Latest Posts

bunga anggrek langka didunia

Ada beberapa jenis anggrek yang termasuk dalam kategori langka di dunia. Berikut adalah beberapa  jenis anggrek terlangka didubia diantaranya.

Epipogium aphyllum

Disebut juga sebagai The Ghost Orchid karena penampilannya yang berbentuk seperti hantu. Anggrek ini sulit ditemukan karena habitatnya yang semakin sedikit. Tanaman ini tumbuh di hutan pinus yang kaya akan nutrisi.
Epipogium aphyllum
Anggrek ini merupakan jenis anggrek epiparasit, dimana dia tidak berfotosintesis seperti kebanyakan anggrek lain, melainkan dia menyerap makanan dari tanaman lain. Anggrek hantu ini bersimbiosis dengan jamur dari golongan Basidiomycete untuk mendapatkan makanan dari inangnya, yaitu tanaman koniferus (cemara, pinus dll).

Dendrophylax lindenii

Dendrophylax lindenii Disebut juga sebagai American Ghost Orchid. Bentuknya seperti hantu, namun berbeda dengan spesies yang tersebut diatas, spesies ini berwarna putih secara keseluruhan.
Dendrophylax lindenii Disebut juga sebagai American Ghost Orchid.
anggrek Dendrophylax lindenii Disebut juga sebagai American Ghost Orchid.
Tidak seperti anggrek hantu satunya, anggrek ini berfotosintesis. Yang membuat anggrek ini menjadi langka adalah karena pertumbuhannya sangat susah. Di alam, anggrek ini susah untuk bertahan hidup. Hingga saat ini, para ilmuwan masih kesulitan dalam membudidayakannya.

Hexalectris colemanii

Hexalectris colemanii Sama seperti Epipogium aphyllum, anggrek ini juga merupakan jenis anggrek epiparasit. Yang menjadikannya langka adalah karena anggrek ini merupakan spesies yang endemik di daerah Arizona selatan.
Hexalectris colemanii
anggrek Hexalectris colemanii
Hingga saat ini, ilmuwan belum menemukan cara bagaimana untuk mengembangbiakkannya.

Thelymitra jonesii

Dikenal juga sebagai Skyblue Sun Orchid atas penampilannya yang berwarna biru langit. Spesies ini adalah salah satu spesies langka di dunia, karena selain jumlahnya terancam punah, anggrek ini juga berwarna biru. Warna biru pada bunga adalah merupakan warna yang dinilai sangat langka. Dan tercatat hanya tersisa 60 pohon pada tahun 2009.
Thelymitra jonesii
anggrek Thelymitra jonesii
Spesies ini tumpuh di hutan pesisir yang sehat, dan endemik di daerah pulau Tasmania. Sama seperti sebelumnya, ilmuwan belum menemukan bagaimana cara mengembangbiakkan anggrek ini di luar pulau Tasmania.

Platanthera holochila

Tercatat hanya ada 26 pohon pada tahun 2009, spesies ini menjadi spesies anggrek paling langka di dunia. Spesies ini endemik di Hawaii. Sebelumnya, spesies ini tersebar luas di seluruh penjuru Hawaii, namun akibat adanya Badai Iniki tahun 1992, spesies ini menjadi menurun jumlahnya akibat kerusakan besar yang dialami pasca badai.
Platanthera holochila
anggrek Platanthera holochila
Alasan kedua yang menjadikannya tanaman ini sulit untuk dibudidayakan pasca badai adalah, karena dia membutuhkan gelap untuk bijinya berkembang. Selain itu, anggrek ini membutuhkan mikoriza jamur dalam simbiosis untuk menunjang pertumbuhannya.
Mas Ely
Ely setiawan asal banyumas, seorang mahasiswa peternakan, pemilik blog elysetiawan.com dan elyjawa.blogspot.com

Related Posts

1 comment

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Subscribe Our Newsletter