Dari bentuknya ada dua macam jenis probiotik yang biasanya digunakan dalam pakan ayam petelur. umumnya Ada dalam bentuk padat dan juga ada dalam bentuk cair. 
contoh probiotik padat
contoh probiotik padat

probiotik padat dan cair Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh Pradikta dkk. (2018) menemukan bahwa pakan yang disuplementasi menggunakan probiotik padat meningkatkan konsumsi pakan pada ayam petelur. 

contoh probiotik cair ayam petelur
contoh probiotik cair
sifat dari Probiotik padat sangat mudah homogen ketika dicampur dalam pakan berbeda dengan probiotik cair probiotik tidak bercampur dengan rata sehingga ayam  petelur lebih selektif dalam memilih pakan. Ayam petelur cenderung akan memakan bagian yang memiliki kandungan energi tinggi sehingga konsumsi pakan akan menjadi lebih rendah. Cenderung ayam akan berhenti makan jika kebutuhan nutrisi dalam tubuh sudah terpenuhi.

Selain itu dengan memberikan probiotik cenderung konversi pakan akan menjadi lebih baik. Konversi pakan dikatakan baik jika konsumsi pakan yang rendah namun mengahsilkan telur yang tinggi. Efisiensi pakan akan menjadi lebih baik karena ada mikroba yang akan membantu dalam menghasilkan enzim untuk mencerna bahan pakan di dalam saluran pencernaan dan zat-zat pakan tidak terbuang percuma. 
contoh ayam petelur yang diberi probiotik
contoh ayam petelur yang diberi probiotik

Berat telur ayam petelur yang diberikan probiotik cenderung meningkat terlebih jika menggunakan probiotik dalam bentuk padat. Karena dengan alasan yang sama saat dicampur dalam pakan probiotik bentuk padat akan lebih homogen. Berat telur ditentukan oleh kandungan nutrisi yang terkandung dalam telur saat pembentukan telur. Untuk memproduksi telur maka imbangan nutrisi seperti protein dan energi sangat dibutuhkan oleh ayam. Pakan yang mengandung prebiotik akan mempermudah nutrisi dalam bahan pakan untuk diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai bahan dalam pembuatan telur bahkan 72% protein dalam pakan akan digunakan sebagai pembentukan kuning telur. Kandungan protein sel tunggal di dalam probiotik bisa dimanfaatkan oleh ayam sebagai sumber protein tambahan dalam pembuatan kuning telur.
Selain bisa menambah bobot telur probiotik juga akan menambah produksi telur harian. Karena seperti alasan diatas bahwa pakan yang dicampur probiotik cenderung akan manambah nilai nutrisi dan nilai kecernaan pakan itu sendiri.

kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita seimpulkan bahwa pemberian probiotik sangat berpengaruh pada peningkatan produksi telur ayam, bobot telur ayam, konsumsi pakan dan konversi pakan. Dan pemberian probiotik dalam bentuk padat lebih baik dibandingkan dengan probiotik dalam bentuk cair. Bagi sahabat yang merupakan peternak ayam petelur bisa menggunakan tambahan probiotik dalam pakan ayam petelurnya. Pemberian probiotik yang dianjurkan dan mampu mengahsilkan produksi yang cukup optimal adalah 0,6% dari total pakan yang diberikan.

refrensi penelitian Pradikta, R. W., Sjofjan, O. Dan Djunaidi, I. H. 2018. Evaluasi Penambahan Probiotik (Lactobacillus sp) cair dan padat dalam pakan terhadap penampilan produksi ayam petelur. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan28(3):203-212.




0 Response to "memilih probiotik untuk ayam petelur"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel